Rekomendasi Wisata Aceh Lengkap dengan Harga Masuk 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Masjid Baiturrahim Ulee Lheu rekomendasi wisata Aceh (Foto: acehprov.go.ig)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan memberikan informasi rekomendasi wisata Aceh 2024 lengkap dengan harga tiket dan jam operasionalnya. Langsung saja simak ulasan lengkap berikut.

1. Pulau Banyak

Pulau Banyak adalah destinasi wisata yang menarik dengan lokasi di Jalan Iskandar Muda No.4, Pulau Balai, Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh 24791. Harga tiket masuk berkisar mulai dari Rp15.000 hingga Rp350.000 per orang, dengan jam operasional selama 24 jam. Bersama dengan Rawa Singkil, Pulau Banyak merupakan salah satu destinasi wisata Aceh yang patut dikunjungi. Di destinasi wisata ini, Anda dan keluarga dapat menikmati keindahan panorama alam yang memukau dan menyejukkan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas menyelam dan berselancar di sana. Di samping itu, tersedia juga berbagai pilihan wisata kuliner khas Aceh yang dapat memanjakan lidah Anda. Keunikan lainnya dari Pulau Banyak adalah keberadaan ikan paus yang sering melintas di sekitar pulau, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk melihat langsung mamalia laut tersebut. Keberadaan ikan paus ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Si Kecil untuk melihatnya secara langsung.

2. Wisata Irigasi Beutong

Wisata Irigasi Beutong merupakan destinasi wisata selanjutnya yang terletak di Meunasah Teungoh, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh 23672. Destinasi wisata ini menawarkan suasana yang berbeda, bukan di gunung atau di pantai. Keindahan alamnya tak kalah menariknya dengan destinasi wisata alam lainnya di Aceh. Anda dan keluarga bisa melakukan kegiatan berkemah sambil menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang di wisata irigasi Beutong.

Baca Juga >>>  Destinasi Wisata Kupang dan Harga Tiketnya 2024

3. Anoi Itam

Anoi Itam, yang terletak di Sukajaya, Sabang, Aceh, menawarkan tiket masuk dengan harga Rp10.000, dan beroperasi selama 24 jam. Pantai Anoi Itam ini terkenal dengan pasir atau tanah hitamnya. Pasir pantai di sana memiliki berat jenis yang berbeda dari pasir pantai lainnya karena mengandung kadar nikel yang tinggi. Anda dan keluarga dapat menikmati pemandangan indah di pantai ini, dengan perpaduan warna hitam pasir dan batu kapur putih yang memberikan keindahan yang unik.

4. Pucok Krueng

Rekomendasi wisata Aceh berikutnya adalah Pucok Krueng, yang beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, dengan harga tiket Rp5.000. Pucok Krueng terletak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan kolam alami dengan air yang sangat jernih, di tengah hutan yang memberikan kesegaran udara. Tebing yang mengelilingi kolam memberikan perpaduan warna yang menakjubkan, dengan kombinasi biru laut, hijau hutan, dan cokelat tebing yang memikat.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Tulunganggung dan Harga Tiket 2024

5. Suaka Margasatwa Aceh

Suaka Margasatwa Aceh Singkil terletak di Raket, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh 24782. Harga tiket masuknya Rp5.000 per orang, dengan jam operasional selama 24 jam. Rawa Singkil, yang membentang seluas 82 hektar dari Kabupaten Singkil hingga Aceh Selatan, merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser.

Di sini, pengunjung dapat mengenal berbagai macam satwa yang dilindungi kepada Si Kecil, sambil memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kelestarian hewan-hewan tersebut. Singkil adalah rawa gambut yang menjadi cadangan air di wilayah Aceh. Sebagai spons yang menyerap air, saat musim kemarau, air dalam spons tersebut dapat dilepaskan.

7. Masjid Baiturrahim Ulee Lheu

Masjid Baiturrahim Ulee Lheu, yang berlokasi di Ulee Lheue, Meuraxa, Ulee Lheue, Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Aceh 23232, adalah salah satu destinasi religi yang penting untuk dikunjungi di Aceh, selain Masjid Baiturrahman. Meskipun Aceh dilanda oleh bencana tsunami pada tahun 2004, Masjid Baiturrahim Ulee Lheu tetap berdiri kokoh. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Kesultanan Aceh yang dibangun sekitar abad ke-17. Bagi Anda yang memiliki minat dalam wisata religi, berkunjung ke masjid ini bersama keluarga merupakan pengalaman yang berarti.

8. Pasar Tradisional Paya Ilang

Selanjutnya, Anda juga dapat menjelajahi pasar tradisional Paya Ilang, yang terletak di Blang Kolak II, Bebesen, Central Aceh Regency, Aceh 24471. Pasar tradisional ini memiliki jam operasional mulai dari pukul 06.00 hingga 17.30 WIB. Daerah ini terkenal sebagai penghasil kopi arabika Gayo terbaik, sehingga bagi Moms yang mencari kopi berkualitas, Paya Ilang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi HP Samsung Ram 6 Terbaik 2024

9. Taman Rusa

Taman Rusa, yang berlokasi di Lambirah, SukaMakmur, Aceh Besar, Aceh 23363, merupakan destinasi wisata yang cocok untuk rekreasi keluarga. Meskipun namanya adalah Taman Rusa, pengunjung tidak akan menemukan gerombolan rusa di sini. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana permainan anak yang seru.

10. Museum Tsunami

Museum Tsunami, yang terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, merupakan destinasi yang penting untuk dikunjungi di Aceh. Museum ini dibangun oleh Ridwan Kamil dan terdiri dari empat lantai. Di sini, Anda dan keluarga akan melihat foto-foto pasca-tsunami serta puing-puing bangunan sisa bencana tersebut.

Museum ini juga dirancang sebagai tempat evakuasi jika bencana serupa terjadi di masa depan. Ini merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan untuk memahami dampak dahsyatnya tsunami Aceh serta upaya-upaya evakuasi dan rekonstruksi pasca-bencana.

Rekomendasi :

Scroll to Top