Rekomendasi Wisata Magelang dan Harga Tiketnya 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Candi Borobudur Magelang (Foto: umsu.ac.id)

Arenarakyat.com – Ulasan informasi yang akan kami berikan kali ini adalah rekomendasi wisata Magelang, salah satu kota di Provinsi Jawa Tenggah. Ternyata menyimpan segudang destinasi menarik untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara, langsung saja simak ulasannya berikut.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia yang terkenal. Tempat wisata ini menjadi ikon dari Magelang. Candi ini dibangun antara tahun 780 hingga 840 Masehi, pada masa Mataram Kuno. Sebagai salah satu dari keajaiban dunia, sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi tempat ini bersama keluarga.

Bangunan candi ini sangat megah dengan deretan stupa yang indah, menghadirkan pemandangan yang luar biasa. Saat cuaca sedang terik, pastikan untuk menggunakan topi, kacamata hitam, dan tabir surya. Meskipun terik, Candi Borobudur adalah spot yang sempurna untuk berfoto.

Saat berkunjung ke Candi Borobudur, terdapat dua paket kunjungan yang tersedia: paket Borobudur–Prambanan dan Borobudur–Ratu Boko, dengan harga yang sama. Harga paket ini adalah Rp75.000 per orang, sedangkan untuk anak usia 3 hingga 10 tahun sebesar Rp35.000 per orang. Lokasinya berada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk Candi Borobudur adalah sebagai berikut:

  • Wisatawan lokal: Rp50.000 per orang untuk usia 10 tahun ke atas
  • Wisatawan usia 3 hingga 10 tahun: Rp25.000 per orang
  • Rombongan dengan minimal 20 orang: Rp25.000 per orang
    Candi Borobudur buka setiap hari dari pukul 06.30 hingga 16.30 WIB.

2. Awang Sky View

Tempat wisata Awang Awang Sky View dikenal sebagai lokasi terbaik untuk menikmati panorama yang menakjubkan. Saat berkunjung ke tempat ini, Moms akan dapat menyaksikan Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Tak hanya itu, hamparan hutan pinus juga dapat dinikmati dari dek kaca yang tersedia di tempat wisata ini. Selain sebagai destinasi untuk menikmati pemandangan alam.

Awang Awang Sky View di Magelang juga sering menjadi spot foto yang populer. Lokasinya berada di Gunung Telomoyo, Kecamatan Ngablak. Harga tiket masuk sebesar Rp15.000, termasuk dengan fasilitas sandal yang dapat dipakai di area dek kaca. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.30 WIB.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Lamongan Terbaru 2024

3. Wisata Gethek Bambu

Wisata Magelang ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Candi Borobudur, memungkinkan anda untuk mengunjungi kedua tempat wisata tersebut dalam satu hari. Saat mengunjungi area ini, anda dapat menggunakan layanan getek untuk menyeberangi Sungai Progo. Saat datang pada sore hari, akan dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam secara langsung.

Bagi yang ingin merasakan pengalaman wisata yang unik, tersedia juga paket makan di atas getek dengan harga sekitar Rp25.000-Rp100.000 per orang. Menu yang disajikan biasanya meliputi mi ayam, bakso, soto, dan beberapa hidangan tradisional lainnya. Lokasinya berada di Dusun Bajangan, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur. Tiket masuk seharga Rp30.000 per getek. Tempat ini buka dari Senin hingga Kamis pukul 08.00-17.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 07.00-17.00 WIB.

4. Wisata Terasering View Sumbing

Tempat wisata terasering ini juga dikenal dengan sebutan Wisata Terasering View Sumbing atau Sukomakmur View Gunung, dan bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Magelang. Lokasinya terletak di Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, yang tergolong sebagai area baru untuk wisata di daerah tersebut.

Saat berkunjung ke sana, anda akan menemukan pesona indah hamparan sawah terasering dengan latar belakang Gunung Sumbing yang menawan. Ada beberapa spot foto menarik yang dapat dipilih, seperti gardu pandang dua tingkat dan area untuk melihat pemandangan yang menghadap ke arah sawah. Tempat ini juga dilengkapi dengan bangku-bangku unik beratap tumpukan kayu.

