Rekomendasi Wisata Makasar Paling Menarik 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Rekomendasi wisata Makasar 2024 (Foto: Tripadvisor)

Arenarakyat.com – Pada informasi kali ini kami akan mengulas rekomendasi wisata makasar paling menarik tahun 2024, penasaran apa saja? Langsung simak ulasan lengkap yang kami berikan berikut.

1. Pantai Losari

Pantai Losari merupakan destinasi wisata yang paling terkenal di Makassar, yang juga populer di kalangan wisatawan asing. Pantai ini terletak cukup dekat dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, dapat dicapai hanya dalam waktu 30 menit.

Saat berkunjung ke Pantai Losari, jangan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Makassar yang banyak dijual di sekitar area pantai tersebut. Tidak ada biaya tiket masuk dan jam operasionalnya fleksibel. Waktu terbaik untuk menikmati suasana Pantai Losari adalah dari jam 3 sore hingga 9 malam waktu setempat.

2. Benteng Rotterdam

Jika Anda tertarik untuk menelusuri bangunan-bangunan bersejarah rekomendasi wisata makasar ini sangat menarik untuk dikunjungi. Harga tiket masuknya terjangkau, hanya sebesar Rp5.000 saja. Benteng ini merupakan bangunan peninggalan abad ke-17 yang dibangun oleh Kerajaan Gowa sebelum dikuasai oleh Belanda.

Selama 200 tahun, Benteng Rotterdam digunakan oleh Belanda sebagai pusat pemerintahan, ekonomi, dan lain-lain. Saat ini, benteng yang masih tegak berdiri ini menjadi salah satu spot historis yang paling terkenal di Sulawesi Selatan. Mengunjunginya akan membawa Anda untuk mengenang sejarah bangsa kita.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Karawang, Beserta Harga Tiket

3. Pantai Tanjung Bayang

Ada beragam pantai yang tak terlupakan di Makassar, salah satunya adalah Pantai Tanjung Bayang. Pantai ini sangat ramai terutama di akhir pekan, dan tiket masuknya sangat terjangkau, hanya seharga 5 ribu rupiah. Di sini, tersedia berbagai aktivitas olahraga, mulai dari voli pantai hingga sepak bola.

Di sekitar pantai, terdapat penginapan berbentuk rumah panggung dengan berbagai variasi tarif sewa. Lokasinya berada di kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, yang hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Makassar. Anda dapat menikmati keindahan alam di sini bersama pasangan atau keluarga.

4. Pantai Akkarena

Di Jalan Tanjung Bunga, Kota Makassar, terdapat sebuah pantai yang memesona yang dikenal sebagai Pantai Akkarena. Dermaga yang panjangnya disebut sebagai “Dermaga Cinta” menjadi landmark di tempat ini, yang menjadi lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Pantai Akkarena mempunyai pasir hitam yang unik. Berbagai aktivitas seru dapat dinikmati di sini, mulai dari berenang dengan menggunakan pelampung, kegiatan outbound seperti bermain air soft gun, berbagai pilihan kuliner di kafe-kafe di sepanjang pantai, hingga menikmati musik live pada akhir pekan. Alamat: Jalan Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata Seoul Korea Selatan

5. Celebes Canyon

Tentunya Anda familiar dengan Grand Canyon di Amerika Serikat, bukan? Ternyata ada rekomendasi wisata Makasar serupa, yang disebut Celebes Canyon, yang terletak di Libureng, Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Perjalanan ke sana memerlukan waktu sekitar dua jam dengan kendaraan dari pusat kota Makassar.

Meskipun tidak begitu ramai dikunjungi karena sulitnya akses, kecantikan alami tebing-tebingnya sungguh menakjubkan. Lokal setempat menyebutnya sebagai “Benteng Murung”. Aliran Sungai Ule turut menambah ketenangan dan kenyamanan suasana di sana.

6. Leang-Leang

Di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, terdapat destinasi wisata yang dikenal sebagai Leang-Leang. Taman Prasejarah Leang-Leang, sebuah desa wisata yang harus dikunjungi di Maros, menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung. Di sini, terdapat sejumlah gua kuno yang berusia ribuan tahun. Gua-gua ini menyimpan banyak peninggalan bersejarah, seperti lukisan dinding dan jejak tangan yang terpahat di batu.

Melalui kunjungan ke Leang-Leang, pengunjung akan seakan dibawa kembali ke masa lampau, menapaki jejak-jejak masa lalu. Wisata arkeologis semacam ini cukup langka di Indonesia, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Leang-Leang dan merasakan sensasi uniknya.

Baca Juga >>>  Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Bojonegoro Terbaru 2024

7. Masjid Terapung Makassar

Salah satu rekomendasi wisata Makasar yang tak boleh dilewatkan adalah Masjid Terapung, atau dikenal juga sebagai Masjid Amirul Mukminin. Bangunan masjid ini memiliki desain yang unik karena dibangun di atas air laut.

Masjid terapung ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara dan menjadi yang pertama berada di atas air laut. Terutama menjelang waktu sholat maghrib, masjid ini sering ramai oleh para pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah.

8. Taman Batu Balocci

Salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi di Makassar adalah Taman Batu Balocci. Tempat ini memiliki formasi batuan alami yang menawarkan pemandangan indah dan eksotis.

Taman Batu Balocci juga menawarkan pengalaman petualangan yang unik. Di sepanjang area ini, pengunjung akan menemui berbagai formasi batuan karst yang tajam dan indah secara alami. Lanskapnya yang unik dan terjaga membuat tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto yang instagramable.

Rekomendasi :

Scroll to Top