Menarik Dikunjungi! Ini Rekomendasi Wisata Balikpapan Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Kebun Raya Balikpapan salah satu rekomendasi wisata balikpapan (Foto: Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan mengulas informasi mengenai rekomendasi wisata Balikpapan terbaru 2024, kota yang berada di Pulau Kalimantan ini. Menyimpan banyak destinasi menarik untuk dikunjungi, langsung saja simak ulasan lengkap berikut.

1. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

Jika Anda ingin melihat beruang madu yang menggemaskan secara langsung, kunjungi saja Pusat Beruang Madu yang terletak di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)! Destinasi wisata di Balikpapan ini akan memberikan Anda gambaran tentang gaya hidup dan upaya konservasi untuk menjaga populasi beruang madu di Kalimantan yang semakin berkurang. Lokasinya berada di KWPLH – Jalan Soekarno-Hatta Km. 23, Nomor 185.

2. Aquaboom Waterpark

Tidak seperti taman air konvensional, Aquaboom Waterpark terletak di atas bangunan. Terletak di lantai 7 Balikpapan Superblox Complex (BSB), taman bermain ini telah menjadi populer di kalangan wisatawan yang ingin mencoba berbagai wahana, seperti Thunder Bolt, Race Buster, dan Hurricane Slider.

Bagi Anda yang berlibur ke Balikpapan bersama keluarga, tempat wisata Balikpapan ini pasti menjadi salah satu pilihan yang tepat. Setelah puas bermain, Anda dapat turun ke area mal untuk mencari makanan atau melanjutkan kegiatan jalan-jalan. Sangat praktis, bukan? Lokasi: Aquaboom Waterpark – Balikpapan Superblok Complex, Nicopolis South Tower Astara Lt. 7.

3. Kawasan Kampung Atas Air

Salah satu pengalaman menarik yang harus Anda coba saat berada di Balikpapan adalah mengunjungi Kawasan Kampung Atas Air. Di sini, selain dapat menyaksikan berbagai aktivitas warga, Anda juga dapat berenang, berfoto, bahkan naik kapal.

Baca Juga >>>  Jangan Lewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Banyuwangi 2024

Ternyata, sebelum menjadi salah satu tujuan wisata, tempat ini dulunya adalah kawasan kumuh. Namun, kini telah diubah menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi. Anda juga dapat menikmati berbagai kuliner tipis-tipis di sini. Lokasi: Kawasan Kampung Atas Air – Desa Margasari, Jalan Sepaku, Baru Tengah.

4. Dahor Heritage

Salah satu objek wisata pertama di Balikpapan ini memiliki hubungan erat dengan sejarah Balikpapan sebagai Kota Minyak. Pada era 1920-an, para pekerja kilang minyak di Balikpapan sering menghabiskan waktu santai dan istirahat di sebuah kompleks perumahan dinas. Saat ini, kompleks tersebut yang masih berdiri teguh telah diubah menjadi sebuah cagar budaya yang dikenal dengan nama Dahor Heritage.

Dalam keadaan yang masih terawat dengan baik, rumah-rumah panggung dengan arsitektur khas Belanda ini menyimpan koleksi buku serta foto-foto hitam-putih yang merekam sejarah awal pemanfaatan minyak di Balikpapan. Lokasi: Dahor Heritage – Jalan Dahor No.1, Baru Ilir.

5. Pantai Kemala

Pantai Kemala merupakan salah satu destinasi wisata Balikpapan yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Keindahan pantainya mampu memikat para pengunjung yang datang, sementara fasilitasnya juga sudah cukup lengkap.

Terdapat berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sini, mulai dari menikmati panorama pantai, bermain pasir, berenang, menikmati senja, mencoba paralayang, hingga naik banana boat. Keberadaan banyak pohon kelapa di sekitar pantai juga menambah kesan alami dan sejuk. Lokasi: Pantai Kemala – Jalan Jenderal Sudirman.

