Menarik Dikunjungi! Ini Rekomendasi Wisata Tanjung Pinang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pantai Trikora Tanjung Pinang

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan mengulas informasi mengenai rekomendasi wisata Tanjung Pinang, salah satu Kota yang menyimpan banyak destinasi tersembunyi. Langsung saja simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

1. Pantai Trikora

Jika Anda berlibur ke Tanjung Pinang, jangan lupa singgah ke Pantai Trikora untuk menikmati keindahan pasir putih dan laut biru yang dipadukan dengan batuan granit raksasa di sekelilingnya. Pantai Trikora memiliki garis pantai yang sangat panjang, mencapai 25 kilometer. Terletak sekitar 45 kilometer dari Kota Tanjung Pinang.

Pantai Trikora terbagi menjadi empat kawasan, yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan Trikora 4. Di kawasan Pantai Trikora 1 dan Trikora 2, pengunjung dapat menikmati pantai yang terbuka. Sementara itu, kawasan Trikora 3 dan Trikora 4 merupakan area penginapan, sehingga disarankan untuk memesan kamar terlebih dahulu untuk menikmati keindahan pantai.

2. Masjid Raya Sultan Riau

Di Pulau Penyengat, Anda dapat mengunjungi Masjid Raya Sultan Riau. Berdasarkan sejarah, masjid ini didirikan pada tanggal 1 Syawal 1249 H (1832) oleh YDMR VII, Raja Abdurrahman (memerintah 1831-1844), sebagai tempat ibadah umat Islam. Ada hal yang unik dalam pembangunan masjid ini, selain kontribusi tenaga dalam membangun masjid, masyarakat setempat juga menyumbangkan telur karena pada masa itu banyak pekerja asal India yang mengatakan bahwa di negara mereka, putih telur dapat digunakan sebagai bahan perekat bangunan.

Dilihat dari arsitekturnya, wisata Tanjung Pinang ini menggabungkan sentuhan Melayu, India, Arab, dan Turki. Masjid Raya Sultan Riau memiliki 4 menara dan 13 kubah. Di halaman masjid, terdapat dua rumah sotoh yang sebelumnya digunakan sebagai tempat belajar agama dan tempat istirahat bagi musafir. Terdapat juga dua balai untuk menunggu waktu salat atau tempat berbuka puasa bersama di bulan Ramadan.

Baca Juga >>>  Harus Dikujungi! Ini Rekomendasi Wisata Cianjur 2024

3. Pulau Penyengat

Pulau kecil berukuran 2 kilometer yang terletak di Tanjung Pinang ini menyimpan jejak sejarah kompleks Istana Kerajaan Riau-Lingga. Anda dapat mengunjungi benteng pertahanan, makam para raja, sumur air tawar, istana kantor, dan Masjid Raya Sultan Penyengat. Tersedia berbagai kisah sejarah menarik yang dapat Anda temukan. Sebagai contoh, di Istana Kantor, Anda dapat mengunjungi tempat di mana pahlawan nasional dan sastrawan Melayu.

Raja Ali Haji, menciptakan Gurindam Dua Belas yang berisi pesan nasihat tentang hidup bersahabat dan pemerintahan. Dilihat dari asal usulnya, nama Pulau Penyengat berasal dari cerita seorang pelaut yang sedang mencari air tawar di pulau tersebut, lalu mendadak diserang oleh sejenis lebah yang disebut penyengat. Anda dapat mengunjungi Pulau Penyengat dengan naik pompong atau perahu bermotor selama sekitar 15 menit.

4. Trans Studio Garden Tanjung Pinang

Rekomendasi wisata Tanjung Pinang yang cocok untuk liburan bersama keluarga, adalah Trans Studio Garden Tanjung Pinang. Dibuka pada tahun 2021, taman hiburan ini menyajikan berbagai macam wahana seru. Mulai dari pusat permainan dengan sekitar 70 permainan menarik hingga kegiatan outbound dengan wahana net climbing, net bridge, sky climbing, dan flying fox. Wisata Tanjung Pinang yang terletak di Hotel Aston ini cocok untuk semua usia.

