Daftar Provinsi di Malaysia: Beserta Destinasi Menarik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Bendera Malaysia (Foto: Pixabay)

Arenarakyat.com – Malaysia, sebuah negara yang kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan alam, terdiri dari berbagai provinsi yang menawarkan beragam pengalaman wisata. Dari pantai berpasir putih hingga pegunungan yang hijau, setiap provinsi memiliki pesonanya sendiri yang layak untuk dieksplorasi. Berikut adalah daftar provinsi di Malaysia yang patut Anda pertimbangkan untuk dikunjungi.

1. Johor

Provinsi Johor terletak di bagian selatan Malaysia, berbatasan dengan Singapura. Tempat ini terkenal dengan taman tema internasionalnya, seperti Legoland Malaysia dan Hello Kitty Town. Selain itu, Johor juga memiliki pantai-pantai indah seperti Pantai Desaru dan Pantai Tanjung Piai, yang merupakan titik paling selatan semenanjung Malaysia.

2. Kedah

Kedah terletak di utara Malaysia dan dikenal sebagai “Negeri Padi”. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti Gunung Jerai dan Danau Tasik Pedu. Kedah juga merupakan rumah bagi Langkawi, sebuah pulau tropis yang terkenal dengan pantainya yang indah, taman laut yang menakjubkan, dan kabel gantung Sky Bridge.

3. Kelantan

Kelantan terletak di pantai timur semenanjung Malaysia dan merupakan salah satu provinsi yang paling kaya akan budaya tradisional Melayu. Kota Kota Bharu, ibukota Kelantan, adalah pusat kebudayaan dan seni tradisional, dengan pasar seni yang terkenal dan bangunan-bangunan bersejarah. Selain itu, Kelantan juga menawarkan pantai-pantai cantik seperti Pantai Cahaya Bulan dan Pulau Perhentian.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Hongkong

4. Melaka

Melaka adalah provinsi kecil di pantai barat daya Malaysia yang kaya akan sejarah kolonial. Kota Melaka, ibukotanya, adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang menampilkan bangunan-bangunan bersejarah seperti St. Paul’s Hill, A Famosa, dan Jonker Street. Wisatawan juga dapat menikmati kuliner lokal yang lezat dan menelusuri jalan-jalan bersejarah di sepanjang sungai Melaka.

5. Negeri Sembilan

Negeri Sembilan terletak di bagian selatan semenanjung Malaysia dan terkenal dengan warisan budayanya yang kaya. Destinasi wisata terkenal di Negeri Sembilan termasuk Port Dickson, sebuah kota pantai yang populer, serta Kota Lukut dan Seremban, ibukota provinsi yang menawarkan berbagai atraksi budaya dan sejarah.

6. Pahang

Pahang adalah provinsi terbesar di Malaysia dan memiliki lanskap alam yang beragam, termasuk Taman Nasional Taman Negara, yang merupakan hutan hujan tertua di dunia. Selain itu, Pahang juga memiliki Cameron Highlands, sebuah daerah perbukitan yang terkenal dengan kebun tehnya yang indah, serta Taman Negara Endau-Rompin yang menakjubkan.

Baca Juga >>>  Daftar Provinsi di Autralia: Menjelajah Negeri Kanguru

7. Perak

Perak terletak di pantai barat semenanjung Malaysia dan dikenal dengan warisan sejarah dan alamnya yang memukau. Destinasi wisata utama di Perak termasuk kota bersejarah Ipoh, Pangkor Island dengan pantainya yang indah, dan Taman Negara Royal Belum yang merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna.

8. Perlis

Perlis adalah provinsi terkecil di Malaysia dan terletak di sebelah barat laut semenanjung Malaysia. Meskipun kecil, Perlis menawarkan pesona alam yang menakjubkan, termasuk Gunung Perlis dan Taman Tasik Melati. Kota Kangar adalah ibukota Perlis yang menawarkan pengalaman budaya dan kuliner yang unik.

9. Pulau Pinang

Pulau Pinang terletak di pantai barat laut semenanjung Malaysia dan terkenal dengan kota bersejarahnya, George Town, yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Pulau Pinang menawarkan berbagai atraksi wisata, termasuk arsitektur kolonial yang indah, makanan jalanan yang lezat, dan pantai-pantai yang menakjubkan seperti Batu Ferringhi.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata India Terbaru 2024

10. Sabah

Sabah adalah salah satu dari dua provinsi di Malaysia Timur dan terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Destinasi wisata utama di Sabah termasuk Gunung Kinabalu, taman laut di Pulau Sipadan, dan hutan hujan tropis di Taman Nasional Kinabalu. Kota Kinabalu adalah ibukota Sabah yang menawarkan berbagai atraksi budaya dan rekreasi.

11. Sarawak

Sarawak adalah provinsi terbesar kedua di Malaysia dan merupakan bagian dari Malaysia Timur. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, termasuk Taman Nasional Gunung Mulu dengan gua-guanya yang spektakuler, serta Sungai Batang Rejang yang merupakan sungai terpanjang di Malaysia. Kuching adalah ibukota Sarawak yang menawarkan budaya yang kaya dan keramahan penduduknya.

Setiap provinsi di Malaysia memiliki daya tariknya sendiri dan menawarkan pengalaman wisata yang unik. Dari sejarah dan budaya hingga alam dan petualangan, Malaysia memiliki segalanya untuk memuaskan setiap jenis wisatawan. Jelajahi keindahan negara ini dan temukan pesona yang tak terlupakan di setiap sudutnya.

Rekomendasi :

Scroll to Top