Rekomendasi Wisata Pekanbaru dengan Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Puncak Kompe Pekanbaru

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan menginformasikan rekomendasi wisata pekanbaru, kota yang berada di Riau ini ternyata menyimpan banyak wisata. Langsung saja simak ulasan kami berikut.

1. Air Terjun Batu Tilam

Air Terjun Batu Tilam, sebuah destinasi wisata yang unik dengan ketinggian air mencapai ratusan meter, terletak di Pekanbaru. Lokasinya dikelilingi oleh gua-gua batu yang memikat, dengan dasar air terjun berbentuk seperti tilam atau kasur. Di atas tilam tersebut, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati semprotan air terjun atau mengabadikan momen dengan foto.

Seperti halnya air terjun lainnya, musim hujan menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi destinasi ini karena debit air yang lebih tinggi. Pada musim hujan, pengunjung bahkan dapat merasakan semprotan air hingga radius sepuluh meter dari air terjun. Bagi yang ingin menikmati pemandangan air terjun tanpa kebasahan, bisa duduk santai di depan mulut gua.

Baca Juga >>>  Banyak yang Tidak Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Majalengka 2024

Untuk mencapai destinasi ini, perjalanan sejauh 71 kilometer dari Pekanbaru ke Lipat Kain diperlukan, yang dapat memakan waktu sekitar dua jam. Dari Desa Lipat Kain, perjalanan dilanjutkan ke Desa Gema sejauh 27 kilometer, dan kemudian ke Desa Tanjung Belit sejauh 5 kilometer. Karena jaraknya yang cukup jauh, persiapkan perjalanan dengan baik mulai dari kendaraan, perlengkapan, hingga uang tunai.

2. Air Terjun Ombu Barangin

Air Terjun Ombun Barangin, salah satu destinasi wisata alam di Pekanbaru yang berlokasi di Desa Pangkalan Indaruang, Kecamatan Singingi, menawarkan pengalaman unik. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menyusuri sungai dengan perahu tradisional selama 30 menit. Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan terpesona oleh pemandangan sekitar.

Sungai yang dikelilingi bukit dan hutan membuat perjalanan menyusuri sungai menjadi menyenangkan. Setelah turun dari perahu, perjuangan belum berakhir. Untuk sampai ke air terjun Ombun Barangin, pengunjung harus merenangi sungai dan melewati bebatuan sebelum tiba di bawah air terjun yang deras.

Baca Juga >>>  Jarang yang Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Sleman Yogyakarta 2024

Destinasi ini memberikan sensasi embun dan angin saat berada di bawah air terjun yang tingginya mencapai 40 meter. Jarak perjalanan dari Pekanbaru ke Desa Lipat Kain untuk mencapai lokasi ini adalah sekitar 79 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit.

3. Sungai Siak

Sungai Siak, ikon kota Pekanbaru, menawarkan pengalaman berlayar selama 40 menit menggunakan boat atau sampan. Perjalanan di tengah sungai menyajikan pemandangan kapal kecil dan aktivitas warga setempat yang menggunakan sampan. Di sepanjang tepi sungai, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kebun sawit.

4. Air Terjun Batang Kapas

Destinasi adventure lainnya adalah Air Terjun Batang Kapas, yang menawarkan keindahan alam serta kegiatan ekstrem seperti panjat tebing, mendaki bebatuan, dan berkemah. Destinasi ini terletak di daerah perbukitan Kabupaten Kampar, sekitar 150 meter di atas permukaan air. Jarak perjalanan dari Pekanbaru ke Desa Lipat Kain adalah sekitar 79 kilometer, yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 30 menit.

Baca Juga >>>  Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi Tegaskan Anwar Usman Tak Ikut Adili Sengketa Pemilu

5. Asian Farm Hangtuah

Asia Farm Hangtuah Ujung menawarkan suasana ala Eropa di Pekanbaru dengan berbagai kegiatan edukatif. Pengunjung dapat berpartisipasi dalam kegiatan pertanian dan peternakan, serta menunggang kuda dan berenang di waterpark. Tiket masuk sebesar Rp25.000 berlaku setiap hari, dengan waktu operasional dari pukul 10 pagi hingga 6 sore.

6. Puncak Kompe

Puncak Kompe, yang terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, menawarkan pemandangan indah dari ketinggian yang menyerupai Raja Ampat. Meskipun tidak dapat digunakan untuk snorkeling atau diving, destinasi ini tetap menawarkan pengalaman berfoto yang Instagramable. Tiket masuk sebesar Rp10.000 berlaku untuk setiap pengunjung.

Rekomendasi :

Scroll to Top