Rekomendasi dan Harga Tiket Wisata Samarinda 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Sungai Mahakam Samarinda (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Informasi kali ini adalah mengenari rekomendasi dan harga tiket wisata Samarinda terbaru 2024, langsung saja simak ulasan lengkap yang kami berikut ini.

1. Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Destinasi wisata alam Air Terjun Pinang Seribu di Samarinda merupakan objek wisata yang menarik. Terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara, air terjun ini memiliki karakteristik unik seperti undakan pada anak tangga yang memungkinkan pengunjung naik ke atas. Disarankan untuk mengunjungi air terjun ini di luar musim hujan agar aliran air tidak terlalu deras dan lebih aman.

Alamat: Jalan Air Terjun, Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kalimantan Timur, Jam Operasional: 10.00-17.00, Harga Tiket: Rp 5.000.

2. Air Terjun Tanah Merah Samarinda

Destinasi wisata Air Terjun Tanah Merah yang terletak di Dusun Purwosari, Samarinda Utara, memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah kejernihan air yang mengalir di sana. Namun, saat air mengalir ke hilir, warnanya akan berubah menjadi merah kecoklatan. Perubahan ini disebabkan oleh tanah gambut di dasar sungai di daerah tersebut.

Alamat: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Jam Operasional: 24 jam, Harga Tiket: Rp 5.000.

3. Pulau Beras Basah Samarinda

Salah satu rekomendasi tempat wisata lainnya adalah Pulau Beras Basah. Seperti Pulau Kumala, pulau ini tidak berada langsung di Kota Samarinda tetapi menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Untuk mencapai Pulau Beras Basah, perjalanan yang dibutuhkan memakan waktu cukup lama, sekitar 3 jam dengan kendaraan.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Jogja? Ini Jawaban dan Rincian Lenglapnya

Pulau ini terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Pasir putihnya yang memikat dan kejernihan air yang berkilau biru akan membuat Anda melupakan kelelahan perjalanan menuju pulau ini. Lokasi: Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur,, Jam Operasional: 24 Jam, Harga Tiket: Gratis.

4. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda, singkatan dari Universitas Mulawarman (Unmul), adalah destinasi wisata di Samarinda yang dimiliki oleh universitas tersebut dan telah dibuka untuk umum. Perjalanan menuju Kebun Raya Unmul Samarinda memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Samarinda.

Di area Kebun Raya Unmul Samarinda terdapat sebuah danau besar di mana pengunjung dapat menyewa sepeda air untuk berkeliling di sekitar danau tersebut. Selain itu, di Kebun Raya Unmul ini terdapat juga kebun binatang mini serta museum kayu yang menampilkan berbagai koleksi jenis kayu dari seluruh penjuru Kalimantan.

Lokasi: Jalan Kuaro, Gn. Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Jam Operasional: 09.00 – 17.00, Harga Tiket: Rp 5.000.

5. Tempat Wisata Pulau Kumala Samarinda

Mari kita mulai dengan daftar pertama, Pulau Kumala. Meskipun lokasinya tidak tepat di Samarinda, pulau ini masih dapat dijangkau dengan kendaraan, hanya berjarak 27 kilometer dari Kota Samarinda. Pulau Kumala terbentuk oleh endapan lumpur Sungai Mahakam, yang secara ilmiah dikenal sebagai delta. Jika diperhatikan dengan seksama, pulau ini memiliki bentuk yang menyerupai perahu terbalik.

Baca Juga >>>  6 Rekomendasi Film Bioskop Bulan Maret

Sebagai destinasi wisata, Pulau Kumala menawarkan taman rekreasi dengan sekitar 10 wahana permainan yang dapat dinikmati, seperti jet coaster, gokar, kereta gantung, komedi putar, dan kereta api mini untuk menjelajahi pulau sambil menikmati pemandangan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Tenggarong dari ketinggian dengan naik ke Sky Tower yang menjulang tinggi hingga mencapai 750 desimeter!

Lokasi: Jalan K.H. Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Tenggarong, Kaltim., jam Operasional: 13.30 – 23.00, harga Tiket: Rp 7.000 Dewasa; Rp 5.000 anak-anak.

6. Penangkaran Buaya Samarinda

Tempat Wisata Penangkaran Buaya Makroman Samarinda merupakan destinasi yang menarik dan dapat meningkatkan adrenalin pengunjung. Dengan luas area sekitar 7 hektar, pengunjung dapat melihat dan berfoto dengan 3 jenis buaya yang dipelihara di Penangkaran Makroman: Buaya Siam, Buaya Muara, dan Buaya Sepit.

Lokasi: Jl. Penangkaran Buaya Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda, jam Operasional: 08.00-17.00, harga Tiket: Rp 15.000.

7. Samarinda Islamic Center

Salah satu tempat ibadah di Samarinda yang bisa dikunjungi oleh umat Islam adalah Masjid Islamic Center Samarinda. Desain arsitektur masjid ini terinspirasi oleh Hagia Sophia di Turki. Masjid ini memiliki menara utama tunggal yang tingginya mencapai 99 meter, mewakili jumlah Asmaul Husna, serta enam menara kecil yang melambangkan jumlah rukun iman.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Bandung Lengkap 2024

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.1, Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, jam Operasional: 24 Jam, harga Tiket: Gratis.

8. Tepian Mahakam

Sungai Mahakam melintasi sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda. Pada malam hari, pengunjung dapat menikmati jagung bakar sambil menikmati pemandangan sungai.

Di sepanjang tepian Mahakam, terdapat beberapa warung makan yang menawarkan berbagai hidangan untuk menikmati kuliner khas daerah. Lokasi: Jalan Gajah Mada, Bugis, Samarinda Kota, jam Operasional: 24 Jam, harga Tiket: Gratis.

9. Citra Niaga Samarinda

Citra Niaga merupakan taman wisata pertama yang dibangun oleh masyarakat di Kota Samarinda. Taman ini diakui dalam nominasi Arsitektur Aga Khan karena desainnya yang menggabungkan fungsi bangunan dan keindahan arsitektur.

Lokasi: Jl. Niaga Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, jam Operasional: 09.00 – 17.30, harga Tiket: Gratis.

10. Kampung Tenun Samarinda

Salah satu keunikan Kota Samarinda adalah kain tenun dengan motif kotak-kotak yang cantik. Jika ingin membeli oleh-oleh kain tenun ini, Anda bisa mengunjungi Kecamatan Samarinda Seberang. Di sana, selain dapat membeli kain, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih dilakukan secara tradisional dengan menggunakan alat tenun manual yang disebut Gedokan.

Lokasi: Jl. Panglima Bendahara Samarinda Seberang, Kalimantan Timur, Jam Operasional: 09.00 – 19.00, Harga Tiket: -.

Rekomendasi :

Scroll to Top