Rekomendasi Wisata Magetan dan Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Telaga Sarangan salah satu rekomendasi wisata Magetan (Foto: Dokumen Istimewa Arena Rakyat/Redaksi)

Arenarakyat.com – Dalam ulasan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai rekomendasi wisata Magetan terbaru 2024 yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkap dari kami berikut.

1. Taman Wisata Genilangit

Konsep taman wisata Genilangit mirip dengan Lawu Green Forest, tetapi dengan fokus yang berbeda. Di tempat wisata Magetan ini, lebih banyak perhatian diberikan pada selfie deck atau tempat-tempat yang cocok untuk berselfie. Salah satu hal yang unik adalah Anda dapat berfoto menggunakan kostum tradisional Jepang di tengah suasana yang mirip dengan Jepang.

Selain itu, terdapat spot-spot menarik seperti sepeda di udara, ayunan di tepi jurang, dan rumah pohon yang bisa dijadikan latar belakang foto. Untuk hasil foto yang lebih baik, pengelola juga menyediakan jasa foto dengan harga sekitar Rp15.000-25.000. Taman wisata Genilangit berlokasi di Desa Genilangit, Poncol, Magetan, dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000.

2. Telaga Sarangan

Tak lengkap pengalaman berkunjung ke Magetan tanpa menikmati kesegaran Telaga Sarangan. Destinasi wisata yang terletak di lereng Gunung Lawu ini menawarkan pengalaman yang memikat, berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika Anda dan keluarga dapat menikmati udara segar dengan suhu sejuk berkisar antara 15 hingga 20 derajat Celsius.

Selain menikmati keindahan alam sekitarnya, Anda juga dapat menjelajahi danau dengan menggunakan speedboat atau perahu bebek. Juga terdapat fasilitas penyewaan kuda untuk berkeliling dan mengeksplorasi lokasi wisata bersama Si Kecil. Telaga Sarangan terletak di Jalan Raya Telaga Sarangan, Sarangan, Plaosan, Telaga Pasir, Magetan, dan buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 18.00. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000.

3. Air Terjun Tirtosari

Magetan juga memiliki destinasi wisata air terjun yang sangat cocok untuk menyembuhkan jiwa, bernama Air Terjun Tirtosari. Tempat ini bisa menjadi pilihan setelah Moms mengunjungi Telaga Sarangan karena letaknya yang tidak terlalu jauh. Air terjun di Magetan ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak tegak lurus di antara tebing batu. Keindahannya semakin bertambah dengan keberadaan tumbuhan hijau di sekitarnya. Seperti kebanyakan wisata air terjun, untuk mencapai lokasi ini, Anda harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Namun, tak perlu khawatir karena tersedia fasilitas jasa ojeg atau sewa kuda untuk membantu perjalanan menuju air terjun.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Jambi Lengkap 2024

Air Terjun Tirtosari bukan hanya sekadar gemericik air yang menyegarkan, tetapi juga memiliki ikon berupa tangga yang berwarna-warni di sisi kanan dan kiri. Jadi, pastikan untuk mengabadikan momen berfoto di tempat wisata Magetan yang menakjubkan ini. Lokasi Air Terjun Tirtosari berada di Desa Ngancar, Ngluweng Kolon, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magelang. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp7.000,-.

4. Mojosemi Forest Park

Bagi anak-anak penggemar dinosaurus, berkunjung ke Mojosemi Forest Park di Magetan merupakan suatu keharusan. Taman ini dirancang seperti taman dinosaurus yang menarik. Di sini, Anda akan menemukan banyak replika reptil purba yang bisa menjadi sumber pengetahuan bagi Si Kecil. Yang lebih menarik, terdapat suara-suara dinosaurus yang bisa mengejutkan pengunjung. Jangan lewatkan jadwal pertunjukan drama dinosaurus yang berinteraksi langsung dengan pengunjung.

Setelah puas bermain dengan dinosaurus, Anda dapat menikmati beragam kuliner dan jajanan yang tersedia di kawasan Mojosemi. Untuk masuk ke dalam tempat wisata di Magetan ini, Moms akan diberikan kartu khusus yang bisa diisi ulang (top up). Uang elektronik ini akan digunakan untuk membeli makanan, minuman, dan souvenir di dalam kawasan. Tiket masuk ke Mojosemi Forest Park seharga Rp50.000, sudah termasuk akses ke dino show serta voucher kuliner senilai Rp10.000.

5. Kedung Ngancar

Kedung Ngancar memiliki pesona alami yang menarik bagi para wisatawan, terutama kolam airnya yang jernih dengan warna kehijauan. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keseruan berenang di lingkungan alam terbuka.

