Jangan Lewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Banyuwangi 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Kawah Ijen salah satu rekomendasi wisata Banyuwangi (Foto: Tripadvisor)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan mengulas rekomendasi wisata Banyuwangi 2024, kota yang berada di ujung pulau Jawa ini menyimpan banyak sekali destinasi menarik. Tentu sangat sayang untuk melawatkannya, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Pantai Pulau Merah

Pantai ini diberi nama berdasarkan ciri khasnya yang unik: tidak jauh dari tepi pantai, terdapat sebuah “pulau” kecil yang memiliki bukit tinggi, dan pulau ini memiliki tanah berwarna merah. Pulau Merah dapat dijangkau dengan berjalan kaki ketika air laut surut, sehingga wisatawan dapat menjelajahinya. Namun, selain keunikan Pulau Merah tersebut, Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus, yang membuatnya cocok untuk bermain.

Pantai ini juga populer di kalangan penggemar selancar, karena ombaknya yang bergulung-gulung indah menjadikannya tempat yang ideal untuk berselancar! Tidak seperti Pantai Plengkung yang dikenal sebagai tempat berselancar bagi para profesional, ombak di Pantai Pulau Merah lebih aman bagi peselancar pemula. Di sini bahkan tersedia penyewaan papan selancar juga.

2. Pantai Sukamade

Berada di dalam Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Sukamade terkenal sebagai kawasan pelestarian penyu, di mana hampir setiap malam penyu dewasa akan datang ke pantai untuk bertelur. Di pagi hari, biasanya bayi penyu akan menetas dari telur-telur yang telah dikubur dan berusaha mencapai lautan. Melihat kedua proses tersebut dijamin akan memberikan pengalaman magis yang tak terlupakan!

Tak jauh dari Pantai Sukamade, terdapat homestay dan penginapan yang tersedia untuk menginap. Lokasinya cukup jauh dari kota Banyuwangi (sekitar 97km), dan akses jalan menuju area Sukamade ini cukup menantang, sehingga disarankan untuk menginap di sekitar Pantai Sukamade. Kamu juga bisa bergabung dengan tur yang akan membawa kamu menyaksikan kegiatan pelestarian penyu di Pantai Sukamade. Selain itu, dengan tur ini, kamu juga dapat mengunjungi Teluk Hijau dan Pantai Pulau Merah.

3. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung di Banyuwangi adalah destinasi wisata yang sangat terkenal di kalangan penggemar selancar di seluruh dunia. Pantai ini menjadi favorit para profesional surfing karena memiliki ombak besar yang bergulung-gulung, menjadikannya salah satu pantai terbaik di dunia untuk berselancar! Bahkan konon, ombak di Pantai Plengkung hanya kalah dari Hawaii sebagai yang terbaik untuk surfing.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Maluku Utara Terbaru 2024

Keistimewaan Pantai Plengkung terletak pada ombak raksasanya yang memungkinkan peselancar untuk melakukan tube riding, sebuah teknik surfing di mana peselancar meluncur di dalam lengkungan ombak. Tidak mengherankan, seringkali ada kompetisi surfing internasional yang diadakan di Pantai Plengkung, yang juga dikenal dengan sebutan “G-Land” oleh peselancar dari berbagai negara.

4. Pulau Tabuhan

Berlokasi di sebelah utara Selat Bali, Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau kecil yang terletak terpisah dari Pulau Jawa, tetapi masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi. Daya tarik utama tempat ini tidak hanya karena keindahan pulau itu sendiri.

Tetapi juga karena kecepatan angin yang konsisten di sekitar pulau, berkisar antara 20-25 knot, menjadikannya destinasi yang terkenal sebagai tempat terbaik untuk kiteboarding di Banyuwangi. Selain itu, Pulau Tabuhan juga menawarkan area snorkeling yang menarik untuk dieksplorasi, serta pasir putih yang ideal untuk bermain.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Jika Taman Nasional Baluran berada di utara Kabupaten Banyuwangi dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo, Taman Nasional Alas Purwo terletak di bagian selatan Banyuwangi. Seperti yang dapat ditemui di Baluran, di Taman Nasional Alas Purwo juga terdapat area savana mirip Afrika! Bila dilihat dari peta, Taman Nasional Alas Purwo memiliki bentuk area yang unik karena terletak di Semenanjung Blambangan berada di ujung tenggara Pulau Jawa.

Tidak hanya savana, tetapi juga terdapat hutan bakau atau mangrove, hutan gugur tropis, dan beberapa pantai cantik seperti Pantai Plengkung di dalam area taman nasional. Di rekomendasi wisata Banyuwangi ini, pengunjung juga dapat melihat berbagai spesies langka seperti Banteng Jawa, Ajak atau Anjing Hutan Asia, dan Lutung Kelabu.

