7 Rekomendasi Wisata Kudus, Beserta Harga Tiketnya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Masjid Menara Kudus

Arenarakyat.com – Ulasan informasi yang akan kami berikan kali ini adalah rekomendasi wisata kudus, salah satu kabupaten di sisi utara provinsi Jawa Tenggah.

1. Waterboom Mulia

Banyak wisatawan di Kota Kudus yang sering mengunjungi waterboom Mulia Kudus bersama keluarga. Waterboom Mulia Kudus dapat menjadi tujuan liburan yang sangat menyenangkan bagi keluarga. Tidak hanya itu, waterboom Mulia Kudus juga menawarkan berbagai macam wahana yang seru di dalamnya.

Ada berbagai wahana menarik seperti arena memancing, ATV, dan kolam berarus di waterboom Mulia Kudus. Tiket masuk ke waterboom Mulia Kudus hanya seharga Rp.15.000 per orang. Lokasinya berada di Jl. Raya Kudus – Colo, Lau, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

2. Museum Kretek

Bagi yang berkunjung ke Kota Kudus, rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi Museum Kretek. Sesuai dengan namanya, museum ini menampilkan berbagai jenis koleksi peralatan dan mesin yang digunakan untuk membuat kretek pada masa lampau.

Pengunjung dapat melihat berbagai kegiatan yang terlibat dalam proses pembuatan kretek, mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok. Museum Kretek terletak di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus, atau di Jl. Getas Pejaten No. 155, Getas, Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tiket masuknya pun hanya Rp.2.000 sangat terjangkau.

3. Menara Kudus

Menara Kudus merupakan salah satu tempat wisata religi yang terkenal di Kota Kudus yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Hingga saat ini, keberadaan Menara Kudus sangat populer di kalangan pelancong. Secara sekilas, bangunan Menara Kudus terdiri dari tumpukan batu bata dengan atap kayu berbentuk limas. Di dinding Menara Kudus terdapat beberapa ornamen piring logam yang melekat.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Pekanbaru dengan Harga Tiket 2024

Konon, piring-piring tersebut berasal langsung dari China. Menara Kudus terletak di depan Masjid Al Aqsa dan berfungsi sebagai penanda waktu sholat. Di sekitar Menara Kudus juga terdapat Makam Sunan Kudus yang sering dijadikan tempat ziarah.

Tiket masuk ke Menara Kudus hanya seharga Rp.5.000. Lokasi tepat Menara Kudus berada di Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

4. Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa Wisata Rahtawu Kudus adalah salah satu opsi wisata yang direkomendasikan di Kota Kudus. Desa ini terletak pada ketinggian sekitar 1627 mdpl, sehingga udaranya sangat segar dan sejuk. Selain udaranya yang segar, Desa Wisata Rahtawu Kudus juga memiliki sungai yang jernih yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bermain air atau mandi.

Tidak hanya pesona alamnya, tetapi Desa Wisata Rahtawu Kudus juga menawarkan berbagai bangunan pertapaan yang dapat dieksplorasi oleh pengunjung. Desa Wisata Rahtawu Kudus terletak di lereng Gunung Muria, atau lebih tepatnya di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Baca Juga >>>  Banyak Pantai! Ini Rekomendasi Wista Tarakan 2024

5. Air Terjun Kali Banteng

Di Desa Wisata Rahtawu terdapat air terjun Kali Banteng yang layak untuk dikunjungi. Keindahan air terjun Kali Banteng tidak kalah menariknya dengan destinasi alam lainnya. Dengan ketinggian 1627 mdpl, air terjun Kali Banteng termasuk dalam kategori curug berundak. Saat berkunjung ke air terjun ini, pengunjung dapat merasakan suasana asri yang menenangkan dan pastinya tak ada salahnya untuk mengabadikan momen indah di sana.

Namun, saat musim liburan tiba, jumlah pengunjung biasanya meningkat. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari hari yang tepat saat berkunjung ke air terjun Kali Banteng. Harga tiket masuk yang hanya Rp5 ribu membuat air terjun ini terjangkau bagi banyak orang dan masuk ke dalam daftar destinasi alam Kudus yang terjangkau.

Air terjun Kali Banteng terletak dekat dengan Desa Wisata Rahtawu, atau lebih tepatnya di Jl. Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

6. Air Terjun Gonggomino

Air terjun Gonggomino merupakan salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan di Kota Kudus yang layak untuk dikunjungi. Keindahan alam yang ditawarkan oleh air terjun Gonggomino sungguh luar biasa. Setiap hari, air terjun Gonggomino selalu ramai dengan pengunjung karena sudah terkenal di kalangan para wisatawan.

Baca Juga >>>  Jarang yang Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Sleman Yogyakarta 2024

Namun, untuk menikmati keindahan air terjun Gonggomino, pengunjung harus mengikuti aliran Sungai Rejenu terlebih dahulu. Bagi para petualang sejati, air terjun Gonggomino menjadi destinasi yang sangat sesuai untuk dieksplorasi. Harga tiket masuk ke air terjun Gonggomino hanya sekitar Rp.5.000. Lokasi air terjun Gonggomino berada di Jl. Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

7. Air Terjun Montel

Masih dalam konteks pariwisata awal, Kota Kudus juga memiliki destinasi air terjun lain yang dikenal sebagai Montel. Keberadaan Air Terjun Montel ini juga sangat populer di kalangan wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota.

Yang menarik dari Air Terjun Montel adalah tersedianya berbagai fasilitas umum untuk mendukung kenyamanan para pengunjung. Mulai dari tempat ibadah seperti mushola, area parkir yang luas, warung dengan berbagai macam jajanan dan makanan, serta minuman, hingga berbagai jenis cinderamata yang dijual di sekitar lokasi Air Terjun Montel.

Lokasi Air Terjun Montel juga tidak terlalu jauh dari makam Sunan Muria, berada di sebelah utara. Selain menikmati keindahan Air Terjun Montel, pengunjung juga dapat memperoleh air bersih dari lokasi tersebut.

Air Terjun Montel memiliki ketinggian 50 meter. Harga tiket masuk ke lokasi ini hanya Rp.5.000. Lokasinya berada di Jl. Kajar, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Rekomendasi :

Scroll to Top