Jarang yang Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Sleman Yogyakarta 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Bukit Klangon salah satu rekomendasi wisata Sleman

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan membagikan informasi rekomendasi wisata Sleman Yogyakarta terbaru 2024, yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Langsung saja simak ulasan lengkap berikut.

1. Bukit Klangon

Berlokasi di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bukit Klangon merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di daerah tersebut. Terletak di Desa Glagaharjo, Bukit Klangon merupakan area tertinggi di Gunung Merapi yang masih dihuni oleh penduduk. Dari Bukit Klangon, pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler Gunung Merapi. Bahkan, mereka bisa melihat aktivitas Gunung Merapi secara langsung dari dekat.

Tempat wisata yang pertama kali dibuka pada tahun 2011 ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan yang gemar berkemah. Bagi pengunjung yang mencari tantangan, mereka dapat mencoba trek downhill atau mendaki jalur yang telah disediakan di tempat ini. Tidak perlu khawatir, karena kegiatan mendaki di Bukit Klangon dijamin aman dan terkendali.

2. Tlogo Muncar

Terletak di Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang adalah pilihan destinasi wisata yang menarik ketika mengunjungi Sleman. Berada di dekat pegunungan, udara di sekitar area ini masih sangat segar dan sejuk, oleh karena itu, penting untuk memakai pakaian yang hangat saat berkunjung.

Air Terjun Tlogo Muncar memiliki tinggi sekitar 40 meter dan mengalir langsung dari mata air di kaki Gunung Merapi. Salah satu hal yang jarang ditemui di tempat lain adalah keberadaan banyak monyet liar, yang menambah pengalaman baru bagi para pengunjung.

Baca Juga >>>  Masih Alami! Ini Rekomendasi Wisata Trenggalek Terbaru 2024

3. Tlogo Putri

Berlokasi di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Tlogo Putri merupakan destinasi wisata yang tak terlalu jauh dari Tlogo Muncar. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga sangat terjangkau, hanya Rp 6.000,- per orang.

Selain menikmati pemandangan yang indah di sekitar danau, pengunjung juga berkesempatan untuk menikmati berbagai pertunjukan seni tradisional seperti campur sari, orkes melayu, dan lainnya jika beruntung. Di samping itu, terdapat berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati di area ini, seperti mengendarai kano dan menikmati flying fox.

4. Candi Ratu Boko

Alamat Candi Ratu Boko terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu yang ideal untuk mengunjungi Candi Ratu Boko adalah menjelang sore agar dapat menikmati keindahan matahari terbenam di balik bangunan candi.

Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang unik dibandingkan dengan tempat lain untuk menyaksikan matahari terbenam, karena terdapat sisa-sisa candi yang khas serta pemandangan indah yang dapat dinikmati dari atas bukit. Berbeda dengan candi lainnya, Candi Ratu Boko tidak menampilkan bangunan candi yang besar dan megah, melainkan sisa-sisa struktur bangunan dengan kolam pemandian di tengah kompleks istana. Untuk masuk ke kawasan Candi Boko, harga tiketnya adalah Rp 40.000,- untuk orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Bantul Yogyakarta dan Harga Tiket 2024

5. Museum Ullen Sentalu

Alamat Museum Ullen Sentalu terletak di Jl. Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi wisata Sleman ini merupakan salah satu tempat yang sangat memuaskan untuk dikunjungi. Museum Ullen Sentalu merupakan museum budaya Jawa yang memamerkan berbagai peninggalan dan cerita-cerita dari peradaban Kerajaan Mataram yang dapat dinikmati.

Melalui berbagai media seperti foto, lukisan, dan koleksi unik seperti batik serta surat yang ditulis oleh para putri keraton pada masa penjajahan Belanda. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat gamelan kuno dan arca-arca yang memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

6. Lost World Castle

Lost World Castle terletak di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah mengunjungi Rumah Hobbit Kaliurang, Anda hanya perlu menyeberang untuk sampai ke Lost World Castle. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp 30.000,- per orang untuk menikmati semua atraksi yang ditawarkan di tempat wisata ini. Ada banyak spot foto yang sangat menarik di sini dan sangat cocok untuk diunggah di Instagram, seperti tembok yang menyerupai Tembok Besar Cina. Salah satu area favorit di Lost World Castle adalah lukisan-lukisan 3D yang menciptakan gambar-gambar ekstrem yang mengagumkan.

7. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi terletak di Jalan Kaliurang km 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di kaki Gunung Merapi, museum ini menjadi tempat yang menyimpan banyak cerita dari masyarakat desa di dua lereng Merapi ketika gunung ini meletus pada tahun 2006. Di dalam museum ini, terdapat berbagai benda sisa letusan yang dipamerkan, serta koleksi foto-foto Gunung Merapi dari berbagai masa.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Kudus, Beserta Harga Tiketnya

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang isi Museum Gunung Merapi, Anda bisa mengunjunginya pada hari Selasa hingga Minggu dengan harga tiket yang sangat terjangkau, hanya Rp 5.000,- saja. Di sana, Anda dapat menikmati semua koleksi benda bersejarah yang dipamerkan, serta menonton film pendek berjudul ‘Mahaguru Merapi’ yang memiliki durasi selama 24 menit.

8. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi terletak di Jalan Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anak-anak pasti akan sangat bahagia jika Anda dan keluarga mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi. Destinasi wisata di Sleman ini menawarkan konsep berwisata sambil bermain. Di sini, Anda akan menemui banyak hewan dan dapat berinteraksi langsung dengan mereka, seperti memberi makan dan bahkan berkuda.

Terdapat banyak spot foto menarik di Agrowisata Bhumi Merapi, seperti replika suasana Santorini, kastil, Alpen House, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke Agrowisata Bhumi Merapi, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 30.000,- saja, dan ada tambahan biaya sebesar Rp 50.000,- jika Anda membawa kamera selain kamera HP.

Rekomendasi :

Scroll to Top