Rekomendasi Wisata Cirebon Beserta Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Keraton Kasepuhan salah satu rekomendasi wisata Cirebon (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Ulasan informasi kali ini adalah megenai rekomendasi wisata Cirebon salah satu kota di utara Jawa Barat menyimpan banyak destinasi tersembunyi. Langsung saja simak ulasan lengkap yang akan kami berikan berikut.

1. Situ Sedong

Waduk ini adalah sisa peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dibangun pada tahun 1918. Tetap sejuk, tempat ini menyuguhkan panorama alam Gunung Ciremai. Anda dapat mengelilingi waduk dengan menggunakan sepeda bebek air. Lokasi: Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp5 ribu.

2. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Setelah mengalami masa diabaikan, Taman Ade Irma Suryani (TAIS) telah diubah menjadi taman air yang dikenal sebagai Cirebon Waterland. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Selain memiliki kolam renang, pengunjung juga akan menemukan banyak spot menarik, seperti pondok ikonik dan restoran bergaya kapal laut. Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp50 ribu pada hari kerja dan Rp65 ribu pada akhir pekan.

3. Banyu Panas Palimanan

Masih membahas tentang objek wisata air, sekarang kita akan menuju ke Banyu Panas Palimanan. Di tempat ini, terdapat mata air panas yang diyakini dapat meredakan kelelahan. Lokasinya sangat indah dan menenangkan. Banyu Panas Palimanan buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Alamat: Jalan Raya, Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp7 ribu.

Baca Juga >>>  Harus Tahu! Ini Daftar Band Metal Polandia Paling Terkenal

4. Bukit Gronggong

Nikmati keindahan pemandangan Cirebon dari atas bukit Gronggong. Bukit yang berlokasi memberikan nuansa romantis, terutama saat senja. Gak perlu khawatir kelaparan, karena tersedia warung kaki lima hingga restoran di sini. Alamat: Patapan, Kec. Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratHTM: Rp2 ribu.

5. Taman Sari Goa Sunyaragi

Destinasi wisata berikutnya di Cirebon adalah situs cagar alam seluas 15 hektar di daerah Sunyaragi, Kesambi. Pada masa lampau, kompleks candi ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan meditasi oleh para sultan Cirebon. Karena itu, tidak mengherankan jika terdapat banyak terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air di sana.

Selain menjadi tempat wisata, kadang-kadang tempat ini juga dipergunakan sebagai lokasi acara kebudayaan. Untuk mendampingi perjalanan Anda di sana, tersedia juga layanan pemandu wisata dengan harga Rp40-50 ribu. Alamat: Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

6. Hutan Kera Plangon

Area hutan seluas 48 hektar ini merupakan salah satu tujuan wisata bersejarah. Selain menjadi habitat bagi monyet atau kera, pengunjung juga dapat mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan. Itulah mengapa tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah setiap 2 Syawal. Alamat: Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp3 ribu.

Baca Juga >>>  Sayang Dilewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Tasikmalaya 2024

7. Telaga Niren

Telaga Nilem atau yang dikenal juga sebagai Telaga Biru Cicerem kini menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah populer di Instagram. Airnya sangat jernih, suasana di sekitarnya begitu sejuk, dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Salah satu daya tarik utamanya adalah keberadaan puluhan ikan mas yang siap untuk diabadikan dalam foto. Alamat: Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp5 ribu.

8. Telaga Remis

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan tempat ini, bukan? Menyajikan keindahan alam yang segar, memukau, dan hijau. Tak mengherankan jika tempat ini selalu ramai dan menjadi tujuan populer bagi para fotografer. Alamat: Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp10 ribu.

9. Pantai Kejawanan

Di sana terdapat Pantai Kejawanan yang memiliki latar belakang Gunung Ciremai. Letaknya tidak terlalu jauh dari Cirebon Waterland. Kamu tidak akan kekurangan spot foto yang menarik dan cocok untuk diunggah di Instagram. Selain itu, tersedia juga beberapa hiburan menarik seperti menyewa perahu nelayan untuk menjelajahi sepanjang pantai. Alamat: Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp6 ribu.

Baca Juga >>>  Wajib Kunjungi! Rekomendasi Wisata Salatiga Terbaru 2024

10. Batu Lawang

Sesuai dengan namanya, tujuan wisata Batu Lawang menonjolkan spot batu raksasa sebagai daya tarik utamanya. Batu tersebut memiliki ketinggian mencapai 50 meter dan sering digunakan sebagai latar belakang foto oleh para wisatawan. Jika pandai dalam mengambil pose, hasil foto yang kamu dapatkan pasti akan sangat estetik. Alamat: Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp7 ribu.

11. Pantai Baro Gebang

Sejak tahun 2003, Pantai Baro Gebang telah diubah menjadi pelabuhan. Namun, banyak wisatawan yang masih memanfaatkan tempat ini untuk bersantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam dari tepi pantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi pantai yang indah ini.

Alamat: Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: gratis, namun pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

12. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan adalah tujuan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Dulu, tempat ini merupakan pusat pemerintahan Cirebon. Keraton Kasepuhan juga merupakan perpaduan dari agama Islam, Buddha, dan Hindu, serta unsur budaya Jawa, Tiongkok, dan Eropa. Alamat: Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk: Rp20 ribu.

Rekomendasi :

Scroll to Top