Berapa UMR Jogja? Ini Jawaban dan Rincian Lenglapnya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Ilustrasi UMR Jogja (Foto: Pixabay)

Arenarakyat.com – Tahun 2024 membawa kabar baik bagi para pekerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan adanya kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) di berbagai kabupaten dan kota di wilayah ini. Berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor: 396/KEP/2023 tertanggal 30 November 2023 tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota Tahun 2024, UMR di DIY telah ditetapkan untuk berlaku mulai 1 Januari 2024.

Kenaikan UMR di Berbagai Kabupaten dan Kota

Pada tahun 2024, UMR mengalami peningkatan di seluruh DIY. Berikut adalah rincian kenaikan UMR Jogja di beberapa daerah:

  1. UMR Kota Yogyakarta
    UMR Kota Yogyakarta mengalami kenaikan yang signifikan menjadi Rp 2.492.997. Peningkatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja di kota tersebut.
  2. UMR Kabupaten Sleman
    Kabupaten Sleman juga menyaksikan peningkatan UMR menjadi Rp 2.315.976. Langkah ini menunjukkan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan pekerja di wilayah Sleman.
  3. UMR Kabupaten Bantul
    UMR Kabupaten Bantul juga mengalami kenaikan menjadi Rp 2.216.463. Peningkatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pekerja di Bantul.
  4. UMR Kabupaten Gunung Kidul
    Kabupaten Gunung Kidul juga tidak ketinggalan dengan peningkatan UMR menjadi Rp 2.188.041. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup pekerja di Gunung Kidul.
  5. UMR Kabupaten Kulon Progo
    UMR Kabupaten Kulon Progo juga mengalami peningkatan menjadi Rp 2.27.736. Kenaikan ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja di wilayah Kulon Progo.
Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata Madiun dan Harga Tiketnya

Dukungan dari Pemerintah

Kenaikan UMR Jogja ini didasarkan pada Keputusan Gubernur DIY yang telah dikeluarkan, yang bertujuan untuk memastikan bahwa para pekerja menerima upah yang layak sesuai dengan kondisi ekonomi saat ini. Dengan adanya kenaikan UMR, diharapkan kesejahteraan pekerja di DIY dapat meningkat secara signifikan.

Dampak Positif Kenaikan UMR

Kenaikan UMR di DIY membawa dampak positif bagi para pekerja dan perekonomian secara keseluruhan. Peningkatan ini memberikan dorongan ekonomi kepada pekerja dengan meningkatkan daya beli mereka. Dengan upah yang lebih tinggi, para pekerja dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan lebih baik dan meningkatkan taraf hidup mereka serta keluarga.

Selain itu, kenaikan UMR juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan pendapatan yang lebih tinggi, para pekerja akan memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan, sehingga meningkatkan aktivitas konsumsi di wilayah tersebut. Hal ini dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan bisnis lokal dan menciptakan lapangan kerja tambahan.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Bantul Yogyakarta dan Harga Tiket 2024

Rekomendasi :

Scroll to Top