7 Rekomendasi Wisata Jombang Beserta Harga Tiketnya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pegunungan wilayah Wonosalam Jombang (Foto: Dok. Istimewa Arenarakyat.com/ Redaksi)

Arenarakyat.com – Pada informasi kali ini kami akan mengulas rekomendasi wisata Jombang, salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur.

1. Kansa

Salah satu pilihan pertama untuk tujuan untuk menghabiskan waktu liburan adalah Kansa, yang berlokasi di JL. Anjasmoro, Dusun Tukum, Wonosalam-Jombang. Kansa buka dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Di sini, pengunjung dapat menikmati perahu kayu untuk anak-anak dan kolam renang yang cocok untuk semua usia, bahkan tersedia mini waterboom. Tiket masuk ke tempat ini terjangkau, hanya sebesar 15.000 rupiah saat hari biasa dan 20.000 rupiah saat akhir pekan.

2. Candi Rimbi

Di kecamatan Wonosalam, Jombang terdapat sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang dikenal sebagai Candi Rimbi. Namun, saat ini, strukturnya sudah tidak lengkap, yang justru menambah daya tarik bangunan ini.

Salah satu hal menarik dari tempat ini adalah latar belakangnya, yaitu Gunung Anjasmoro. Oleh karena itu, jika Anda gemar memotret, tempat ini patut untuk dikunjungi. Hanya dengan tiket Rp. 5. 000 per orang anda bisa menikmati segala yang tersedia di Candi Rimbi.

Baca Juga >>>  THR dan Gaji ke-13 PNS Tahun 2024 Akan Alami Kenaikan

3. Goa Sriti

Jika Anda mengunjungi lereng Gunung Anjasmoro, Anda akan menemukan Goa Sriti. Goa ini menawarkan pemandangan yang indah dari lembah dan sungai di sekitarnya. Selain itu, ada banyak tempat menarik lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai spot untuk mengambil foto.

Untuk mencapai area Goa Sriti, Anda perlu berjalan sekitar 20 menit dari tempat parkir. Namun, jangan khawatir, karena keindahan pemandangan yang Anda dapatkan akan membuat semua kelelahan terbayar lunas. Untuk tiket masuknya tidak dikenakan biaya alias gratis.

4. Air Terjun Tretes

Jika Anda mencari destinasi wisata di Jombang yang menawarkan pemandangan alami yang sangat asri, Anda harus mencoba Air Terjun Tretes. Tempat ini sangat populer dan terkenal di kalangan wisatawan lokal.

Terletak di kecamatan Wonosalam, air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 155 meter. Tak heran jika Tretes dianggap sebagai salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur. Selain itu, aliran airnya yang deras, serta udaranya yang sejuk, menambah daya tariknya.

Baca Juga >>>  Banyak Pantai! Ini Rekomendasi Wista Tarakan 2024

Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menelusuri jalan setapak yang melewati hutan. Namun, pemandangan yang Anda temui akan sebanding dengan usaha yang Anda lakukan untuk sampai ke sana. Untuk biaya masuk sendiri dikenakan Rp. 10.000.

5. Kampoeng Jawi

Kampoeng Djawi merupakan salah satu tempat wisata di kecamatan Wonosalam yang ideal untuk liburan bersama keluarga. Sesuai dengan namanya, pengunjung akan merasakan nuansa tradisional Jawa yang sangat kental di sini.

Kampoeng Djawi memiliki fasilitas hotel, restoran, dan juga kolam renang infinity dengan berbagai spot foto yang menarik untuk mempercantik Instagram Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengunjungi tempat ini meskipun tidak menginap di hotelnya. Untuk harga tiket mulai dari Rp. 80.000.

6. Sendang Made

Selain objek wisata buatan manusia, Wonosalam juga memiliki situs sejarah yang menarik. Salah satunya adalah Sendang Made, yang dahulu merupakan tempat pemandian dan tempat beristirahat Raja Airlangga ketika ia melarikan diri dari Kerajaan Wudang.

Baca Juga >>>  Eksplorasi Keindahan Alam dan Sejarah! Bersama Rekomendasi Wisata Skotlandia 2024

Di sana, Anda akan menemukan berbagai barang peninggalan serta kolam bekas tempat pemandian. Selain itu, area kolam juga dihiasi dengan banyak akar, yang dulunya merupakan sumber mata air. Dengan suasana yang alami, Anda akan merasakan sensasi mendengarkan cerita sejarah yang menarik di Sendang Made, untuk masuknya sendiri tidak dikenakan biaya alias gratis.

7. Sumber Biru

Sumber Biru adalah sebuah tempat wisata alam di kecamatan Wonosalam. Salah satu daya tarik utamanya adalah suasana unik dari tempat kuliner yang tersedia di sana.

Para pengunjung dapat menikmati hidangan khas Sumber Biru dengan duduk di atas sungai yang dangkal. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto-foto ketika berada di Sumber Biru. Biaya masuk yang dikenakan hanya Rp. 5.000.

Itu tandi beberapa rekomendasi wisata Jombang yang sangat mudah untuk diakses beserta harga tiketnya, tentunya untuk mengunjungi semuanya diperlukan persipan yang matang.

Rekomendasi :

Scroll to Top