Daftar Lengkap 50 Provinsi di Amerika Serikat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Peta Amerika Serikat (Foto: Pixabay)

Arenarakyat.com – Amerika Serikat terdiri dari 50 provinsi yang memiliki pemerintahan otonom dan beragam karakteristik geografis serta budaya. Berikut adalah daftar lengkap provinsi-provinsi di Amerika Serikat beserta sedikit penjelasan mengenai masing-masing wilayah cakupan provinsi tersebut.

1. Alabama (AL)

Alabama terletak di wilayah tenggara Amerika Serikat dan terkenal dengan sejarahnya dalam perjuangan hak-hak sipil. Ibu kotanya adalah Montgomery.

2. Alaska (AK)

Alaska adalah negara bagian terbesar di Amerika Serikat dan terkenal dengan keindahan alamnya yang spektakuler. Ibu kotanya adalah Juneau.

3. Arizona (AZ)

Arizona terletak di wilayah barat daya Amerika Serikat dan terkenal dengan Grand Canyon, salah satu keajaiban alam dunia. Ibu kotanya adalah Phoenix.

4. Arkansas (AR)

Arkansas terletak di wilayah tenggara Amerika Serikat dan terkenal dengan sungai-sungainya yang indah. Ibu kotanya adalah Little Rock.

5. California (CA)

California adalah negara bagian terpadat dan terbesar ke-3 di Amerika Serikat. Terkenal dengan Hollywood, Silicon Valley, dan Taman Nasional Yosemite. Ibu kotanya adalah Sacramento.

6. Colorado (CO)

Colorado terletak di Rocky Mountains dan terkenal dengan ski resortnya yang terkenal di dunia. Ibu kotanya adalah Denver.

7. Connecticut (CT)

Connecticut terletak di wilayah timur laut Amerika Serikat dan terkenal dengan sejarah kolonialnya. Ibu kotanya adalah Hartford.

8. Delaware (DE)

Delaware adalah negara bagian terkecil di Amerika Serikat dan terletak di pantai timur. Ibu kotanya adalah Dover.

9. Florida (FL)

Florida terletak di wilayah tenggara Amerika Serikat dan terkenal dengan pantainya yang indah, taman hiburan, dan kehidupan malamnya yang semarak. Ibu kotanya adalah Tallahassee.

Baca Juga >>>  Kapal Nelayan Tengelam di Laut Korea, 7 Orang Hilang

10. Georgia (GA)

Georgia terletak di wilayah tenggara Amerika Serikat dan terkenal dengan kota-kota historis seperti Savannah dan Atlanta. Ibu kotanya adalah Atlanta.

11. Hawaii (HI)

Hawaii adalah negara bagian terpencil di tengah Samudra Pasifik dan terkenal dengan pantainya yang indah, gunung berapi, dan budaya Polinesia. Ibu kotanya adalah Honolulu.

12. Idaho (ID)

Idaho terletak di wilayah barat laut Amerika Serikat dan terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk Pegunungan Rocky dan Sungai Snake. Ibu kotanya adalah Boise.

13. Illinois (IL)

Illinois terletak di Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan kota-kotanya yang besar seperti Chicago, serta bersejarahnya dalam politik dan budaya. Ibu kotanya adalah Springfield.

14. Indiana (IN)

Indiana terletak di Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan balap mobil Indianapolis 500 dan keindahan alamnya. Ibu kotanya adalah Indianapolis.

15. Iowa (IA)

Iowa terletak di Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan ladang-ladang jagungnya yang luas serta pameran negara bagian “Iowa State Fair”. Ibu kotanya adalah Des Moines.

16. Kansas (KS)

Kansas terletak di Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan ladang gandumnya yang luas serta sejarahnya dalam Perang Saudara Amerika. Ibu kotanya adalah Topeka.

17. Kentucky (KY)

Kentucky terletak di wilayah Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan keju, bourbon, dan perlombaan kuda. Ibu kotanya adalah Frankfort.

