Rekomendasi Wisata Jepara dan Harga Tiketnya 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pulau Karimunjawa salah satu rekomendasi wisata Jepara (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Kami akan membagikan informasi rekomendasi wisata Jepara 2024 yang menarik untuk dikunjungi, langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Jepara. Pulau ini masih jarang dikunjungi, sehingga suasananya sangat tenang seperti memiliki pulau pribadi. Di sana, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berkemah, bersepeda, dan snorkeling.

Tempat wisata ini terletak di Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Biaya masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 saja untuk menikmati keindahan laut biru dan ketenangan pulau ini. Selain itu, biaya penyeberangan perahu pulang-pergi untuk wisata bahari sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000.

2. Taman Nasional Karimunjawa

Ketika berada di Jepara, jangan lewatkan untuk mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa. Tempat ini sudah terkenal akan keindahan alamnya serta menyediakan beragam spot menarik. Di sana, selain dapat menikmati pemandangan alam yang memukau, pengunjung juga dapat melihat berbagai biota laut dan mengunjungi penangkaran hiu.

Selain itu, tersedia berbagai pantai yang dapat dikunjungi serta kesempatan untuk menjelajahi kuliner lokal. Taman Nasional Karimunjawa terletak di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung hanya perlu membayar biaya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 7.500 saja.

3. Air Terjun Jurang Nganten

Jepara menawarkan sejumlah tempat wisata yang dapat memberikan ketenangan pikiran, salah satunya adalah Air Terjun Jurang Nganten. Meskipun memiliki medan yang agak terjal, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapainya. Tempat ini masih relatif sepi dari keramaian pengunjung, sehingga kamu bisa merasakan suasana yang tenang di sana.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Tuban 2024

Selain itu, suasana sejuk dan nyaman dihiasi dengan gemercik air serta pepohonan yang lebat. Air Terjun Jurang Nganten terletak di Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk menikmati keindahannya, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang.

4. Pantai Punuk Sapi

Saat berada di Jepara, kamu pasti tidak boleh melewatkan kunjungan ke Pantai Punuk Sapi. Di sana, kamu akan menemukan pantai dengan pasir berwarna hitam yang unik. Tidak hanya itu, pantai ini juga dilengkapi dengan hammock dan ayunan yang dapat digunakan untuk bersantai atau mengambil foto-foto dari ketinggian.

Tempat wisata ini terletak di Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk mengunjungi Pantai Punuk Sapi, kamu tidak perlu membayar tiket masuk karena tidak ada biaya yang dikenakan.

5. Pantai Benteng Portugis

Jepara memiliki beberapa pantai yang sangat menawan, salah satunya adalah Pantai Benteng Portugis. Dengan tepi pantai yang dihiasi batu-batu dan tebing, pantai ini memiliki pesona yang unik. Banyak kegiatan yang bisa dinikmati oleh pengunjung ketika mengunjungi tempat wisata ini, seperti berenang dan memancing.

Lokasi pantai ini berada di Jalan Benteng Portugis – Tayu KM 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk, pengunjung perlu menyediakan sekitar Rp. 2000-10.000. Pantai ini buka mulai pukul 07.00 hingga 20.00.

Baca Juga >>>  Sayang Dilewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Tasikmalaya 2024

6. Air Terjun Setatah

Jika Anda menikmati suasana yang sejuk dan alami, Anda harus mengunjungi Air Terjun Setatah. Di sana, Anda dapat menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan dan area persawahan. Air Terjun Setatah terletak di Cicabe, Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Tidak ada biaya masuk untuk memasuki tempat wisata ini, yang perlu Anda bayarkan hanya biaya parkir sebesar Rp. 5.000 – 10.000 saja. Tempat ini buka dari pukul 08.00 hingga 18.00.

7. Goa Tritip

Goa Tritip dulunya digunakan sebagai tempat pertapaan oleh Mbah Joyo Kusumo, tetapi sekarang telah sepenuhnya dikelola oleh masyarakat sekitar dan dijadikan tempat wisata. Ada banyak spot di Goa Tritip yang cocok untuk berfoto. Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke tempat ini adalah sebelum petang.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Uluwatu, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp. 5000 saja untuk menikmati keindahan Goa Tritip. Jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 18.00.

8. Hutan Wisata Sreni

Salah satu destinasi wisata yang populer di Jepara adalah Hutan Wisata Sreni yang banyak diminati oleh wisatawan. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan hutan pinus yang sejuk. Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan, seperti berfoto dan berkemah, yang akan membuat liburanmu lebih menyenangkan.

Baca Juga >>>  Tak Banyak yang Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Gresik 2024

Hutan Wisata Sreni terletak di Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5000. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 07.00 hingga 18.00.

9. Pantai Pungkruk

Jika ingin menikmati pantai sekaligus kuliner lezat, cobalah berkunjung ke Pantai Pungkruk. Tempat ini adalah destinasi kuliner terbesar dengan pemandangan laut yang sangat populer di antara para wisatawan. Berbagai macam menu tersedia, mulai dari hidangan laut hingga makanan khas daerah Jepara.

Pantai Pungkruk terletak di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tiket masuknya terjangkau, hanya Rp. 5000, sehingga kamu bisa menikmati keindahan Pantai Pungkruk tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

10. Museum R.A Kartini

Saat mengunjungi Jepara, Anda bisa singgah ke museum R.A Kartini. Di sini, Anda dapat mengenang jasa pahlawan yang memperjuangkan hak-hak perempuan. R.A Kartini berasal dari Jepara, sehingga kota ini dijuluki sebagai “Bumi Kartini”. Selain itu, Anda dapat melihat berbagai koleksi benda kuno yang terawat dengan baik.

Museum R.A Kartini berlokasi di Desa Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di Alun-alun No.1, Jepara, sebelah utara Pendopo Kabupaten Jepara. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp. 1.000 – 1.500. Museum ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

Scroll to Top