Berapa UMR Semarang? Ini Penjelasan dan Jawaban Lengkapnya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Lawang Sewu Semarang

Arenarakyat.com – Tahun 2024 menjadi momen penting bagi kesejahteraan pekerja di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Pemerintah setempat menetapkan Upah Minimum Regional (UMR) untuk Kota Semarang dan Kabupaten Semarang berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561/57 Tahun 2023 yang dikeluarkan pada tanggal 30 November 2023, yang berlaku mulai 1 Januari 2024.

UMR Tertinggi di Jawa Tengah

UMR Kota Semarang di tahun 2024 menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah dengan besaran Rp 3.243.969. Angka ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan upah yang layak bagi pekerja di wilayah tersebut. Sementara itu, di Kabupaten Semarang, upah minimum untuk tahun ini ditetapkan sebesar Rp 2.582.287.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Bekasi 2024? Ternyata Sangat Tinggi Ini Ulasannya

Dukungan Kesejahteraan Pekerja

Penetapan UMR tersebut tidak hanya sekadar kebijakan, tetapi juga menjadi langkah penting dalam mendukung kesejahteraan pekerja. Dengan adanya UMR yang tinggi, diharapkan pekerja dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka dengan lebih baik dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Pengaruh Terhadap Ekonomi Lokal

Kenaikan UMR di Semarang juga dapat berdampak positif terhadap ekonomi lokal. Dengan adanya penghasilan yang lebih tinggi, daya beli masyarakat di wilayah ini akan meningkat, yang pada gilirannya akan menggerakkan roda ekonomi lokal dengan lebih baik.

Penerapan UMR yang Adil

Pemerintah daerah, bersama dengan pihak terkait lainnya, bertanggung jawab atas penerapan UMR di Semarang. Langkah-langkah pengawasan dan penegakan hukum akan ditingkatkan untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi ketentuan UMR dan tidak melakukan pelanggaran terhadap hak-hak pekerja.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Semarang Lengkap 2024

Penerima UMR dan Hak Kewajiban

Penerima UMR meliputi berbagai jenis pekerja, termasuk pekerja harian, kontrak, dan tetap, yang bekerja di bawah perusahaan yang tunduk pada aturan UMR di Semarang. Di samping hak, pekerja juga memiliki kewajiban untuk mematuhi peraturan yang berlaku di tempat kerja mereka.

Dengan demikian, penetapan UMR Semarang 2024 menjadi langkah yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif di wilayah Jawa Tengah.

Rekomendasi :

Scroll to Top