10 Rekomendasi Wisata Madiun dan Harga Tiketnya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Kabupaten Madiun (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Informasi kami pada kali ini adalah mengenai rekomendasi wisata Madiun, yang merupakan salah satu kota dalam wilayah administratif Jawa Timur. Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pasar Pundensari

Pasar Pundensari adalah pasar tradisional yang menyajikan ragam makanan khas Jawa dari masa lampau yang jarang ditemukan saat ini. Keunikan dari pasar ini adalah penggunaan sistem pembayaran yang tidak menggunakan uang rupiah, melainkan token yang terbuat dari bambu.

Token-token tersebut dapat ditukar di pintu masuk dengan warna yang berbeda, mewakili nilai nominal tertentu. Selain itu, di pasar yang hanya buka pada hari Minggu ini, pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan tradisional, musik live Jawa, dan kegiatan tradisional lainnya.

Lokasinya terletak di Jalan Golek, Desa Gunungsari, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Untuk harga tiket masuk tidak dikenakan biaya alias gratis untuk setiap pengunjung.

2. Waduk Widas

Waduk ini memang menjadi salah satu destinasi wisata populer di Madiun. Berbagai fasilitas tersedia di sini seperti banana boat, memancing, speed boat, dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak tertarik dengan aktivitas air, Anda dapat mengunjunginya saat sore hingga malam untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Lokasinya berada di Waduk Widas, Dusun Setren, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Untuk bisa memasuki area wisata ini pengunjung dikenakan tarif mulai Rp.7500, cukup murah bukan?

Baca Juga >>>  Sejarah Lengkap Musik Rock dari Awal Kemunculannya

3. Hutan Pinus Agro willis

Rekomendasi tempat wisata di Madiun selanjutnya dari kami adalah Hutan Pinus Agro Wilis. Terletak di kaki Gunung Wilis, hutan pinus ini sering digunakan untuk berkemah. Di kawasan wisata Madiun ini, Anda akan menemukan banyak spot foto menarik, termasuk gardu pandang yang berbentuk tulisan “I Love You”.

Pemandangannya sangat indah, dengan pepohonan yang diselimuti kabut, menciptakan suasana yang memukau. Lokasinya berada di Dusun Poleng, Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Jam operasionalnya adalah 24 jam. Bagi pengunjung yang ingin memasuki area wisata ini tidak dikenakan biaya masuk atau gratis.

4. Air Terjun Slampir

Air terjun yang berhadapan ini tersembunyi di balik perkebunan kopi. Meskipun kurang diminati oleh wisatawan, tetapi keasriannya tetap terjaga. Jika Anda mengunjungi tempat wisata Madiun ini, jangan lewatkan kesempatan untuk berenang karena airnya sangat jernih! Lokasinya berada di Desa Branjang, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket pada air terjun ini terbilang sangat murah sekali hanya dengan menyediakan uang Rp.5000 kalian bisa menikmati keindahan alam Madiun.

5. Taman Wisata Gunung Kendil

Taman wisata di Madiun ini juga menghadirkan panorama hutan, sawah luas, dan pegunungan yang memukau. Anda dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari gardu pandang Taman Wisata Gunung Kendil.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Lumajang Terbaru 2024

Di sana juga terdapat kolam untuk memancing. Lokasinya berada di Area Sawah, Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Dan yang lebih menggembirakan, harga tiketnya gratis.

6. Air Terjun Ndenu

Perjalanan menuju air terjun ini cukup menantang, dengan melalui medan berbatu dan tangga yang panjang. Meskipun demikian, semua usaha tersebut akan terbayar lunas saat Anda tiba dan menyaksikan kecantikan tempat wisata di Madiun ini. Warna airnya yang hijau tosca akan menggugah keinginan untuk berenang.

Lokasinya berada di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Tempat ini buka 24 jam, dan tiket masuknya hanya Rp3.000.

7. Taman Trembesi

Selain hutan pinus, Madiun menawarkan taman yang dikelilingi oleh pohon trembesi sebagai destinasi wisata menarik. Ada berbagai permainan yang dapat dicoba di sini, seperti flying fox dan paintball.

Lokasinya berada di Jalan Rimbakaya, Desa Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, dengan harga tiket sebesar Rp3.000.

8. Watu Rumpuk

Suasana sejuk dan alami di Watu Rumpuk menjadi daya tarik utamanya. Saat mengunjungi tempat wisata di Madiun ini, Anda dapat menemukan berbagai spot menarik seperti gardu pandang yang menawarkan pemandangan pepohonan yang hijau, menara pengamatan, dan taman bunga romantis.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Tuban 2024

Lokasinya terletak di Dusun Morosowo, Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Watu Rumpuk buka dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, dengan harga tiket sebesar Rp5.000.

9. Pahlawan Street Center

Tidak perlu pergi ke luar negeri untuk melihat landmark terkenal, kunjungi saja Pahlawan Street Center ini! Di sini, Anda dapat berfoto dengan replika Merlion dari Singapura, Kakbah, dan payung hidrolik seperti di Makkah-Madinah, serta Menara Eiffel ala Paris. Jalan ini dilengkapi dengan jalur pedestrian yang luas, bangku untuk bersantai, pusat perbelanjaan, dan beragam kedai makanan.

Lokasinya di Jalan Pahlawan, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Pahlawan Street Center buka 24 jam dan gratis untuk dikunjungi.

10. Hutan Pinus Nongko Ijo

Atmosfir Hutan Pinus Nongko Ijo sangat nyaman, terutama untuk berburu foto-foto keren di tempat wisata Madiun ini. Terdapat ayunan, gardu pandang, rumah pohon, dan fasilitas lain yang akan meningkatkan hasil foto Anda. Kehadiran banyak pepohonan pinus tinggi semakin menambah kesegaran dan kenyamanan di tempat ini.

Lokasinya berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur. Jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, dengan harga tiket sebesar Rp2.000.

Rekomendasi :

Scroll to Top