Baca Juga >>>  Masih Gahar! Ini Rekomendasi HP Samsung Seri M Untuk 2024

Meskipun terlihat aman, namun tetaplah berhati-hati karena kedalaman kolam cukup dalam. Disarankan untuk menggunakan pelampung ban agar kegiatan berenang menjadi lebih aman. Kedung Ngancar terletak di Desa Tapen, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan. Tempat ini buka 24 jam untuk pengunjung.

6. Tirto Gumarang

Taman wisata Tirto Gumarang merupakan destinasi liburan yang menawarkan keindahan alam Gunung Lawu dan Bukit Mongkrang yang bisa dinikmati oleh Anda. Bagi yang tidak ingin lelah berjalan, tersedia opsi untuk menyewa jeep dan melakukan perjalanan offroad di sekitar kawasan Tirto Gumarang. Banyak wisatawan yang merasa betah dan memilih untuk menginap dalam camper bus atau tenda di area ini.

Untuk urusan makanan, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia kafe yang menyajikan berbagai macam makanan dan kopi. Taman wisata Tirto Gumarang terletak di depan gerbang jalur pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu, Dusun Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Harga tiket masuknya adalah Rp15.000 saat weekday dan Rp20.000 saat weekend. Biaya parkir kendaraan roda empat sebesar Rp10.000, sedangkan kendaraan roda dua Rp5.000.

7. Kebun Bunga Refugia

Bagi Anda yang gemar menikmati keindahan taman dengan bunga-bunga cantik, mengunjungi Kebun Bunga Refugia adalah suatu keharusan. Pesona tempat wisata di Magetan ini terletak pada keberagaman bunga dan tanaman hias dengan berbagai jenis dan warna yang menakjubkan.

Awalnya, kebun bunga ini dibuat untuk mengontrol dan bahkan memusnahkan hama. Namun, kini telah menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat, cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Kebun Bunga Refugia terletak di Jalan Sarangan, Plaosan, Magetan, buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00. Harga tiket masuknya adalah Rp10.000,-. Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2.000, roda empat Rp5.000, dan bus Rp10.000.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Lamongan Terbaru 2024

8. Highland Wonomulyo

Salah satu daya tarik dari Magetan Highland Wonomulyo adalah pemandangannya yang menakjubkan. Dari sini, Anda dapat menikmati panorama rumah-rumah di Dusun Wonomulyo yang mirip dengan suasana di Nepal. Pastikan untuk mengabadikan momen dengan berfoto di spot ayunan yang menawarkan latar belakang pemandangan gunung dan rumah-rumah warga sebagai kenang-kenangan.

Selama perjalanan menuju bukit, Moms akan bertemu dengan petani yang ramah dan selalu tersenyum. Karena jalannya cenderung curam, tempat ini hanya dapat diakses dengan kendaraan roda dua. Magetan Highland Wonomulyo terletak di Bukit Sekudi, Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Magetan. Tiket masuknya seharga Rp5.000, dan biaya parkir Rp2.000.

9. Cemoro Sewu

Cemoro Sewu tetap menjadi tempat favorit untuk berkemah, terutama sebagai tempat transit bagi para pendaki Gunung Lawu. Wisata Cemoro Sewu memiliki area seluas sekitar 4 hektar yang berdekatan dengan basecamp dan gerbang pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu. Jika berencana berkemah, disarankan untuk membawa peralatan camping sendiri.

Tersedia juga opsi untuk menyewa peralatan camping di beberapa warung yang berdekatan dengan kawasan Cemoro Sewu. Pastikan kondisi cuaca mendukung agar pendakian berjalan lancar dan aman. Bagi Anda yang baru pertama kali mendaki, sebaiknya didampingi oleh pemandu gunung untuk keamanan. Tiket masuk untuk pendakian seharga Rp15.000, untuk camping Rp10.000, dan Rp5.000 untuk masuk ke kawasan tersebut.

10. Bumi Perkemahan Alastuwo

Berkemah dapat menjadi pilihan liburan yang sangat menyenangkan, terutama di Magetan di mana terdapat Bumi Perkemahan Alastuwo yang dikelilingi oleh pohon-pohon pinus yang menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman. Bagi yang tidak membawa peralatan berkemah, pengelola menyediakan berbagai peralatan camping dengan harga mulai dari yang terjangkau hingga yang termasuk dalam kategori glamping (glamorous camping). Bumi Perkemahan Alastuwo berlokasi di Kelurahan Alastuwo, Kecamatan Poncol, Magetan. Harga tiket masuknya adalah Rp10.000.

Scroll to Top