6. Pasar Inpres Kebun Sayur

Jangan mengira bahwa di Pasar Inpres Kebun Sayur kamu hanya akan menemukan sayuran. Pasar yang diresmikan pada tahun 1983 ini menawarkan berbagai macam barang, mulai dari camilan, perhiasan, tas, hingga pernak-pernik dengan motif khas Dayak. Karena ragam produk yang ditawarkan.

Baca Juga >>>  Banyak yang Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Garut 2024

Pasar Inpres Kebun Sayur menjadi destinasi wisata belanja di Balikpapan yang cocok untuk mencari oleh-oleh bagi teman dan keluarga. Lokasi: Pasar Inpres Kebun Sayur – Jalan Letjen Suprapto, Marga Sari.

7. Danau Cermin Lamaru

Rekomendasi wisata Balikpapan berikutnya adalah Danau Cermin Lamaru yang memiliki air yang begitu jernih hingga terlihat seperti kaca. Di samping itu, suasana sekitarnya yang hijau dan dipenuhi dengan pepohonan membuat tempat ini semakin menenangkan. Banyak orang datang ke sini untuk menikmati keindahan danau yang transparan tersebut. Tidak jarang juga, pengunjung datang ke sini dengan tujuan untuk berburu foto. Beberapa pengunjung juga menyempatkan diri mendaki bukit di sebelah danau.

Namun karena keadaan lokasinya yang masih sangat alami dan belum dikelola dengan baik, disarankan untuk mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Dengan begitu, liburan di sini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, baik Anda datang sendirian atau bersama rombongan yang menyenangkan. Lokasi: Danau Cermin – Jalan Rawamangun, RT 20, Kelurahan Lamaru.

8. Kebun Raya Balikpapan

Tidak hanya di Bogor, Anda juga dapat menemukan beragam flora Indonesia di Kebun Raya Balikpapan. Terletak di wilayah Hutan Lindung Sungai Wain, destinasi alam ini di Balikpapan dibuka pada tahun 2014 untuk menjadi tempat rekreasi, konservasi, dan pelestarian tanaman asli Kalimantan.

Baca Juga >>>  Masih Alami! Ini Rekomendasi Wisata Trenggalek Terbaru 2024

Kunjungan Anda ke objek wisata Balikpapan ini akan lebih lengkap dengan membawa sepatu lari, sehingga Anda bisa menikmati fasilitas trek jogging di kebun raya sambil menikmati udara segar yang bersih dari polusi. Lokasi: Kebun Raya Balikpapan – Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang.

9. Bukit Bangkirai

Selain pantai-pantai yang mempesona, Balikpapan juga memiliki kekayaan alam Kalimantan lainnya dalam bentuk hutan tropis. Untuk menyaksikan keindahan hutan Kalimantan secara lebih dekat, Bukit Bangkirai adalah destinasi wisata di Balikpapan yang ideal untuk dikunjungi. Di sini, selain menikmati pesona hutan yang memukau, pengunjung juga dapat menjelajahi jembatan gantung yang menawarkan panorama yang tak kalah menakjubkan.

Namun, untuk mencapai objek wisata alam ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 1.5 jam dari pusat kota Balikpapan. Lokasi: Bukit Bangkirai – Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Kampung Pinisi

Bagi yang ingin berburu gambar di kampung yang berwarna-warni, mereka bisa mengunjungi Kampung Pinisi. Banyak yang datang ke sini hanya untuk berjalan-jalan santai atau untuk bersepeda.

Tidak hanya kampungnya yang Instagramable, tapi juga pemandangan lautnya yang menakjubkan layak untuk difoto. Terdapat banyak fasilitas di sini, termasuk mushola, spot foto, toilet, dan masih banyak lagi. Karena keterbatasan ruang, disarankan untuk menggunakan motor atau sepeda pancal. Lokasi: Kampung Pinisi – Jl. Jenderal Sudirman No.Rt 32, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rekomendasi :

Scroll to Top