Apakah Manchester City Tidak Memiliki Sejarah? Ini Penjelasannya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Logo Manchester City (Foto: Pixabay)

Arenarakyat.com – Manchester City, salah satu klub sepak bola paling bergengsi di Inggris, memiliki sejarah yang kaya akan prestasi dan perjalanan yang luar biasa. Artikel ini akan membahas perjalanan menarik Manchester City dari titik nol hingga menjadi kekuatan besar dalam sepak bola dunia.

1. Pendirian dan Awal Perjalanan

Manchester City didirikan pada tahun 1880 dengan nama asli “St. Mark’s (West Gorton)”. Klub ini kemudian mengalami sejumlah perubahan nama sebelum memutuskan menggunakan nama Manchester City pada tahun 1894. Selama periode awal, klub ini berjuang di divisi bawah dan mengalami tantangan finansial.

2. Sukses di Era 1960-an dan 1970-an

Manchester City mencapai puncak kesuksesannya pada era 1960-an dan 1970-an. Di bawah manajer Joe Mercer dan asisten Malcolm Allison, City meraih gelar Liga Inggris pada musim 1967-1968 dan FA Cup pada tahun 1969. Prestasi ini menjadikan mereka kekuatan dominan dalam sepak bola Inggris.

Baca Juga >>>  Jadwal Liga Inggris Hari Ini 30 Maret 2024! Ada Arsenal VS Manchester City

3. Turbulensi dan Kegagalan di Era 1980-an hingga 2000-an

Meskipun mencicipi kesuksesan di awal abad ke-20, Manchester City mengalami periode sulit pada tahun 1980-an dan 1990-an. Turun ke divisi bawah dan menghadapi masalah finansial, klub ini berjuang untuk kembali ke puncak sepak bola Inggris.

4. Keberhasilan Finansial dan Kembalinya Ke Puncak

Semua berubah pada tahun 2008 ketika Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan asal Abu Dhabi mengakuisisi klub. Investasi finansial yang besar membawa pemain kelas dunia ke Etihad Stadium. Di bawah manajer seperti Roberto Mancini dan Pep Guardiola, City meraih berbagai gelar domestik dan tampil di panggung Eropa.

5. Gelar Premier League dan Liga Champions

Manchester City meraih keberhasilan besar dengan memenangkan beberapa gelar Liga Premier Inggris di bawah asuhan Pep Guardiola. Pada musim 2017-2018, City mencetak rekor poin tertinggi dalam sejarah Premier League. Hingga akhirnya pada musim 2022/2023 mereka berhasil meraih gelar Liga Champions pertama dan membuat rekor treble winer.

Baca Juga >>>  Beberapa Manfaat Jogging yang Wajib Kamu Ketahui

Kesimpulan

Manchester City telah mengalami perjalanan yang penuh tantangan dan keberhasilan. Dari awal yang sederhana hingga menjadi salah satu klub paling dominan di dunia, kisah sukses ini menunjukkan tekad dan dedikasi klub serta dukungan dari para penggemar yang setia.

Rekomendasi :

Scroll to Top