Rekomendasi Wisata Bantul Yogyakarta dan Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Hutan Pinus Pengger Bantul (Foto: Traveloka)

Arenarakyat.com – Ulasan informasi kami kali ini adalah rekomendasi wisata Bantul 2024 salah satu Kabupaten yang berada di wilayah administratif Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentunya menyimpan banyak sekali destinasi menarik untuk dikunjungi, langsung saja simak ulasan lengkap berikut.

1. Air Terjun Pulosari

Curug Pulosari adalah salah satu tujuan wisata di Bantul yang menghadirkan keindahan alam yang menyegarkan. Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan udara segar yang dapat dihirup, tempat ini menawarkan air terjun yang jernih, memastikan pengunjungnya dapat bersantai sambil mendengarkan gemericik air dan nyanyian burung di lingkungan alami.

Untuk mencapai destinasi wisata ini dari kota Yogyakarta, Anda perlu menghabiskan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan sepeda motor. Terletak di Krebet, Sendangsari, pengunjung dapat menikmati bermain air dan berenang di area wisata yang indah ini.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Ingin mengetahui atraksi wisata yang unik di Kawasan Asia Tenggara? Gumuk Pasir Parangkusumo adalah jawabannya. Gumuk pasir ini merupakan bukit pasir yang terbentuk akibat penumpukan pasir oleh angin, berfungsi sebagai penghalang abrasi pantai.

Di Gumuk Pasir Parangkusumo, Anda juga bisa menikmati olahraga seru seperti snowboarding, yang merupakan satu-satunya di kawasan ini. Hanya dengan biaya sekitar 70 ribu rupiah, Anda sudah bisa mencoba pengalaman menarik ini. Harganya cukup terjangkau, bukan?

Tidak hanya itu, tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto. Oleh karena itu, Gumuk Pasir Parangkusumo sering digunakan sebagai lokasi pemotretan prewedding atau pembuatan video klip.

3. Hutan Pinus Pengger

Terdapat banyak destinasi wisata hutan pinus di Indonesia, salah satunya dapat ditemukan di Bantul, tepatnya di Kecamatan Dlingo, Desa Terong, Kabupaten Bantul. Daya tarik utama dari objek wisata di Bantul ini tidak hanya panorama alami hutan pinusnya, tetapi juga berbagai spot foto yang menarik untuk diabadikan di media sosial.

Baca Juga >>>  Menarik Dikunjungi! Ini Rekomendasi Wisata Karanganyar 2024

Jika Anda mengunjungi destinasi wisata ini pada sore menjelang malam, Anda juga dapat menikmati keindahan panorama kota Bantul yang dipercantik oleh lampu-lampu yang bersinar dari ketinggian. Suasana tersebut tentu akan membawa kesan romantis bagi pengunjungnya.

4. Seribu Batu Songgo Langit

Masih di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, selain Puncak Becici dan hutan pinusnya, terdapat juga Seribu Batu Songgo Langit. Sungguh sayang jika tidak mencoba berkunjung ke sini.

Atraksi wisata ini menawarkan spot-spot foto yang sangat menarik, yang sulit untuk ditemukan di tempat lain. Terdapat rumah-rumah kayu dengan atap segitiga yang cantik dan sangat cocok untuk diabadikan di media sosial. Selain itu, ada juga kendang kelinci di mana pengunjung dapat memberi makan kelinci-kelinci tersebut.

Ketika mengunjungi tempat ini, disarankan untuk menggunakan sepatu dan pakaian yang nyaman karena lokasinya berbukit-bukit. Penting untuk berhati-hati saat menjelajahi area ini.

6. Bukit Panguk Kediwung

Destinasi wisata di Bantul berikutnya yang direkomendasikan juga cocok bagi mereka yang mencari spot-spot instagramable di Bantul. Dengan latar belakang pegunungan, hutan, dan bukit-bukit, pengalaman berwisata di daerah Bantul akan semakin lengkap di Bukit Panguk Kediwung.

Beberapa spot foto di tempat wisata Bantul ini memerlukan pembayaran, jadi pastikan untuk menyiapkan budget sebelum mengunjungi destinasi ini. Sebagian besar spot foto menghadap ke tebing yang langsung berhadapan dengan hutan. Bukit Penguk Kediwung terletak di Dusun Kediwung yang dekat dengan wisata kebun buah Mangunan. Waktu yang paling disukai untuk mengunjungi destinasi tempat wisata di Bantul ini adalah di pagi hari saat matahari terbit.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Pulau Lembata 2024

7. Celosia Resoinangun Garden

Masih belum lengkap juga berwisata tanpa mengunjungi taman bunga, kan? Bantul memiliki taman bunga lain yang sangat indah. Taman Bunga Celocia Resoinangun Garden, Bantul, menampilkan berbagai warna keindahan bunga Celocia dengan latar belakang kincir besar.

Terletak di daerah Srigading, Sandel, khususnya di Desa Malangan, destinasi wisata di Bantul ini sangat populer dengan spot foto yang instagramable. Untuk mencapai tempat ini, kamu perlu menempuh sekitar 25 km ke arah Pantai Samas dengan waktu perjalanan sekitar satu jam.

8. Pantai Parangtritis

Berada di pantai selatan, Pantai Parangtritis tetap menjadi tujuan wisata yang populer dan abadi. Meskipun telah berpuluh-puluh tahun, Pantai Parangtritis tetap menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Perjalanan ke Jogja dianggap belum lengkap tanpa mengunjungi pantai ini.

Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang halus dan ombaknya yang kadang-kadang ramah. Selain itu, fasilitas di sini juga lengkap. Terdapat fasilitas seperti mushola, tempat parkir, penjual makanan ringan, dan makanan laut. Bahkan, beberapa resor juga telah dibangun di sekitar pantai ini.

Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk bermain layang-layang, naik andong, atau mengendarai ATV. Pantai Parangtritis selalu ramai dengan aktivitas dan pengunjung, seolah tidak pernah sepi.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Kupang, Beserta Harga Tiketnya

9. Puncak Becici

Salah satu momen yang sering dinantikan oleh para traveler adalah saat matahari terbit atau terbenam. Puncak Becici menjadi tempat yang ideal untuk menikmati kedua momen tersebut. Terletak di ketinggian, untuk mencapainya, Anda harus melalui hutan pinus terlebih dahulu.

Puncak Becici terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, dan dapat dicapai dalam perjalanan sekitar 40-50 menit dari pusat kota Jogja. Biaya tiket masuknya pun terjangkau, hanya 10 ribu rupiah per orang.

Di sini, terdapat banyak spot cantik dan unik yang cocok untuk berfoto. Selain itu, pemandangannya sangat indah dan suasana di sana tenang. Bagi Anda yang mencari pengalaman baru, Puncak Becici adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

10. Goa Cerme

Ingin menjelajahi destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga nilai sejarah dan edukasi? Yuk, kunjungi Goa Cerme. Terletak di Kabupaten Bantul, tempat ini menawarkan pengalaman menelusuri goa yang terbentuk oleh fenomena alam.

Di dalam goa, Anda akan menemukan berbagai ruangan dan bahkan kolam. Pemandangan ini pasti akan memukau Anda. Harga tiket masuknya terjangkau, hanya Rp5.000 per orang. Jika Anda ingin menggunakan pemandu, cukup tambahkan Rp35.000.

Selain mendapatkan pengetahuan yang menarik, Anda juga akan merasakan kegembiraan yang luar biasa. Goa Cerme buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Jadi, jangan lupa untuk menyertakan Goa Cerme dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Rekomendasi :

Scroll to Top