Harus Dikujungi! Ini Rekomendasi Wisata Cianjur 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Gunung Gede Parangno (Foto: Pemkab Cianjur)

Arenarakyat.com – Pada informasi kali ini kami akan mengulas tentang rekomendasi wisata Cianjur 2024, salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Menyimpan banyak sekali destinasi yang menarik untuk dikunjungi langsung saja simak ulasan berikut.

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Bagi Anda yang gemar mendaki dan senang berpetualang, Cianjur akan menjadi tujuan liburan favorit berikutnya. Di sini, terdapat Gunung Gede Pangrango, sebuah gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula.

Terletak sekitar 3000 meter di atas permukaan laut, Anda akan terpesona oleh keindahan alam dan panorama Kota Cianjur dari ketinggian. Selain pemandangan yang memukau, selama pendakian menuju puncak, Anda juga dapat menemukan berbagai tempat menarik seperti mata air panas alami dan air terjun.

Sebagai saran, bagi pendaki pemula, penting untuk menjaga kondisi kesehatan sebelum memulai pendakian. Hal ini karena Gunung Gede Pangrango memiliki tebing-tebing curam dan udara yang sangat dingin yang dapat memengaruhi kesehatan Anda.

2. Situs Sejarah Gunung Padang

Tidak perlu pergi jauh ke Yogyakarta untuk mengenal situs-situs peninggalan sejarah. Di Cianjur, terdapat Gunung Padang yang menyimpan peninggalan sejarah purbakala berupa kompleks punden berundak seluas 900 meter persegi.

Saat menjelajahi kawasan wisata bersejarah ini di Cianjur, Anda dapat membayangkan bagaimana kehidupan pada zaman megalitikum atau zaman batu purba. Bahkan, konon masih banyak artefak purbakala yang terkubur di objek wisata ini di Cianjur. Lokasinya berada di Perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur.

3. Kebun Raya Cibodas

Tujuan wisata berikutnya di Cianjur adalah Kebun Raya Cibodas, yang juga berfungsi sebagai kawasan pelestarian berbagai jenis flora dan fauna. Lokasinya berada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Terletak di Desa Rarahan, Kecamatan Cimacan, objek wisata ini terkenal karena suasana alamnya yang sangat indah dan menyegarkan. Dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, udara di tempat ini juga sangat segar!

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Manado 2024

4. Air Curug Citambur

Wisata air terjun di Cianjur sangat diminati karena keberadaan banyak curug yang tersembunyi dengan keindahan alam yang luar biasa. Salah satu yang terkenal adalah Curug Citambur dengan tiga tingkat air terjun yang menakjubkan. Tingkat terendahnya memiliki ketinggian sekitar 12 meter, diikuti oleh air terjun yang memiliki ketinggian masing-masing 100 meter dan 200 meter.

Suasana di objek wisata ini sangatlah sejuk dengan semburan airnya dan pesona alam hijau di sekelilingnya yang pastinya akan memukaumu!

Untuk mencapai destinasi wisata di Cianjur ini, kamu perlu menuju ke Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda. Dari Jakarta, kamu dapat mengikuti jalur menuju Ciwidey, Bandung. Jika kamu terpesona dengan Curug Citambur, tentu kamu juga harus mengunjungi curug-curug lainnya di Cianjur. Beberapa di antaranya adalah:

Curug Cibeureum.
Lokasi: Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Ciismun.
Lokasi: Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Luhur.
Lokasi: Desa Cimaskara, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Cikondang.
Lokasi: Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

5. Taman Bunga Nusantara

Selain Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Kebun Raya Cibodas, terdapat juga Taman Bunga Nusantara, suatu kawasan konservasi flora lain yang tak kalah menarik sebagai destinasi wisata di Cianjur. Lokasinya berada di Jalan Mariwati No.KM. 7, Kawung Luwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Objek wisata ini tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Taman bunga ini telah berdiri sejak tahun 1995, berlokasi dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Dengan luas mencapai 35 hektar, setiap bagian taman memiliki tema sendiri yang terinspirasi dari destinasi wisata favorit di seluruh dunia seperti Bali, Jepang, Prancis, dan Mediterrania.

Selain menikmati keindahan bunga dan berfoto-foto, di tempat wisata ini kamu juga dapat bermain di labirin yang mirip dengan Alice in Wonderland di Secret Labyrinth. Tentu akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan jika berkunjung ke sini bersama dengan teman dan keluarga.