6. Kawah Ijen

Kawah Ijen dapat dikatakan sebagai tujuan wisata paling populer di Banyuwangi bagi pengunjung dari Indonesia, Kawah Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Keistimewaan Kawah Ijen tidak hanya terletak pada kawah hijaunya yang menawarkan pemandangan yang memukau, tetapi juga pada keberadaan tambang belerangnya yang menjadi ikonik.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Semarang Lengkap 2024

Selain itu, Kawah Ijen juga terkenal karena fenomena uniknya yaitu Blue Fire atau api biru. Api biru ini terjadi akibat pembakaran gas sulfur yang keluar dari retakan Gunung Api Ijen dengan suhu mencapai 600 derajat Celsius. Blue Fire di Kawah Ijen merupakan yang terbesar di dunia, dan satu-satunya lokasi lain di dunia yang memiliki fenomena serupa adalah Gunung Dallol di Ethiopia.

7. Banyuwangi Park

Banyuwangi Park merupakan salah satu destinasi wisata terbaru dan populer di Banyuwangi yang sangat diminati oleh para wisatawan. Terletak di bawah manajemen Jawa Timur Park Group, Banyuwangi Park menyajikan area rekreasi dan edukasi terbesar di Banyuwangi, yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Di Banyuwangi Park, tersedia berbagai wahana rekreasi seperti mini bumper car, carousel, Mini Zoo, dan Rumah Penyu, serta waterpark dengan fasilitas kolam ombak dan kolam arus yang cocok untuk bersenang-senang bersama anak-anak.

Selain itu, untuk pengalaman edukasi, Banyuwangi Park dilengkapi dengan Science Center yang menarik. Di sini, anak-anak dapat belajar tentang sains dan teknologi melalui pameran interaktif yang menyenangkan. Tak hanya itu, terdapat juga wahana yang menampilkan pameran tentang sejarah dan budaya Banyuwangi. Bagi mereka yang ingin berlibur bersama pasangan atau teman-teman, Banyuwangi Park juga menawarkan wahana seru seperti Octopus, Rockin Tug, Spinning Coaster, dan Swinger yang dapat meningkatkan adrenalin.

8. Taman Songgo Langit Banyuwangi

Tidak mengherankan jika Banyuwangi dijuluki sebagai Sunrise of Java karena posisinya di sisi timur, menjadikannya daerah yang pertama kali terkena sinar matahari di Pulau Jawa. Keindahannya sungguh luar biasa. Jika Anda ingin menikmati sunrise atau sunset di destinasi tersembunyi Banyuwangi, maka Taman Songgo Langit Banyuwangi adalah tempat yang tepat. Di Taman Songgo Langit Banyuwangi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sawah terasering yang menakjubkan.

Baca Juga >>>  Harus Tahu! Ini Daftar Band Metal Polandia Paling Terkenal

Jika Anda ingin menyaksikan sunrise, Anda akan dapat menikmati panorama Selat Bali, Kota Banyuwangi, hingga Pantai Sembulungan Muncar. Sementara saat matahari terbenam, Taman Songgo Langit Banyuwangi akan memperlihatkan panorama Gunung Raung dan Bukit Ranti yang tak kalah indah. Selain itu, Taman Songgo Langit Banyuwangi juga menyediakan berbagai wahana lain seperti area perkemahan, glamping, homestay, kegiatan wisata edukasi bertani padi, kolam renang, dan spot foto yang menarik.

9. Air Terjun Lider

Selain memiliki pantai dan pegunungan yang menakjubkan, Banyuwangi juga memiliki air terjun yang mempesona. Salah satunya adalah Air Terjun Lider yang termasuk dalam daftar destinasi wisata yang populer di Banyuwangi. Terletak sekitar 45 km dari pusat Kota Banyuwangi, Air Terjun Lider terletak di dalam kawasan hutan lindung, sehingga masih mempertahankan keasriannya.

Pengunjung dapat menempuh perjalanan sekitar 1 km dengan berjalan kaki melalui jalur yang cukup menantang, melintasi sungai dan tebing. Sampai di Air Terjun Lider, pengunjung akan terkesan dengan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 6 meter, dikelilingi oleh hutan belantara. Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

10. Air Terjun Kembar Arum

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Kembar Arum jika Anda ingin mengeksplorasi keindahan alam Banyuwangi. Air Terjun yang terletak di lereng Gunung Raung ini sering menjadi bagian dari rencana perjalanan wisatawan karena menawarkan panorama yang unik. Keunikan terletak pada posisi Air Terjun Kembar Arum yang terletak di jurang dan dikelilingi oleh sawah.

Akses menuju destinasi wisata Banyuwangi ini tidak terlalu sulit, namun tetap diperlukan kewaspadaan terutama saat musim hujan karena jalur cenderung licin. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat berenang di bendungan yang berada tepat di bawah air terjun. Di sana juga tersedia kolam untuk anak-anak serta gazebo untuk bersantai.

Rekomendasi :

Scroll to Top