Bagi yang menginginkan suasana yang lebih alami, setiap sudut jalur-jalur kecil antar sawah di Wisata Terasering Dusun Nampan bisa dimanfaatkan sebagai spot foto yang menarik. Lokasinya berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran. Harga tiket masuknya terjangkau, hanya sebesar Rp5.000 per orang. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Baca Juga >>>  Tak Banyak yang Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Gresik 2024

5. Candi Mendut

Salah satu tempat wisata di Magelang lain yang merupakan jenis wisata candi adalah Candi Mendut yang hanya berjarak sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Candi purbakala ini merupakan peninggalan agama Buddha yang memiliki nilai sejarah yang kaya.

Jika berkesempatan untuk mengunjunginya, anda akan menyaksikan bahwa candi ini menyimpan banyak nilai sejarah, termasuk dalam relief-relief yang menghiasi dinding candi. Sebagai tempat wisata sejarah, budaya, dan religi, Candi Mendut merupakan destinasi yang cocok untuk wisata edukasi atau bersama keluarga.

Fasilitas seperti area parkir dan toilet tersedia di area wisata Magelang ini. Ketika mengunjungi tempat ini, tiket yang dibeli di wisata Magelang juga sudah termasuk untuk mengunjungi Candi Pawon, Moms. Lokasi: Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Harga Tiket: Rp10.500 per orang untuk wisatawan domestik dan sebesar Rp20.500 per orang untuk wisatawan mancanegara.

6. Candi Selogriyo

Selain Candi Borobudur, destinasi wisata Magelang lainnya adalah Candi Selogriyo yang terletak di lereng Gunung Sumbing. Candi ini berada di lokasi terpencil di antara Bukit Giyanti, Bukit Condong, dan Bukit Malang. Sebagai peninggalan purbakala yang diperkirakan dibangun pada zaman Mataram Kuno, Candi Selogriyo dianggap sebagai bukti perkembangan nilai-nilai agama Hindu.

Wisata Magelang ini menawarkan pemandangan indah dari pegunungan dan udara sejuk yang menenangkan karena berada di antara perbukitan. Lokasinya berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari. Harga tiket masuknya adalah Rp7.000 untuk wisatawan domestik dan Rp25.000 untuk wisatawan mancanegara. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

7. Candi Pawon

Candi Pawon, yang terletak dekat dengan Candi Borobudur, juga merupakan bagian dari warisan sejarah yang tak kalah menarik. Candi ini dikenal juga dengan nama Candi Brajanalan, merupakan sebuah candi yang berhubungan dengan agama Buddha. Meskipun ukurannya tidak besar seperti Candi Borobudur, Candi Pawon memiliki keunikan sendiri dengan relief-relief yang terdapat di dindingnya, serupa dengan yang terdapat di Candi Borobudur.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Solo dan Harga Tiketnya 2024

Meski berukuran kecil, fasilitas di sekitar candi ini cukup lengkap, termasuk toilet, area parkir, dan tempat-tempat makan yang tersedia di sekitarnya. Dengan banyaknya relief yang terdapat di Candi Pawon, terdapat banyak cerita dan makna yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah cerita Kinara-Kinari. Lokasinya berada di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Harga tiket masuknya adalah Rp20.000 untuk wisatawan mancanegara, Rp10.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp5.000 untuk pelajar/anak-anak.

8. Nepal Van Java

Nepal van Java, sebuah destinasi wisata di Magelang yang sedang populer belakangan ini, menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung. Terletak di ketinggian 1.620 mdpl, di bawah Gunung Sumbing, Dusun Butuh ini memberikan kesan mirip dengan Pegunungan Himalaya di Nepal. Di sini, anda dapat menikmati panorama alam yang memukau dengan udara yang segar dan sejuk.

Pemandangan matahari terbit di pagi hari sangat menakjubkan dan indah untuk disaksikan, sementara di malam hari, langit dihiasi oleh gemerlap bintang-bintang yang memukau. Keindahan desa ini telah menarik perhatian banyak anak muda karena potensinya sebagai spot foto yang menarik untuk dibagikan di media sosial. Pengelola desa juga menyediakan berbagai spot foto menarik, termasuk spot di atas atap rumah warga yang memperlihatkan kecantikan Dusun Butuh dengan latar belakang Gunung Sumbing.

Untuk berkunjung, pengunjung dikenakan tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Lokasinya berada di Dusun Butuh Kaliangkrik. Harga tiket masuknya adalah Rp195.000 per orang, dan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Candi Pawon buka setiap hari kecuali Senin, pada hari Selasa-Minggu dari pukul 07.00 hingga 11.00 dan 12.00 hingga 16.00 WIB.

Rekomendasi :

Scroll to Top