Rekomendasi Wisata Pacitan dan Harga Tiket Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pantai Watukarang salah satu rekomendasi wisata Pacitan (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Ulasan informasi kami pada kali ini akan membagikan rekomendasi wisata Pacitan beserta harga tiket terbaru 2024. Banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi, langsung simak ulasan lengkap yang kami berikan berikut.

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu destinasi pariwisata yang patut dikunjungi di Pacitan. Salah satu daya tariknya adalah keunikan seruling laut yang tak dapat ditemukan di pantai lain. Fenomena seruling laut ini terjadi karena adanya formasi batu karang dengan celah. Saat terjadi gelombang besar, batu karang tersebut menyemburkan air ke udara dan menghasilkan suara seruling yang khas.

Lokasinya berjarak sekitar 45 km dari Kota Pacitan atau sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dengan mobil. Pantai Klayar terletak di Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuk berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000.

2. Pantai Watukarung

Masih seputar Pantai, Anda dapat bersantai di salah satu tempat wisata Pacitan yang terkenal hingga ke mancanegara. Pantai Watukarung adalah destinasi yang cukup populer di kalangan penggemar surfing karena ombaknya yang tinggi. Namun, tidak perlu khawatir, ombak besar tersebut tidak mencapai tepi pantai sehingga aman untuk berenang.

Tempat wisata ini terdiri dari pantai-pantai yang dipisahkan oleh bukit-bukit. Selain berenang, Anda juga dapat menikmati pemandangan yang memukau sambil mendengarkan suara deburan ombak. Anda pasti akan langsung jatuh cinta dengan keindahan destinasi wisata Pacitan yang satu ini. Pantai Watukarung terletak di Pringkuku, Watukarung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000.

3. Pantai Karang Bolong

Sesuai dengan namanya, pantai Karang Bolong memiliki tebing karang yang besar dengan lubang di tengahnya. Di destinasi wisata Pacitan ini, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang memukau. Keunikan lain dari tempat wisata ini adalah pantainya yang dipenuhi dengan vegetasi hijau yang mirip dengan sabana.

Baca Juga >>>  8 Rekomendasi Wisata Tokyo

Namun, perlu diingat bahwa berenang tidak diperbolehkan di sini karena ombaknya yang besar dan kecuraman karangnya. Pantai Karang Bolong terletak di Dusun Karang Bolong, Desa Kendal, Kecamatan Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuk berkisar antara Rp1.000 hingga Rp5.000.

4. Pantai Banyu Tibo

Selain Pantai Klayar, Pantai Banyu Tibo adalah salah satu pantai yang terkenal di Pacitan. Yang membuat tempat wisata ini begitu istimewa adalah pemandangannya yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Pantai ini memiliki air terjun yang langsung mengalir dari pegunungan. Di sekitarnya, Pantai Banyu Tibo juga dikelilingi oleh perbukitan hijau dan formasi batu karang yang menambah pesona alam di destinasi wisata Pacitan ini. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp3.000 hingga Rp5.000.

5. Pantai Srau

Di Pantai Srau, pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise sekaligus. Barisan pohon kelapa yang tertata rapi memberikan suasana liburan yang mirip dengan di luar negeri. Selain itu, tempat wisata ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan batu karang besar yang menambah kesan eksotisnya.

Kawasan wisata Pacitan ini juga memiliki sabana yang cocok untuk dijadikan tempat berkemah. Tentu akan sangat menyenangkan berkemah di tepi pantai sambil menikmati api unggun dan suara ombak yang mengalun. Pantai Srau terletak di Candi Pringkuku, Area Peswahan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuknya sebesar Rp5.000.

Baca Juga >>>  Harus Dikunjungi! Ini Rekomendasi Wisata Arab Sudi

6. Sungai Maron

Keelokan Sungai Maron membuatnya dijuluki sebagai “Sungai Amazon-nya Indonesia.” Hal ini dikarenakan, di sepanjang sungai tersebut, terdapat pemandangan pohon kelapa yang mirip dengan pesona sungai terpanjang kedua di dunia tersebut. Para pengunjung dapat menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga setempat.

Sungai Maron yang membentang hingga 4.5 km ini cocok bagi mereka yang mencari kedamaian saat mengunjungi Pacitan. Sungai Maron terletak di Dusun Dersono, Desa Pringkuku, Kecamatan Maron, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuknya adalah Rp2.000, sedangkan biaya sewa perahu berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000.

7. Air Terjun Gringsing

Selain gua-guanya yang memukau, Kabupaten Pacitan juga memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menariknya. Salah satunya adalah Curug Gringsing di Dusun Krajan. Untuk mencapai destinasi wisata Pacitan ini, pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 1.5 km. Namun, semua lelah itu akan terbayar dengan keindahan air terjun ini.

Suasana di sekitar kawasan tempat wisata Pacitan ini sangatlah sejuk dan menyegarkan karena terletak di daerah pegunungan. Jika Anda merasa bosan dengan suasana perkotaan, mendengarkan gemericik air terjun ini bisa menjadi alternatif yang menyegarkan. Curug Gringsing berlokasi di Dusun Krajan, Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuknya adalah Rp5.000.

8. Goa Tabuhan

Ada satu lagi goa yang berjarak sekitar 1 km dari Goa Gong, yaitu Goa Tabuhan. Nama Tabuhan diberikan karena goa ini menghasilkan suara yang mirip dengan alunan gamelan ketika dipukul. Tempat wisata di Pacitan ini juga pernah dipergunakan untuk meditasi dan diyakini sebagai lokasi petilasan Pangeran Diponegoro.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Solo dan Harga Tiketnya 2024

Tak mengherankan jika saat mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung masih dapat merasakan aura spiritual yang kuat. Goa Tabuhan terletak di Tabuan, Wareng, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp7.000.

9. Goa Gong

Sebagai Kota 1001 Goa, tentu Goa Gong menjadi salah satu destinasi wisata di Pacitan yang harus dikunjungi. Bahkan, Goa Gong dianggap sebagai goa tercantik di seluruh Asia Tenggara! Goa yang memiliki panjang 256 meter ini dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang memukau. Karena luasnya, diperlukan waktu sekitar 1-2 jam untuk menjelajahinya.

Yang menarik dari tempat wisata Pacitan ini adalah ruang kristalnya yang menakjubkan. Stalaktit dan stalagmit yang terdapat di dalamnya konon menghasilkan suara seperti gong ketika dipukul, itulah sebabnya dinamai Goa Gong. Goa Gong terletak di Dusun Salam, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

10. Goa Luweng Ombong

Berbeda dengan dua goa sebelumnya di Pacitan, Goa Luweng Ombong memiliki mulut goa yang berbentuk vertikal seperti lubang besar, dikelilingi oleh alam yang masih sangat asri. Keadaan ini menciptakan suasana dramatis di tempat wisata Pacitan ini dengan adanya formasi batuan eksotis di dalam goa yang disinari cahaya matahari yang masuk melalui mulut goa. Goa Luweng Ombong terletak di Petung, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554.

Rekomendasi :

Scroll to Top