Rekomendasi Wisata Bandung Barat dan Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Floating market lembang (Foto: Instagram @floating.market.lembang)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai rekomendasi wisata Bandung Barat, tempat yang masih bagian dari provinsi Jawa Barat. Menyimpan banyak sekali destinasi yang menarik untuk dikunjungi, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Taman Lembah Dewata

Jika Anda ingin menikmati keindahan danau, Anda dapat mengunjungi Taman Lembah Dewata, salah satu tempat wisata di Bandung Barat yang menawarkan kecantikan alam. Terletak di Bukit Ganesha Equestrian, Jl. Raya Tangkuban Parahu Km 3,7, Cibogo, Lembang. Di tempat ini, Anda dapat menikmati kehijauan bukit yang didekorasi dengan sebuah danau di tengahnya. Juga terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu yang menjorok ke tengah danau. Biaya tiket masuk: Rp10.000 per orang.

2. Floating Market Lembang

Tempat rekreasi di Bandung Barat yang menawarkan suasana alam pedesaan dengan konsep pasar terapung di atas danau memberikan pengalaman unik bagi pengunjung. Pengunjung dapat menikmati ragam makanan dan minuman khas Indonesia sambil menikmati panorama alam yang indah. Di tempat ini, tersedia beragam toko yang menjual makanan dan minuman khas Indonesia, serta berbagai barang kerajinan tangan dan suvenir.

Harga tiket masuk ke Floating Market Lembang bervariasi tergantung pada hari dan jam kunjungan. Tiket masuk pada hari biasa (Senin-Jumat) seharga Rp25.000 per orang, sementara pada akhir pekan atau hari libur (Sabtu-Minggu) seharga Rp35.000 per orang. Pada hari besar nasional dan libur sekolah, harga tiket masuknya menjadi Rp50.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk akses ke area pasar terapung dan beberapa wahana permainan.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Lumajang Terbaru 2024

Namun, beberapa wahana dan aktivitas di dalam tempat wisata ini memerlukan tiket tambahan, seperti naik perahu keliling pasar terapung seharga Rp25.000 per orang atau naik sepeda air seharga Rp20.000 per orang. Disarankan untuk memeriksa informasi terbaru langsung ke pihak Floating Market Lembang sebelum berkunjung karena harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Curung Cikahuripan

Dalam bahasa Sunda, Cikahuripan memiliki arti sebagai sumber kehidupan. Dan sungai Cikahuripan telah lama dipercaya memberikan manfaat yang besar bagi penduduk sekitarnya. Pesona yang ditampilkan oleh sungai ini tidak hanya ditentukan oleh airnya itu sendiri. Daya tarik dari tempat wisata di Bandung Barat ini terletak pada formasi batu-batu yang tersebar di sekitar sungai, serta dua tebing yang menjulang tinggi, mirip dengan Green Canyon.

Arus sungai Cikahuripan tidak terlalu deras dan kedalamannya mencapai sekitar empat meter. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menjelajahi sungai di antara tebing dan batu-batu. Biaya tiket masuk: Rp10.000 per orang, Rp5.000 untuk parkir motor, dan Rp20.000 untuk parkir mobil.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Kebumen Terbaru 2024

4. Bukit Gantole

Bukit Gantole dulunya dibangun untuk keperluan Porda Jabar 2010 dan PON 2016 cabang paralayang. Namun kini, selain untuk olahraga, bukit ini juga menjadi destinasi wisata populer di Bandung Barat. Pengunjung dapat menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih sambil menikmati pemandangan indah. Biaya tiket masuk: Rp5.000 per orang.

5. Benteng Pasir Ipis

Bagi yang tertarik dengan sejarah, Benteng Pasir Ipis bisa menjadi pilihan tempat wisata di Bandung Barat. Terletak di Kampung Pasir Ipis, Rt 05/06, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, benteng peninggalan Belanda ini membentang hampir mencapai 1 km. Benteng tua ini telah tumbuh lumut, memberikan kesan artistik yang kuat. Biaya tiket masuk: Rp10.000 per orang.

6. Hutan Pinus Pal 16

Pal 16 adalah area hutan pinus yang tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu. Di tempat ini, pengunjung dapat bersantai menikmati udara segar dan aromatik pinus. Fasilitas di Hutan Pinus Pal 16 cukup lengkap, mulai dari ayunan hingga tempat untuk memasang hammock. Biaya tiket masuk: Rp5.000 per orang.

7. Air Panas Nagrak

Air Panas Nagrak adalah sumber air panas yang berasal dari Gunung Tangkuban Parahu. Kolam air panas di Nagrak terletak di tepi sungai, mengundang pengunjung untuk berendam dan bersantai. Biaya tiket masuk: Rp5.000 per orang.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Bandung? Ini Jawaban dan Ulasan Lengkapnya

8. Puncak Eurad

Puncak Eurad atau Puncak Eurad Pingping menawarkan pemandangan alam perbukitan dengan kebun teh di sekitarnya. Selain menjadi tempat berfoto yang populer, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, hiking, atau camping. Biaya tiket masuk: Rp5.000 per orang.

9. Curug Ngebul

Curug Ngebul menawarkan pemandangan air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter. Tempat ini masih dikelola secara tradisional oleh warga sekitar. Biaya tiket masuk: Rp10.000 per orang.

10. Orchid Forest Bandung

Orchid Forest Cikole Bandung adalah tempat yang memperkenalkan dan membudidayakan berbagai jenis anggrek. Selain anggrek, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pohon pinus dan udara segar. Biaya tiket masuk: Rp25.000 per orang, Rp5.000 untuk parkir motor, Rp10.000 untuk parkir mobil, dan Rp30.000 untuk parkir bus.

11. Paku Haji Cimahi

Paku Haji Cimahi menawarkan berbagai wahana menarik di tengah suasana alam yang indah. Tempat ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Biaya tiket masuk: Rp2.000 per orang, mulai dari Rp10.000 per orang untuk wahana, Rp2.000 untuk parkir mobil, dan Rp1.000 untuk parkir motor.

Rekomendasi :

Scroll to Top