Baca Juga >>>  Jangan Lewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Banyuwangi 2024

6. Istana Presiden Cipanas

Istana Kepresidenan ini terletak di lereng Gunung Gede. Tempat ini terbuka untuk umum dan dapat menjadi wadah untuk memahami sejarah Indonesia. Salah satu koleksi benda bersejarah yang tersedia di sini adalah lukisan-lukisan karya maestro Indonesia seperti Affandi dan Soejono D.S.

Di dalam istana ini juga terdapat lampu kristal dari Ceko yang diproduksi pada tahun 1900. Meskipun keindahan istana ini sangat menarik, namun pengunjung dilarang untuk memotret sehingga kamu hanya bisa menikmatinya dengan melihat saat berkunjung. Lokasinya berada di Jalan Raya Cipanas No.105, Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

7. Gunung Kasur

Berpindah dari destinasi wisata pantai, menuju destinasi yang berada di ketinggian. Salah satu rekomendasi tempat wisata lain yang dapat ditemukan di Cianjur adalah Situs Gunung Kasur. Lokasinya terletak di Gadog, Kecamatan Pacet. Tidak hanya itu, Situs Gunung Kasur juga dianggap sebagai misteri yang belum terpecahkan, karena dulu disebutkan sebagai sebuah situs purbakala peninggalan zaman kuno..

Berada di ketinggian 1.080 mdpl, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah Kota Cianjur dari ketinggian. Selain menikmati keindahan alam yang masih alami, banyak juga yang mengunjungi Situs Gunung Kasur untuk melihat makam keramat, yaitu makam Eyang Jaya Paksi. Dipercaya bahwa ini merupakan makam dari keturunan Kerajaan Banten.

8. Pantai Jayanti

Selain Pantai Apra yang terkenal, terdapat banyak pantai lain yang bisa ditemui di Cianjur. Salah satu destinasi pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Jayanti, yang berlokasi di Jalan Pantai Jayanti, Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pantai Jayanti ini merupakan pantai dengan pasir hitam yang berasal dari aktivitas vulkanik. Namun, hal tersebut tidak menghalangi minat para wisatawan untuk mengunjungi Pantai Jayanti.

Baca Juga >>>  Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Bojonegoro Terbaru 2024

Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang luas dengan garis pantai yang terbentang jauh. Hal ini membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan melepaskan penat dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, saat mengunjungi Pantai Jayanti, jangan lewatkan untuk singgah ke warung makanan laut yang dioperasikan oleh penduduk setempat. Di sana, kamu akan menemukan berbagai hidangan seafood segar yang dihasilkan langsung oleh para nelayan.

9. Pantai Apra

Salah satu destinasi wisata terbaik di Cianjur adalah Pantai Apra. Lokasinya berada di Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pantai Apra seringkali menjadi tujuan para peselancar, baik itu dari luar negeri maupun wisatawan lokal. Ombaknya yang tinggi menantang memberikan pengalaman yang seru bagi para pengunjung yang ingin mencoba berselancar di sini selama liburan.

Selain menjadi spot berselancar yang menarik, Pantai Apra juga terkenal dengan batu karangnya yang besar-besar. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian saat melakukan aktivitas di sekitar pantai, termasuk berselancar atau berenang. Selain itu, Pantai Apra juga memiliki tradisi unik yang dilakukan oleh penduduk setempat. Setiap tanggal 21 hingga 25 setiap bulannya, mereka pergi ke pantai untuk menangkap ikan impun yang memiliki rasa unik dan kaya manfaat.

10. Pantai Lugina

Salah satu surga tersembunyi di Cianjur adalah Pantai Lugina. Destinasi wisata ini terletak sekitar 150 km dari pusat kota Cianjur, sehingga untuk mencapainya, pengunjung perlu menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Lugina berhadapan langsung dengan Laut Selatan, menyajikan deburan ombak yang kuat dan angin yang sepoi-sepoi, ideal untuk aktivitas berselancar.

Namun, bagi mereka yang hanya ingin bersantai, pinggir pantai juga menawarkan suasana yang menyegarkan dan pemandangan yang menakjubkan dengan langit biru dan air laut yang bermain-main di pasir hitam. Lokasi: Pantai Lugina, Desa Wanasari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Rekomendasi :

Scroll to Top