Rekomendasi Wisata Jember dan Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pantari Payangan Jember (Foto: Tripadvisor)

Arenarakyat.com – Dalam informasi ini kami akan mengulas rekomendasi wisata jember, salah satu kota di pesisir pantai selatan Jawa Timur yang menyimpan banyak destinasi. Langsung saja simak ulasan lengkap dengan harga tiket terbaru 2024 berikut.

1. Pantai Puger

Pantai Puger, selain terkenal dengan hasil tangkapannya, juga memiliki pesona alam yang memikat. Namun, penting untuk diingat bahwa ombak di Pantai Puger cukup tinggi, sehingga pengunjung perlu berhati-hati dan tidak terlalu terpukau oleh keindahannya. Di pagi hari, kapal-kapal nelayan terlihat di kejauhan sedang kembali ke darat, sementara ketika senja menjelang, mereka melawan gelombang untuk pulang.

Untuk mencapai Pantai Puger, dari alun-alun kecamatan, belok kanan setelah melewati jembatan, lalu ikuti petunjuk arah dan teruslah mengikuti jalan. Lokasinya berada di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, dengan jam operasional dari pukul 07.00 hingga 17.00, dengan harga tiket sebesar Rp10.000.

2. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo, yang artinya batu ular dalam bahasa Jawa, terkenal karena formasi batu panjang yang menjorok ke pantai menyerupai tubuh ular. Legenda mengatakan bahwa batu-batu tersebut dulunya adalah bagian dari ular raksasa. Lokasinya di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, buka 24 jam dengan harga tiket parkir sebesar Rp5.000.

3. Pantai Payangan

Pantai Payangan, tidak jauh dari Pantai Watu Ulo, juga menawarkan keindahan yang luar biasa. Dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, pantai ini sangat cocok untuk berfoto Instagram. Pengunjung seringkali sengaja datang pada waktu tertentu untuk menikmati matahari terbit dan terbenam yang memukau di pantai ini. Untuk mencapainya, dari Ambulu, teruslah ke arah selatan mengikuti rute menuju Pantai Watu Ulo. Lokasinya sama dengan Pantai Watu Ulo, buka 24 jam dengan harga tiket parkir Rp5.000.

Baca Juga >>>  Jangan Lewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Jambi 2024

4. Pantai Papuma

Pantai Pasir Putih Malikan atau lebih dikenal sebagai Papuma adalah destinasi wisata Jember yang wajib dikunjungi. Keindahan pantainya terletak pada batu karang di perairan yang berpadu dengan birunya laut dan deburan ombak. Lokasinya di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, buka 24 jam dengan harga tiket sebesar Rp17.000.

5. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Meskipun cantik, pantai ini tidak begitu ramai karena akses jalan yang sulit. Namun, bagi pecinta tantangan, keeksotisan pantai ini tidak akan mengecewakan. Terutama bagi penggemar bodysurfing, pantai ini adalah tempat yang ideal.

Untuk mencapainya dari arah Talangsari, ikuti jalan ke arah Tempurejo hingga mencapai Desa Andongrejo. Saat tiba di persimpangan, pilihlah jalan lurus menuju pantai, karena berbelok ke kiri akan membawa Anda ke Teluk Meru. Lokasinya di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, buka 24 jam, tanpa informasi harga tiket.

6. Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong adalah titik paling ujung dari Kabupaten Jember, tetapi administratifnya masih termasuk dalam Kecamatan Puger. Pulau ini diatur sebagai cagar budaya oleh pemerintah pusat. Ekosistem hutan di sini terdiri dari hutan bakau, hutan pantai, dan hutan dataran rendah, serta menjadi habitat bagi berbagai flora dan fauna seperti pandan laut, ketapang, lutung, dan lainnya. Akses ke pulau ini bisa melalui Pantai Getem atau Pantai Puger dengan menyewa kapal. Lokasinya di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, buka 24 jam dengan biaya sewa kapal Rp1.500.000 untuk delapan orang.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Sulawesi Tenggara Terbaru 2024

7. Taman Edukasi Botani

Taman Edukasi Botani, dibuka tahun 2007, merupakan tempat wisata keluarga yang menarik dengan koleksi tumbuhan dari seluruh Nusantara. Selain itu, taman ini dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo, kolam renang, tempat makan, hingga lapangan futsal mini. Terletak di Jalan Mujahir, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, taman ini buka setiap hari pukul 07.00-16.00 dengan harga tiket Rp7.000.

8. Taman Nasional Meru Beriti

Taman Nasional Meru Betiri merupakan taman nasional yang membentang dari Jember hingga Banyuwangi. Tempat ini adalah habitat penyu hijau, penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu ridel, serta memiliki koleksi tanaman eksotis langka. Lokasinya di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, buka pukul 08.00-17.00 dengan harga tiket Rp2.000 (WNI) dan Rp150.000 (WNA).

9. Taman Galaxy

Taman Galaxy sering dikunjungi oleh rombongan anak sekolah. Terletak di Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, taman ini memiliki bukit-bukit hijau kecil dan koleksi hewan yang membuatnya seperti kebun binatang mini. Jam operasionalnya adalah 08.00-17.00 dengan harga tiket Rp10.000.

10. Bukit SJ 88

Bukit SJ 88 baru-baru ini menjadi populer di kalangan banyak orang. Mungkin saja tanpa bantuan media sosial, bukit ini tidak akan sebanyak sekarang dikunjungi. Namun, jauh dari itu, pesona Bukit SJ 88 sungguh menakjubkan—bahkan sering disebut sebagai bukit di atas awan. Bagi yang pernah mengunjungi Tebing Keraton di Bandung, mungkin akan merasakan sensasi yang hampir serupa ketika berada di sini. Di puncak yang tinggi ini, Anda dapat menikmati pemandangan kota yang lebih luas. Dari pusat kota, ikutilah rute menuju arah Bondowoso. Setelah melewati kawasan Jelbuk, tepat setelah jalan turunan, akan terlihat jalan masuk di sebelah kiri yang dikelilingi oleh hutan. Ikuti jalan tersebut dan teruslah menanjak hingga mencapai area parkir. Dari situ, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki bebatuan. Lokasinya berada di Desa Sucokpangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, buka dari pukul 05.00 hingga 16.00 dengan harga tiket parkir sebesar Rp5.000.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Bima Terbaru 2024

11. Museum Perpustakaan Tembakau

Museum dan Perpustakaan Tembakau menyajikan berbagai koleksi foto, literatur, serta peralatan yang terkait dengan tembakau. Di sini Anda dapat menemukan mesin pencacah, mesin pemotong, bahkan miniatur bangunan dengan atap jerami yang digunakan untuk mengeringkan tembakau baru dipanen. Sebagai sebuah museum yang memberikan informasi, Anda dapat memperoleh pengetahuan mendalam tentang tembakau, mulai dari sejarahnya hingga berbagai penggunaannya. Selain digunakan sebagai rokok, ternyata tembakau juga dijadikan bahan untuk parfum, pupuk, pestisida, dan lain sebagainya. Jika Anda datang dari arah gedung DPR, beloklah ke kiri menuju Jalan Kalimantan. Ikuti jalan tersebut hingga melintasi bundaran kecil di tengah perempatan. Museum Tembakau akan terletak di sebelah kanan jalan, berada di tikungan perempatan, di sebelah gedung pengadilan. Lokasinya tepat di Jalan Kalimantan nomor 1, Jember. Museum ini buka pada hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 09.00 hingga 17.00, tanpa informasi tentang harga tiket.

Rekomendasi :

Scroll to Top