Anak-anak dapat mencoba berbagai wahana permainan seperti Mini Train, Driving School, Ferris Wheel, dan Jurassic Adventure. Selain wahana yang menarik, Trans Studio Garden Tanjung Pinang juga memiliki spot-spot foto yang menakjubkan. Tempat ini juga menyediakan berbagai pilihan kuliner lezat dengan harga terjangkau bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan ringan atau makanan berat. Anda dapat memesan tiket masuk Trans Studio Garden Tanjung Pinang melalui Traveloka untuk menghindari antrean atau kehabisan tiket saat musim liburan.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Maladewa

5. Danau Biru Kijang

Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Tanjung Pinang adalah Danau Biru Kijang. Di sini, Anda akan menemukan panorama danau air biru yang terletak di tengah-tengah bukit gurun. Danau Biru memiliki daya tarik tersendiri dan terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Tanjung Pinang. Danau Biru sebenarnya merupakan bekas lubang galian dari area pertambangan.

Anda dapat mengambil foto-foto di objek wisata ini karena tersedia beberapa spot foto, seperti dek jembatan dan spot foto berbentuk bingkai love. Namun, perlu diingat jika Anda berkunjung ke sini, pengunjung dilarang untuk mencelupkan kaki atau berenang di area danau karena berisiko tenggelam. Hal ini karena dasar danau terdiri dari pasir dan lumpur.

6. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Bagi para penggemar wisata sejarah, jangan lewatkan rekomendasi wisata Tanjung Pinang satu ini, yaitu Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah saat berkunjung ke Tanjung Pinang. Di sini, Anda dapat melihat berbagai koleksi yang mengisahkan sejarah awal Kota Tanjung Pinang. Koleksi-koleksi tersebut mencakup perhiasan, busana, senjata, peralatan rumah tangga, alat musik, koin, uang kertas, serta naskah-naskah ajaran agama dan hukum. Selain itu, Anda juga dapat melihat replika Pelaminan Melayu di dalam museum ini.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Indramayu dan Harga Tiketnya 2024

Pada masa penjajahan, lokasi wisata Tanjung Pinang ini merupakan gedung pertama Sekolah Tingkat Dasar Hollandsch-Inlandsche School. Setelah kemerdekaan, gedung tersebut tetap digunakan sebagai Sekolah Rakyat dan kemudian menjadi Sekolah Dasar. Pada tahun 2004, bangunan tersebut diubah menjadi Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah.

7. Bukit Panglong

Awalnya, Bukit Panglong bukanlah destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Lokasi wisata Tanjung Pinang ini awalnya merupakan bukit yang memiliki sumber daya batu granit. Seiring dengan terusnya kegiatan penambangan, bukit tersebut lambat laun menjadi kawah dengan kedalaman sekitar 50 meter. Kemudian, kawah tersebut terisi oleh air dari sumber air tanah dan curah hujan.

Keunikan dari air di dalam lubang bekas galian tambang ini adalah warnanya yang biru jernih, sehingga menciptakan pemandangan yang indah dan menarik perhatian. Tak heran jika saat ini banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk melihat keindahan Bukit Panglong dari kejauhan. Untuk mencapai lokasi wisata di Tanjung Pinang ini, Anda dapat melakukan perjalanan sekitar 21 kilometer dari pusat kota.

8. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Tanjung Pinang juga terkenal dengan wisata vihara 1.000 wajah atau patung. Anda dapat menikmati keunikan ini di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Dibuka pada tahun 2017, vihara ini merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara setelah China. Perlu dicatat bahwa jumlah patungnya tidak tepat 1.000, tetapi sekitar 500 patung yang menggambarkan biksu dengan berbagai ekspresi. Selain itu, sekitar 40 patung dewa dalam kepercayaan Buddha juga dapat ditemukan di tempat wisata Tanjung Pinang ini.

Rekomendasi :

Scroll to Top