Banyak Destinasi! Ini Rekomendasi Wisata Medan 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi wisata Medan 2024 yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Langsung saja simak ulasan lengkap yang akan kami informasikan berikut.

1. Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Medan, juga dikenal sebagai Masjid Raya Al-Mashun, adalah sebuah masjid besar yang terletak di Kota Medan. Masjid ini didirikan pada masa Kesultanan Deli, dengan gaya arsitektur yang menggabungkan elemen-elemen dari Maroko, Spanyol, dan Melayu.

Keunikan bentuknya terletak pada struktur segi delapan, yang menciptakan tata ruang interior yang berbeda dari masjid-masjid lainnya. Luas Masjid Raya Medan ini konon mencapai 5 ribu meter persegi dan dapat menampung hingga 2.000 jamaah sekaligus.

2. Istana Maimun

Istana Maimun, sebagai salah satu destinasi wisata terkemuka di Kota Medan, adalah bekas istana Kesultanan Deli dan menjadi simbol Kota Medan. Istana ini direncanakan oleh arsitek dari angkatan militer Kerajaan Belanda untuk Sultan Deli.

Kehadiran arsitektur istana ini yang membuatnya begitu unik dan terkenal – desain interior menggabungkan elemen-elemen Melayu, Islam, Spanyol, India, Belanda, bahkan Italia. Kini, Istana Maimun telah berubah menjadi museum dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati di Medan.

Galeri Tjong Yong Hian adalah sebuah taman yang didirikan oleh Tjong Yong Hian, seorang pengusaha sukses dan tokoh berpengaruh di Kota Medan pada akhir abad ke-19. Beliau juga merupakan kakak dari Tjong A Fie, pendiri Museum Tjong A Fie Mansion. Keduanya bekerja sama membangun bisnis mereka hingga menjadi salah satu dari dua orang terkaya di Medan. Taman ini, juga dikenal sebagai Taman Kebun Bunga atau Taman Tjong Yong Hian, diresmikan pada tahun 2011. Dahulu, tempat ini adalah rumah pribadi milik Tjong Yong Hian.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Pulau Lembata 2024

Sekarang, taman ini dibuka untuk umum sebagai salah satu tempat wisata di Medan, untuk menghormati peran besar yang dimainkan oleh Tjong Yong Hian dalam perkembangan kota. Taman ini sangat menghibur untuk dikunjungi – baik untuk berfoto-foto atau untuk bersantai menikmati keindahan taman yang diatur dengan rapi dan kolam kecil yang cantik.

4. Museum Tjong A Fie Mansion

Mansion Tjong A Fie adalah sebuah mansion yang didirikan di Kota Medan oleh Tjong A Fie, seorang pedagang yang sukses di kota ini pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di sana.

Saat ini, mansion tersebut telah diubah menjadi sebuah museum yang bisa dikunjungi, di mana pengunjung dapat mengagumi arsitektur bangunannya yang bergaya Art Deco dengan sentuhan budaya China dan Eropa. Konon, desain arsitektur mansion ini dipengaruhi oleh Cheong Fatt Tze mansion yang terkenal di Penang, yang muncul dalam salah satu adegan puncak di film Crazy Rich Asians.

5. Maha Vihara Maitreya Cemara Asri

Maha Vihara Maitreya Cemara Asri, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Vihara Cemara Asri, merupakan salah satu vihara terbesar di Indonesia. Dibangun pada tahun 1991 dan diresmikan pada tahun 2008, vihara ini memiliki luas yang sangat besar, dengan lahan seluas 4,5 hektar dan mampu menampung hingga 6.000 orang di tiga bangunan yang berbeda.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Blitar dan Harga Tiket 2024

Vihara Cemara Asri menjadi salah satu objek wisata terkenal di sekitar Medan karena memiliki ornamen khas Tiongkok yang memberikan pemandangan yang unik. Selain itu, terdapat juga Taman Avalokitesvara, area bermain anak-anak, dan toko souvenir di dalam kompleks vihara.

Yang menarik, vihara ini terletak di sebelah danau kecil yang asri dengan pepohonan yang rimbun di sekitarnya. Bahkan, saat berkunjung ke Cemara Asri, pengunjung bisa menyaksikan burung bangau di danau tersebut.

6. Rahmat Zoo and Park

Rahmat Zoo and Park adalah sebuah taman binatang yang terletak di Perbaungan, Serdang Bedagai, yang didirikan oleh pengusaha pariwisata dan juga aktivis lingkungan, Dr. H. Rahmat Shah. Meskipun jaraknya cukup jauh dari kota Medan (sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil), tetapi taman binatang ini cukup terkenal di kalangan penduduk Medan maupun wisatawan. Hal ini tidak mengherankan, karena Rahmat Zoo and Park didesain dengan sangat indah dan rapi!

Dengan luas lahan mencapai 20 hektar, Rahmat Zoo dan Park bukan hanya menjadi tempat untuk belajar tentang berbagai flora dan fauna endemik, tetapi juga berfungsi sebagai area konservasi. Desain yang indah membuat taman binatang ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi – benar-benar berbeda dari taman binatang pada umumnya.

7. Danau Toba

Bagi sebagian besar orang, Danau Toba menjadi alasan utama untuk berlibur ke Medan! Terletak sekitar 150 kilometer di selatan Kota Medan, berbagai tempat wisata di sekitar danau ini dapat dicapai dengan perjalanan minimal 4 jam dari Medan.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Jember dan Harga Tiket 2024

Jaraknya cukup jauh, dan akan lebih nyaman jika menginap di salah satu hotel yang tersedia di sekitar Danau Toba jika ingin berkunjung ke sana. Alternatif lain adalah mengikuti Tur Satu Hari dari Medan agar dapat beristirahat sepanjang perjalanan dan menghindari kelelahan akibat mengemudi.

8.  The Le Hu Garden

Le Hu Garden awalnya merupakan taman pribadi di halaman rumah, yang kemudian diubah menjadi sebuah destinasi wisata taman yang diatur dengan baik. Pengembangannya dilakukan dengan serius, bahkan sampai membuat danau buatan di lokasi tersebut! Hal ini membuat The Le Hu Garden semakin terasa hijau dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Udara di sana juga sejuk karena lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Medan – hampir 1 jam perjalanan dengan mobil ke arah selatan kota. Karena keindahannya, tempat wisata di Medan ini juga sering menjadi lokasi foto pre-wedding yang populer.

9. Bukit Holbung Samosir

Jika berhasil mendaki hingga puncak tertinggi Bukit Holbung, pastinya kamu akan disuguhi oleh dua pemandangan yang sama indahnya. Di satu sisi, kamu dapat menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian, sedangkan di sisi lainnya, terdapat barisan perbukitan yang teratur menyusun pemandangan yang memukau seolah diciptakan oleh seorang seniman mahir.

Bukit Holbung di Samosir memang istimewa karena keindahan dua pemandangan luar biasa yang ditawarkannya. Untuk mencapai puncak, tidak memerlukan usaha yang terlalu berat karena jaraknya dari loket tiket hanya sekitar 15 menit.

Rekomendasi :

Scroll to Top