Rekomendasi Wisata Gunung Kidul dengan Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Gua Pindul (Foto: trivadpisor.co.id)

Arenarakyat.com – Ulasan informasi saat ini adalah beberapa rekomendasi wisata Gunung Kidul, salah satu tempat di Yogjakarta yang menyimpan banyak keindahan. Langsung saja simak ulasan dari kami berikut.

1. Gua Pindul

Gua Pindul terkenal dengan kegiatan cave tubing-nya, di mana pengunjung menyusuri gua menggunakan ban yang mengapung di atas sungai. Namun, saat pagi hingga siang hari, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pancaran cahaya matahari yang masuk ke dalam gua, mirip dengan yang terlihat di Gua Jomblang. Saat menaiki ban yang mengapung di atas air, pengunjung akan mengalami sensasi yang menakjubkan melihat cahaya yang memancar dari dalam gua.

Satu perjalanan cave tubing dapat diikuti oleh 4 hingga 5 orang, menambah keseruan petualangan tersebut. Gua Pindul di Gunung Kidul buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Biaya masuk berkisar antara Rp40.000 hingga Rp50.000. Lokasinya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

2. Gua Jomblang

Salah satu destinasi pertama di Wisata Gunung Kidul adalah Gua Jomblang, yang terkenal dengan pemandangan cantik dan eksotisnya. Gua Jomblang sering disebut sebagai “cahaya surga” oleh pengunjung karena adanya spot di dalam gua yang disinari oleh cahaya matahari yang masuk melalui celah, menciptakan pemandangan yang sangat dramatis.

Untuk menikmati pemandangan ini, pengunjung harus turun ke dalam gua hingga kedalaman 60 – 80 meter. Karena memasuki gua ini memerlukan pemandu dan perlengkapan khusus, biaya yang diperlukan pun cukup tinggi. Untuk mengunjungi wisata Gunung Kidul ini, reservasi terlebih dahulu diperlukan karena jumlah pengunjung per hari dibatasi oleh pengelola. Biaya masuk berkisar antara Rp450.000 hingga Rp1.000.000 per orang. Lokasinya berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Jember dan Harga Tiket 2024

3. Air Terjun Kedung Kandang

Salah satu destinasi utama di Wisata Gunung Kidul adalah Gua Jomblang, yang terkenal dengan keindahan dan eksotisnya. Gua Jomblang sering disebut sebagai “cahaya surgawi” oleh pengunjung karena adanya area di dalam gua yang disinari oleh cahaya matahari yang masuk melalui celah, menciptakan pemandangan yang sangat dramatis.

Untuk menikmati pemandangan ini, pengunjung harus menuruni gua hingga kedalaman 60 – 80 meter. Karena perjalanan masuk ke gua ini membutuhkan pemandu dan peralatan khusus, biaya yang diperlukan juga cukup tinggi. Untuk mengunjungi wisata Gunung Kidul ini, reservasi terlebih dahulu sangat penting karena jumlah pengunjung per hari dibatasi oleh pengelola. Biaya masuk berkisar antara Rp450.000 hingga Rp1.000.000 per orang.

Lokasinya terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun populer lainnya di daftar destinasi wisata Gunung Kidul adalah Air Terjun Sri Gethuk. Keindahan wisata air terjun ini terletak pada pemandangan eksotisnya, dimana bebatuan di bawah air terjun ini memiliki warna kecokelatan yang kontras dengan hijaunya pepohonan di sekitarnya. Yang menarik, meski musim kemarau, aliran air di sini tetap deras.

Baca Juga >>>  Destinasi Wisata Kupang dan Harga Tiketnya 2024

Dengan demikian, pengunjung bisa mengunjunginya kapan saja. Namun, saat musim hujan, perlu diingat bahwa kolam di bawah Air Terjun Kedung Kandang dapat mencapai kedalaman hingga 5 meter. Tiket masuk berkisar antara Rp10.000 hingga Rp15.000. Lokasinya berada di Mungguran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

5. Pantai Gesing

Berikutnya, terdapat Pantai Gesing yang menawarkan banyak daya tarik menarik untuk kegiatan berfoto. Destinasi pantai ini menampilkan pemandangan laut yang sangat menakjubkan serta formasi bebatuan yang memukau.

Tak hanya itu, terdapat juga banyak spot foto modern yang bisa dikunjungi oleh pengunjung. Seperti spot perahu, lantai kaca, dan lainnya. Saat berfoto di sini, pengunjung perlu berhati-hati dengan ombaknya yang cukup besar. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam.

Tiket masuknya dibanderol seharga Rp10.000. Pantai Gesing berlokasi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.

6. Gunung Ireng Patuk

Bagi pecinta pemandangan sunset dan sunrise, jangan lewatkan Gunung Ireng Patuk. Destinasi wisata Gunung Kidul ini menampilkan panorama matahari terbenam dan terbit yang sangat menakjubkan.

Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan seperti di negeri awan. Salah satu spot favorit di Gunung Kidul ini adalah rumah gubuk yang dibuat dari bambu dan kayu. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp5.000. Gunung Ireng Patuk berlokasi di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862.

Baca Juga >>>  Banyak Pantai! Ini Rekomendasi Wista Tarakan 2024

7. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang merupakan destinasi selanjutnya di Gunung Kidul yang patut dikunjungi. Berbeda dengan dua air terjun sebelumnya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat eksotis.

Air terjunnya dikelilingi oleh batu-batuan dan tebing besar yang menambah pesona alamnya. Meskipun diapit oleh batu dan tebing, air yang mengalir di sini memiliki warna biru yang bening, menciptakan pemandangan yang sangat menarik dan cocok untuk diabadikan dalam foto.

Pengunjung dapat berfoto di depan air terjun atau bahkan berenang di kolam yang kedalamannya kurang lebih 1 meter. Lokasinya berada di Jalan Juminahan, Kayen, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863.

8. Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari sedang menjadi tujuan populer di kalangan wisatawan muda karena menjadi spot foto yang trendi di Instagram. Tempat wisata ini, yang terletak di Gunung Kidul, menampilkan panorama bunga matahari yang spektakuler. Karena pemandangan utamanya adalah bunga matahari.

Disarankan untuk datang sebelum pukul 09.00 pagi agar bisa menikmati momen ketika bunga matahari menghadap langsung matahari. Biaya masuknya sebesar Rp6.000. Taman Bunga Nawari berlokasi di Grogol I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

Rekomendasi :

Scroll to Top