Masih Alami! Ini Rekomendasi Wisata Trenggalek Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pantai Prigi salah satu rekomendasi wisata Trenggalek (Foto: Dokumen istimewa Arena Rakyat/Redaksi)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai rekomendasi wisata Trenggalek 2024, salah satu kota di selatan Jawa Timur. Menyimpan banyak sekali destinasi yang menarik dikunjungi, langsung saja simak ulasan lengkap dari kami berikut.

1. Pantai Pelang

Lokasi: Hutan Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Pantai Pelang menawarkan paket lengkap bagi para penggemar wisata air. Selain dikelilingi oleh batu-batu besar yang menambah keindahan pantai ini, terdapat juga air terjun Pelang yang berada di sekitar tepi pantai. Air yang mengalir dari air terjun Pelang akan mengalir ke laut. Ada beragam kegiatan yang bisa dinikmati di sini bersama keluarga dan teman-teman.

2. Pantai Pasir Putih

Lokasi: JL. Raya Pasir Putih, Gares, Kidul, Tasikmadu, Kec. Watu Limo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Bernama Pantai Pasir Putih atau dikenal juga sebagai Pantai Karanggongso, tempat ini menawarkan pemandangan pantai dengan pasir putih yang masih terjaga kebersihannya. Fasilitas yang disediakan di sini juga cukup lengkap.

Bagi penggemar aktivitas air, tersedia permainan banana boat yang bisa dinikmati. Tak perlu khawatir, peralatan lengkap dengan jaket pelampung dapat disewa di pantai ini. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan seafood yang disajikan di warung dan restoran di sekitar pantai.

3. Pantai Karanggongso

Lokasi: Tasikmadu, Kec. Watu Limo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Dengan kedekatannya terhadap Pantai Pasir Putih, Pantai Karanggongso juga menawarkan perairan yang tenang. Hal ini membuatnya sangat aman bagi para wisatawan yang ingin berenang dan melakukan aktivitas air lainnya. Salah satu ciri khas dan daya tarik utama dari Pantai Karanggongso adalah adanya jembatan kayu panjang yang terletak di sepanjang garis pantai, memungkinkan wisatawan untuk berjalan-jalan dan menikmati semilir angin laut yang menyegarkan.

Baca Juga >>>  Sejarah Musik Punk: Awal Ditemukan Hingga Identitas Perlawanan

4. Pantai Prigi

Lokasi: Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Di samping produksi gaplek, Trenggalek juga terkenal dengan keberadaan pantai-pantai yang masih alami. Pantai-pantai ini bersih dengan pasir putih yang memikat. Jika kamu mencari tempat yang tenang, Pantai Prigi adalah pilihan yang tepat untuk dimasukkan dalam daftar rekomendasi.

Tidak hanya keindahan pantainya yang menakjubkan, fasilitas di tempat wisata ini juga sangat lengkap. Terdapat fasilitas untuk olahraga, area perkemahan, permainan ATV, dan berbagai lagi. Bagi yang ingin menginap, tersedia banyak akomodasi di sekitar Pantai Prigi.

5. Air Terjun Songgo Langit

Lokasi: Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek. Bagi pecinta petualangan yang menginginkan pengalaman di tempat wisata yang masih alami, Air Terjun Songgo Langit adalah pilihan yang tepat. Destinasi alam ini menampilkan pemandangan yang menakjubkan dengan empat tingkatan yang berbeda. Saat debit airnya tinggi, keindahannya semakin memukau.

Baca Juga >>>  Wajib Kunjungi! Ini Rekomendasi Wisata Bandung Kota 2024

Keelokan air terjun tidak hanya terbatas pada tingkatan air yang menawan, tetapi juga panorama hijau di sekelilingnya yang menambah daya tariknya. Udara di sekitar sangat segar, jauh dari polusi dan masih mempertahankan kealamian. Karena perlu trekking, persiapkan perlengkapan dan tubuh yang siap untuk berpetualang.

6. Bukit Banyon

Lokasi: Widoro, KW. Ladangm Karanganyarm Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Pesona Bukit Banyon membuatnya dijuluki sebagai Negeri Atas Awan di Trenggalek. Benar adanya, saat pagi atau sore hari, bukit ini kerap disaput oleh awan dan kabut. Dari sini, pandangan yang membentang luas akan memukau mata dengan kecantikannya.

Tidak hanya keindahan alamnya yang memikat, fasilitas yang tersedia di sini juga sudah cukup lengkap. Mulai dari toilet, gazebo, spot-spot foto menarik, hingga warung-warung dan hammock. Bagi yang gemar menikmati matahari terbit atau terbenam, Bukit Banyon adalah tempat yang sempurna untuk menikmatinya.

7. Bukit Tunggangan

Lokasi: Bukit Tunggangan, Kec. Durenan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Bagi yang mencari pengalaman menantang dan penuh adrenalin, Bukit Tunggangan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi melayang dengan paralayang dan menyaksikan keindahan Trenggalek dari ketinggian.

Sebagai objek wisata yang sudah beroperasi sejak tahun 2018, Bukit Tunggangan tetap menjadi favorit bagi para pemuda saat liburan. Bagi yang tidak ingin mencoba paralayang, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini, seperti berkemah, berburu foto, menikmati pemandangan, dan menjelajahi area sekitarnya.

Baca Juga >>>  Wajib Kunjungi! Rekomendasi Wisata Salatiga Terbaru 2024

8. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Lokasi: JL. Pantai Cengkrong, 668382, Karanggandu, Kec. Watu Limo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Salah satu pilihan wisata terbaru di Trenggalek adalah Hutan Mangrove Cengkrong yang dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas). Fasilitas di tempat ini sudah cukup baik, dengan banyak spot foto, jembatan untuk mendekati mangrove, dan juga gazebo.

Yang menarik, hutan mangrove ini langsung bermuara ke pantai, sehingga pengunjung bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus. Untuk pengalaman berjalan-jalan yang lebih nyaman, disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari.

9. Desa Wisata Pandean

Lokasi: Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Untuk menikmati pengalaman desa wisata, Trenggalek menawarkan beberapa pilihan, dan salah satunya adalah Desa Wisata Pandean. Desa ini telah mendapatkan peringkat dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Desa Wisata Pandean menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa dinikmati pengunjung, mulai dari river tubing, tabuh lesung, terbang elo, karawitan, ngudat bengkeng, angon wedus, river camp, hingga umbah-umbah. Setiap kegiatan memiliki pengalaman yang berbeda dan cocok untuk dinikmati oleh rombongan.

Scroll to Top