Menarik Dikunjungi! Ini Rekomendasi Wisata Karanganyar 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Kebun Teh Kemuning salah satu rekomendasi wisata Karanganyar (Foto: Pemkab Karanganyar)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan membagikan informasi rekomendasi wisata Karanganyar terbaru 2024, salah satu kota di perbatasan Jawa Tenggah. Ternyata menyimpan banyak destinasi, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah 57792. Air terjun ini terletak di kawasan Gunung Lawu, tepatnya di lerengnya. Nama Grojogan Sewu diberikan karena aliran air terjun di sini sangat deras dan melimpah. Dalam bahasa Jawa, Grojogan Sewu memiliki arti air terjun seribu. Ada dua jalur masuk yang dapat dipilih untuk mencapai Air Terjun Grojogan Sewu. Jalur masuk pertama berada cukup dekat dengan Taman Balekambang. Jalur ini menjadi favorit bagi para wisatawan karena juga dekat dengan Terminal Tawangmangu.

Di jalur masuk ini, pengunjung dapat melihat rangkaian patung kuda yang tersusun. Namun, pengunjung harus cukup siap secara fisik karena harus melewati sekitar 1200 anak tangga untuk mencapai Air Terjun Grojogan Sewu dari jalur masuk ini. Meskipun begitu, perjalanan ini akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan melewati anak tangga. Sementara itu, jalur masuk kedua terletak dekat dengan River Hill.

Jalur ini lebih disarankan karena memiliki kemiringan yang lebih landai. Di jalur masuk kedua ini, pengunjung akan menemukan sebuah taman mini dengan patung ular dan katak. Selain itu, terdapat juga warung makan di jalur masuk ini yang menyajikan hidangan khas Tawangmangu seperti Sate Landak dan Sate Kelinci. Selain itu, di jalur masuk kedua ini, pengunjung juga dapat melihat kera-kera liar yang berada sepanjang jalur.

Baca Juga >>>  Banyak yang Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Garut 2024

2. Candi Cetho

Lokasi: Cetho, Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah 57792. Berdiri di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut, Candi Hindu ini termasuk salah satu candi tertinggi di Indonesia selain Candi Gedong Songo, Candi Ijo, dan Candi Arjuna. Candi ini memiliki sekitar 9 teras yang terletak di atas tanah yang berundak.

Ditemukan oleh arkeolog Belanda, Van der Vlies pada tahun 1842, Candi Cetho merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Pemugaran Candi Cetho dilakukan oleh Sudjono Humardani pada tahun 1975-1976. Candi ini dapat dikunjungi oleh umum dari jam 8 pagi hingga 4.30 sore, kecuali pada hari Selasa dan Jumat yang buka 24 jam.

3. Telaga Madirda Karanganyar

Lokasi: Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah 57793. Ingin menikmati suasana santai di tengah hamparan pepohonan hijau yang rindang? Cobalah kunjungi Telaga Madirda. Telaga ini memiliki enam mata air besar dengan aliran air yang terus mengalir.

Selain menikmati keindahan sekitar telaga, terdapat beragam aktivitas lain yang dapat dilakukan, seperti naik perahu kano, bermain perahu bebek, atau mengadakan piknik bersama keluarga. Bagi yang suka petualangan, Anda juga dapat mencoba berkemah di sekitar telaga. Telaga Madirda buka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore, kecuali pada akhir pekan yang buka mulai dari jam 7.30 pagi hingga jam 4.30 sore.

4. Kebun Teh Kemuning

Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah 57794. Saat mengunjungi perkebunan teh ini, Anda akan merasakan atmosfer yang mirip dengan daerah Puncak, Bogor. Pemandangan hijau alami dari tanaman teh yang meluas akan menjadi latar belakang foto yang menarik selama kunjungan Anda.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Banda Aceh Lengkap 2024

Perkebunan Teh Kemuning terletak pada ketinggian antara 800 hingga 1.540 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk dan segar. Selain dapat mencoba memetik teh secara langsung, terdapat juga banyak spot foto Instagramable di sini, seperti Jembatan Bintang. Jika Anda ingin menikmati secangkir teh langsung dari sumbernya, Anda dapat mengunjungi Cafe Ndoro Dongker yang berada di dalam kawasan Perkebunan Teh Kemuning.

5. Taman Hutan Raya Karanganyar

Lokasi: Dusun Jl. Candi Sukuh, Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793. Taman Hutan Raya, yang juga dikenal sebagai Tahura Karanganyar oleh masyarakat setempat, merupakan destinasi wisata di Karanganyar yang terletak di lereng Gunung Lawu. Ketika memasuki area wisata ini, Anda dapat menikmati keindahan alam terbuka dengan pepohonan yang rindang.

Selain itu, bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tidak perlu khawatir karena taman ini juga menyediakan berbagai rekreasi yang ramah anak. Beberapa di antaranya termasuk wahana melihat berbagai macam satwa, taman bermain anak, dan kesempatan untuk berkemah di kawasan objek wisata Karanganyar ini. Terdapat juga sebuah pendopo yang disediakan bagi para pengunjung yang memiliki agenda kegiatan di alam terbuka.

6. Agrowisata Sondokoro

Lokasi: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 42454. Liburan keluarga akan menjadi lebih lengkap dengan mengunjungi Agrowisata Sondokoro di Karanganyar. Terletak di sekitar area pabrik gula Tasikmadu, untuk mencapai destinasi wisata ini, Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 45 menit dari kota Solo atau sekitar 15 km.

Setibanya di Agrowisata Sondokoro, pengunjung akan menemukan berbagai jenis rekreasi keluarga yang menarik untuk dinikmati. Mulai dari kolam renang, jaring laba-laba, flying fox, rumah pohon, taman lalu lintas, dan masih banyak lagi. Salah satu wahana yang paling diminati oleh para pengunjung saat berada di objek wisata Karanganyar ini adalah tur keliling Pabrik Gula Tasikmadu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan kereta diesel maupun uap dan mencakup hampir seluruh wilayah Agrowisata Sondokoro.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Bogor Lengkap 2024

7. Museum Manusia Purba Klaster Dayu

Lokasi: Dayu, 57773, Dayu, Kec. Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57188. Salah satu rekomendasi wisata Karanganyar yang menarik adalah sebuah museum edukasi dan sejarah yang terletak di Klaster Dayu, Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Penting untuk dicatat bahwa lokasi museum ini adalah tempat ditemukannya spesimen purba yang berusia hampir 1,2 juta tahun yang lalu. Penemuan ini merupakan artefak tertua yang ditemukan di Indonesia.

8. Taman Dirgantara Edupark

Lokasi: Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57722. Selain menikmati keindahan alam di Karanganyar, pengalaman wisata edukatif juga bisa kamu temukan dengan mengunjungi Taman Dirgantara Edupark. Di tempat ini, kamu dapat melihat replika pesawat Boeing 737-300 yang dinamakan Lawu Air. Para pengunjung diperbolehkan untuk naik dan menjelajahi bagian dalam pesawat. Selain pesawat, tersedia pula helikopter yang dipamerkan di area ini.

Penting untuk diketahui bahwa pengelolaan Taman Dirgantara Edupark terintegrasi dengan Kolam Renang Intanpari. Oleh karena itu, dengan membayar tiket masuk sekali saja, kamu dapat mengunjungi kedua tempat tersebut. Taman Dirgantara Edupark buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Rekomendasi :

Scroll to Top