Jangan Lewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Jambi 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Tugu Keris Siginjai salah satu rekomendasi wisata Jambi (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Dalam informasi kali ini kami akan memberikan rekomendasi wisata Jambi terbaru 2024, salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Penasaran apa saja detinasinya? Langsung simak ulasan berikut ini.

1. Monumen Keris Siginjai

Monumen setinggi 28 meter ini memiliki cerita menarik, Sahabat. Konon, keris Siginjai melambangkan kebesaran dan kepahlawanan raja serta sultan Jambi pada masa lampau. Oleh karena itu, orang yang memiliki keris ini dianggap memiliki kekuasaan.

Sebagai salah satu landmark terkenal di kota Jambi, tempat wisata ini terletak di sekitar kantor wali kota Jambi. Lokasi: Paal Lima, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36129, jam Operasional: 24 jam, tiket Masuk: Gratis.

2. Kampoeng Radja Jambi

Kampoeng Radja Jambi adalah destinasi wisata yang menyenangkan serta edukatif, cocok untuk menghabiskan liburan sekolah anak-anak. Dikelilingi oleh pepohonan hijau, tempat ini menawarkan setidaknya 10 wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Dengan harga yang terjangkau, Kampoeng Radja Jambi menyediakan berbagai fasilitas seperti water park, bumper car, flying fox, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang menarik, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mencoba menanam padi! Lokasi: Jl. Lkr. Barat 3 No.108, Kenali Besar, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36361, jam Operasional: Setiap hari, 06.00–17.00 WIB, tiket Masuk: Mulai dari Rp35.000/orang.

3. World of Water Water Park

Destinasi wisata di Jambi ini sangat cocok untuk liburan bersama anak-anak. Namun, jangan khawatir, orang dewasa juga bisa menikmati wahana-wahana di World of Water. Salah satu yang wajib dicoba adalah Masurai Tower, perosotan setinggi 15 meter yang pastinya akan membuat Anda teriak kesenangan.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Tangerang 2024? Ini Jawaban dan Ulasan Lengkapnya

Setelah merasakan sensasi itu, Anda bisa bersantai di Lazy River dan menikmati keindahan sambil mengikuti arus yang tenang. Lokasi: Jalan Raya East Avenue Blok A No 1, Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36657, Jam Operasional: 09.00–18.00 WIB (Tutup pada hari Selasa), Tiket Masuk: Mulai dari Rp41.000/orang.

4. Gentala Arasy

Gentala Arasy merupakan museum budaya yang terkenal sebagai simbol Islam di Kota Jambi. Sebagai salah satu destinasi wisata museum di Jambi, tempat ini menampung ratusan koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi perjalanan Islam di Jambi. Koleksi-koleksi ini didapatkan melalui hibah dari ulama-ulama, pembelian, atau pinjaman dari beberapa lembaga.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan sore atau malam hari sambil berjalan-jalan di Jembatan Gentala Arasy yang terletak dekat dengan tempat wisata ini. Jembatan ini dibangun dengan biaya sebesar delapan puluh delapan miliar rupiah dan menawarkan pemandangan yang indah, terutama saat malam hari ketika dihiasi lampu-lampu. Lokasi: Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi
Jam Operasional: 24 jam.

Baca Juga >>>  Kartu Prakerja Gelombang 64 Sudah Dibuka! Ini Cara Daftarnya

5. Tugu Juang

Indonesia secara de facto meraih kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Meskipun begitu, Belanda masih berusaha untuk menguasai Indonesia, yang mengakibatkan timbulnya Agresi Militer Belanda II pada tahun 1946. Tugu Juang adalah sebuah monumen yang mengenang perjuangan rakyat Jambi pada masa agresi militer tersebut.

Di bagian puncak monumen ini, terdapat patung seorang laki-laki yang menunjukkan bambu runcing, menggambarkan semangat perjuangan rakyat pada masa itu. Pengunjung dapat melihat relief-relief yang menceritakan kisah perjuangan rakyat Jambi melawan Belanda selama agresi militer. Tempat wisata ini sangat cocok untuk berfoto sambil mempelajari sejarah rakyat Jambi. Lokasi: Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, Jam Operasional: 24 Jam.

6. Tugu Pers Jambi

Pers adalah elemen krusial dalam sistem pemerintahan. Tanpa kebebasan pers, negara cenderung menjadi otoriter dan berpotensi untuk bertindak sewenang-wenang dalam menjalankan pemerintahan. Selain itu, pers yang bebas dan bertanggung jawab berperan dalam menyebarkan informasi yang mendidik masyarakat tentang isu-isu terkini dan hal-hal penting yang mungkin terlewatkan.

Oleh karena itu, untuk menghormati kebebasan pers di Kota Jambi, Tugu Pers yang terkenal ini didirikan pada bulan Februari 2012. Pengunjung dapat mengabadikan momen dengan berfoto di tempat wisata ini. Di sekitar kawasan Tugu Pers, terdapat banyak penjual makanan lezat yang bisa dicoba sambil menikmati pemandangan kota. Lokasi: Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Pasar Jambi, Kota Jambi, Jambi, jam Operasional: 24 Jam.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Pattaya Thailand

7. Museum Siginjei

Museum ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jambi, terutama saat musim liburan. Proyek pembangunan museum ini dimulai pada tahun 1981 oleh Masjchun Syofwan, SH, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jambi. Museum ini didirikan dengan tujuan utama untuk mempertahankan warisan budaya Jambi agar tetap lestari dari generasi ke generasi.

Ada banyak koleksi yang tersedia di Museum Siginjei ini, mulai dari artefak yang berkaitan dengan geologi Jambi hingga artefak arkeologi. Lokasi: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, Jam Operasional: Senin–Jumat: 07.00 – 16.00, Sabtu 24 jam, Minggu tutup, Tiket Masuk: Mulai dari Rp2.000/orang.

8. Masjid Agung Al-Falah

Kombinasi warna putih yang anggun dengan desain bangunan yang megah memberikan kesan elegan pada masjid ini. Meskipun disebut sebagai masjid seribu tiang, Masjid Al-Falah sebenarnya memiliki 256 tiang.

Di sekitar bangunan masjid, terdapat kolam ikan yang menambah keindahan dari tempat ibadah ini. Lokasi: RT.01/RW.No.60, Jl. Sultan Thaha, Legok, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36124, jam Operasional: 24 Jam.

Rekomendasi :

Scroll to Top