18. Louisiana (LA)

Louisiana terletak di wilayah Tenggara Amerika Serikat dan terkenal dengan warisan budayanya yang kaya, termasuk musik jazz dan festival Mardi Gras. Ibu kotanya adalah Baton Rouge.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Belanda

19. Maine (ME)

Maine terletak di wilayah timur laut Amerika Serikat dan terkenal dengan pesisirnya yang berbatu, mercusuar, dan industri lobster. Ibu kotanya adalah Augusta.

20. Maryland (MD)

Maryland terletak di pantai timur Amerika Serikat dan terkenal dengan sejarah kolonialnya serta pelabuhannya di Baltimore. Ibu kotanya adalah Annapolis.

21. Massachusetts (MA)

Massachusetts terletak di wilayah timur laut Amerika Serikat dan terkenal dengan sejarahnya yang kaya, universitas-universitas ternamanya, dan kota-kotanya yang bersejarah seperti Boston. Ibu kotanya adalah Boston.

22. Michigan (MI)

Michigan terletak di wilayah Great Lakes Amerika Serikat dan terkenal dengan industri otomotifnya serta keindahan alamnya, termasuk Danau Besar. Ibu kotanya adalah Lansing.

23. Minnesota (MN)

Minnesota terletak di wilayah Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan alamnya yang indah, banyak taman negaranya, dan aktivitas luar ruang. Ibu kotanya adalah St. Paul.

24. Mississippi (MS)

Mississippi terletak di Tenggara Amerika Serikat dan terkenal dengan warisan budayanya, musik blues, dan Sungai Mississippi yang ikonik. Ibu kotanya adalah Jackson.

25. Missouri (MO)

Missouri terletak di Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan Monumen Jembatan Terowongan Gateway Arch di St. Louis serta Budweiser Brewery di St. Louis. Ibu kotanya adalah Jefferson City.

26. Montana (MT)

Montana terletak di wilayah Barat Laut Amerika Serikat dan terkenal dengan lanskap pegunungannya yang spektakuler, taman-taman nasionalnya, dan kegiatan luar ruang. Ibu kotanya adalah Helena.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Belgia

27. Nebraska (NE)

Nebraska terletak di Tengah-Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan ladang-ladang jagungnya yang luas serta Cornhuskers, tim sepak bola perguruan tinggi Universitas Nebraska. Ibu kotanya adalah Lincoln.

28. Nevada (NV)

Nevada terletak di Barat Amerika Serikat dan terkenal dengan kota hiburan Las Vegas yang gemerlap serta taman nasionalnya yang indah seperti Great Basin National Park. Ibu kotanya adalah Carson City.

29. New Hampshire (NH)

New Hampshire terletak di wilayah Timur Laut Amerika Serikat dan terkenal dengan pegunungannya yang indah, aktivitas luar ruang, dan pertanian. Ibu kotanya adalah Concord.

30. New Jersey (NJ)

New Jersey terletak di wilayah Tengah-Barat Laut Amerika Serikat dan terkenal dengan pantainya yang panjang, Atlantic City yang gemerlap, dan industri farmasinya. Ibu kotanya adalah Trenton.

31. New Mexico (NM)

New Mexico terletak di Barat Daya Amerika Serikat dan terkenal dengan keindahan alamnya, budaya adat Pueblo, serta seni dan arsitektur khasnya. Ibu kotanya adalah Santa Fe.

32. New York (NY)

New York terletak di Timur Laut Amerika Serikat dan terkenal dengan kota metropolitan New York City, serta kebudayaan, mode, dan keuangan globalnya. Ibu kotanya adalah Albany.

Sisanya adalah sebagai berikut:

North Carolina

North Dakota

Ohio

Oklahoma

Oregon

Pennsylvania

Rhode Island

South Carolina

South Dakota

Tennessee

Texas

Utah

Vermont

Virginia

Washington

West Virginia

Wisconsin

Wyoming

Rekomendasi :

Scroll to Top