Daftar Negara yang Masih Menerapkan Sistem Komunis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Lenin Rusia (Foto: Pixabay)

Arenarakyat.com – Sistem politik komunis, yang mendasarkan ideologinya pada pemilikan kolektif atas sumber daya dan redistribusi kekayaan, telah memainkan peran penting dalam sejarah dunia. Meskipun beberapa negara telah mengubah sistem politik mereka dari komunis menjadi sistem lain, beberapa negara masih mempraktikkan ideologi ini hingga saat ini. Berikut adalah daftar negara-negara komunis saat ini.

1. Republik Rakyat Tiongkok (RRT)

Tiongkok adalah salah satu negara dengan sistem politik komunis terbesar di dunia. Partai Komunis Tiongkok (PKT) adalah partai penguasa yang memimpin negara ini sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1949. Meskipun ada reformasi ekonomi yang mengarah pada pembukaan pasar Tiongkok, PKT tetap memegang kendali politik yang kuat.

Baca Juga >>>  Sejarah Sistem Politik Indonesia: Perjalanan Panjang Menuju Demokrasi

2. Republik Kuba

Kuba adalah salah satu negara komunis di Amerika Latin. Partai Komunis Kuba (PKK) adalah partai penguasa yang memerintah negara ini sejak Revolusi Kuba pada tahun 1959 yang dipimpin oleh Fidel Castro. Meskipun telah ada beberapa reformasi ekonomi, PKK tetap memegang kendali politik di Kuba.

3. Republik Sosialis Vietnam

Vietnam adalah negara dengan sistem politik komunis yang dipimpin oleh Partai Komunis Vietnam (PKV). PKV telah memerintah negara ini sejak penyatuan Vietnam pada tahun 1976. Meskipun telah ada beberapa reformasi ekonomi untuk membuka pasar Vietnam, PKV tetap memegang kendali politik yang kuat.

4. Republik Rakyat Laos

Laos adalah salah satu negara dengan sistem politik komunis di Asia Tenggara. Partai Revolusioner Rakyat Laos (PPRL) adalah partai penguasa yang memimpin negara ini sejak berdirinya Republik Rakyat Laos pada tahun 1975. PPRL tetap memegang kendali politik yang kuat di Laos.

Baca Juga >>>  Sejarah Revolusi Prancis: Jalan Menuju Kemerdekaan

5. Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara)

Korea Utara adalah negara dengan sistem politik komunis yang diperintah oleh Partai Buruh Korea. Partai tersebut mengendalikan negara sejak berdirinya Republik Rakyat Demokratik Korea pada tahun 1948. Meskipun ada sedikit perubahan dalam retorika dan kebijakan, Partai Buruh Korea tetap memegang kendali politik yang kuat di Korea Utara.

Meskipun daftar ini mencakup beberapa negara dengan sistem politik komunis saat ini, penting untuk diingat bahwa ideologi dan praktik politik dapat berubah dari waktu ke waktu. Beberapa negara yang dulu komunis mungkin telah mengubah sistem politik mereka, sementara yang lain mungkin masih mempertahankan aspek-aspek komunisme dalam sistem mereka.

Baca Juga >>>  Jadwal Pilkada Serentak 2024
Scroll to Top