Banyak yang Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Garut 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Gunung Papandayan salah satu rekomendasi wisata Garut 2024 (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan membagikan informasi mengenai rekomendasi wisata Garut 2024, salah satu kota di Provinsi Jawa Barat ini menyimpan banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Langsung saja simak ulasan lengkap dari kami berikut.

1. Kawah Putih Telaga Bodas

Di Wanajaya, terdapat sebuah rekomendasi wisata Garut yang menarik bernama Kawah Putih Telaga Bodas. Meskipun namanya hampir mirip dengan tempat wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung, tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Pemandangan alam yang menakjubkan di sini adalah kawah berwarna biru indah alam Telaga Bodas.

Selain panorama alamnya yang memikat, Kawah Putih Telaga Bodas juga terkenal karena airnya dipercaya memiliki khasiat penyembuhan untuk berbagai jenis penyakit, seperti rematik. Penelitian medis pun mendukung klaim ini karena kandungan belerang yang tinggi di kawasan tersebut. Kawah Putih Telaga Bodas terletak di Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No. 5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

2. Pantai Rancabuaya

Sebagian besar daerah Garut terdiri dari pegunungan, sementara sebagian kecilnya adalah pantai. Salah satu pantai di wilayah tersebut adalah Pantai Rancabuaya yang terletak di Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat. Pantai Rancabuaya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pasir putih yang luas, air laut yang berwarna biru jernih, serta suara ombak yang menghantam pantai menciptakan suasana liburan yang santai.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Jakarta 2024? Ini Jawaban Lengkap dan Ulasannya

Namun, pengunjung perlu berhati-hati saat mengunjungi pantai ini, terutama untuk berenang. Pasalnya, Pantai Rancabuaya memiliki banyak batu karang di sekitarnya. Meskipun begitu, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang terletak tidak jauh dari pantai. Air terjun yang jatuh di antara batu karang dan keberadaan ikan kecil yang berenang di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri.

3. Puncak Guha

Rekomendasi wisata Garut berikutnya adalah Puncak Guha yang terletak di Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Seperti namanya, pengunjung akan diajak mendaki ke puncak. Di samping menikmati pemandangan indah dari atas puncak, di sana juga terdapat gua yang dihuni oleh kelelawar.

Gua ini menghadap ke arah Sang Hyang Tarajep ke Samudera Hindia. Jika ingin menikmati pemandangan yang optimal, direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini menjelang sore agar bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang spektakuler.

4. Cagar Alam Leuweng Sancang

Bagi pecinta petualangan alam yang masih alami, destinasi ini cocok untuk dikunjungi. Bernama Cagar Alam Leuweung Sancang, tempat ini menjadi salah satu objek wisata menarik di Garut. Dengan luas mencapai 2.914 hektar, kawasan ini menawarkan beragam panorama alam, mulai dari hutan, pantai, muara, hingga hutan bakau.

Keindahan dan keragaman alamnya membuat Cagar Alam Leuweung Sancang dijadikan sebagai area konservasi. Tak hanya itu, di dalamnya terdapat habitat berbagai flora dan fauna langka yang dilindungi, seperti Owa Jawa, tanaman Kaboa, dan Meranti Merah. Cagar Alam Leuweung Sancang terletak di Sancang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Bogor 2024? Ini Jawaban dan Ulasan Lengkapnya

5. Leuwi Jurig

Berada di Cihikeu, Bungbulang, Garut, Jawa Barat, Leuwi Jurig, yang artinya Kolam Hantu dalam Bahasa Sunda, menyuguhkan panorama yang menakjubkan, jauh dari kesan seram yang mungkin terdengar dari namanya. Di sini, kamu akan menemukan pemandangan tebing batu yang menakjubkan dan permukaan air biru yang memikat, menciptakan suasana yang eksotis.

6. Gunung Guntur

Terletak di Sukawangi, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Gunung Guntur menjadi salah satu tujuan wisata gunung yang menarik selain Gunung Papandayan yang telah dibahas sebelumnya. Dengan ketinggian mencapai 2.249 meter di atas permukaan laut.

Gunung Guntur menawarkan pengalaman pendakian yang lebih menantang daripada Gunung Papandayan. Meskipun demikian, ketika kamu sedang mendaki, panorama yang dapat kamu nikmati sangatlah spektakuler, dengan savana dan padang ilalang yang memukau memperindah pemandangan di sepanjang perjalananmu.

7. Gunung Papandayan

Terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan adalah salah rekomendasi wisata Garut paling populer. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan yang sangat indah. Bukit-bukit hijau yang meluas dan udara yang sejuk sangat menenangkan bagi para pengunjung. Tidak hanya bagi para pendaki berpengalaman, bahkan pemula dan anak-anak dapat dengan mudah mendaki gunung yang terletak di bagian selatan Kabupaten Garut ini.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Tangerang 2024 Beserta Harga Tiket

Gunung Papandayan berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akses menuju gunung ini juga cukup mudah, hanya memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan darat dari pusat kota Garut. Trek pendakian yang relatif mudah membuat pengalaman pendakian menjadi lebih menyenangkan dan tidak menyulitkan.

8. Situ Cangkuang

Terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Situ Cangkuang merupakan destinasi wisata kedua di Garut yang menarik. Situs ini berada di sekitar Candi Cangkuang, sebuah peninggalan sejarah berupa candi dari kerajaan Hindu pada abad ke-8. Situ Cangkuang menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung.

Dahulu, kunjungan ke Candi Cangkuang dianggap kurang menarik. Namun, sejak dibangunnya Pasar Wisata Digital Situ pada tahun 2019, situasinya telah berubah menjadi lebih baik. Pasar Wisata Digital Situ mengusung tema yang sesuai dengan era digital, khususnya untuk kaum muda. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai tempat menarik dengan beragam spot foto keren yang dapat dibagikan di media sosial.

Rekomendasi :

Scroll to Top