Rekomendasi Wisata Kebumen Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pantai Karang Bolong Kebumen (Foto: Wikimedia.org)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan memberikan informasi rekomendasi wisata kebumen terbaru 2024, sangat cocok untuk referensi dikunjungi ketika liburan. Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tenggah, langsung saja simak ulasan lengkpanya berikut.

1. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang di Kebumen merupakan destinasi wisata yang unik. Terletak di perbatasan Kebumen dan Wonosobo, waduk ini menawarkan udara sejuk dan pemandangan alam pegunungan yang memukau. Tempat ini sangat cocok untuk rekreasi, baik bagi anak muda maupun keluarga. Keunikan lainnya adalah sebagian wilayah genangan airnya berada di Wonosobo, meskipun Sungai Bedegolan menjadi sumber utamanya.

2. Pantai Ayah

Pantai Logending, yang juga dikenal sebagai Pantai Ayah, terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Jaraknya sekitar 53 kilometer dari pusat kota Kebumen dan sekitar 8 kilometer dari Goa Jatijajar.

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti di Kebumen menawarkan gabungan pasir putih yang bersih dengan keindahan samudera yang biru, dikelilingi oleh bukit hijau dan tebing alam yang tinggi. Terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Kecamatan Gombong dan dapat dicapai dengan kendaraan bermotor.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Semarang? Ini Penjelasan dan Jawaban Lengkapnya

4. Pantai Petanahan

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Kebumen, di sini pengunjung dapat menikmati deburan ombak dan menatap luasnya lautan selatan yang tampak tak berujung. Hal ini menjadi salah satu alasan utama kepuasan pengunjung yang datang ke sini. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai di tepi pantai yang dikelilingi oleh pepohonan cemara dan pandan. Konon, tempat ini memiliki mitos tersendiri.

5. Taman Reptil Adiluhur Adimulya

Terletak di Jalan Kaleng 11 Adiluhur Adimulyo Kebumen, Jawa Tengah, ini adalah sebuah taman reptil yang menyediakan berbagai fasilitas. Pengunjung dapat memperoleh berbagai informasi tentang reptil di sini. Awalnya dimulai dari hobi memelihara reptil seperti ular, biawak, kura-kura, dan beberapa jenis binatang lainnya, Ambar Sutoyo, pemiliknya, akhirnya membuka Taman Reptil Adiluhur (TARA).

6. Geowisata Karangsambung Kebumen

Karangsambung adalah sebuah laboratorium alam dan monumen geologi yang sangat menarik, menjadi pusat perhatian baik untuk penelitian maupun kegiatan geowisata. Setiap tahun, sekitar 150 mahasiswa melakukan penelitian di area tersebut, berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti Jakarta, dan Universitas Jenderal Sudirman.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Indramayu dan Harga Tiketnya 2024

7. Benteng Van Der Wijck

Benteng yang berlokasi di Gombong, sekitar 19 kilometer dari pusat kota Kebumen, merupakan sebuah peninggalan kolonial Belanda yang memiliki keunikan tersendiri. Bangunan benteng Van Der Wijck terbuat sepenuhnya dari batu bata, termasuk atapnya yang berbentuk segi delapan menyerupai bukit-bukit kecil. Hal ini membuatnya sangat cocok sebagai tempat pertahanan dan pengintaian. Benteng ini juga menjadi tempat yang ideal untuk berfoto-foto karena keindahannya yang sangat Instagramable.

8. Bukit Pranji

Menikmati panorama alam dari Bukit Pranji pasti sangat mengasyikkan. Dari puncaknya, Anda dapat melihat pemandangan pepohonan hijau yang menakjubkan. Keindahan ini semakin menakjubkan saat Anda menyaksikan momen matahari terbit dan terbenam. Pada malam hari, pemandangan Bukit Pranji menjadi lebih memukau karena gemerlap lampu kota dari ketinggian dapat Anda nikmati. Bahkan, jika beruntung, Anda juga bisa melihat keindahan bulan purnama dari spot ini.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Surabaya 2024? Ini Jawaban Lengkap dan Ulasan

9. Curung Silancur

Curug atau air terjun Silancur menjadi tujuan menarik bagi banyak wisatawan dari luar daerah karena keindahan alamnya yang memukau dan masih alami. Meskipun jarang sepi dari pengunjung, perjalanan menuju lokasi ini tidak terlalu sulit. Namun, terdapat beberapa rute yang terjal yang perlu diatasi. Meski demikian, keindahan pemandangan air terjunnya akan sebanding dengan usaha yang dilakukan.

10. Arung Jeram Pandegolan

Para pecinta aktivitas menantang disarankan untuk mencoba aktivitas Arung Jeram Pandegolan. Seperti namanya, pengunjung akan mengarungi berbagai rute di Sungai Pandegolan. Keunikan dari jalur yang berkelok dan landai menjadi daya tarik utamanya. Pengalaman arung jeram akan lebih seru jika dinikmati bersama teman atau keluarga. Terkait dengan keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena pihak Arung Jeram Pandegolan telah menyediakan pelampung dan berbagai perlengkapan keselamatan.

Rekomendasi :

Scroll to Top