Rekomendasi Wisata Ponorogo 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Gunung Willis Ponorogo (Foto: traveloka)

Arenarakyat.com – Untuk ulasan kali ini kami memberikan informasi mengenai rekomendasi wisata ponorogo 2024, lengkap dengan harga tiketnya. Langsung saja simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

1. Air Terjun Jurang Gandul

Di Ngagotirto, Baosan Lor, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, tidak hanya terdapat telaga dan tebing sebagai daya tarik wisata, tetapi juga terdapat air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Jika Watu Semaur masih terasa kurang menantang bagi Anda, mungkin Jurang Gandul dapat memicu adrenalin Anda.

Terletak berdekatan dengan Watu Semaur, destinasi wisata ini juga terletak di Kecamatan Ngrayun. Namun, air terjun ini berada di desa Baosan Lor. Lokasi ini menawarkan medan yang cukup menantang, tidak hanya selama perjalanan menuju lokasi, tetapi juga dari pos informasi ke air terjun itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan Anda dalam keadaan fit saat mengunjungi air terjun ini.

Disarankan untuk mengunjungi air terjun ini saat cuaca cerah. Sebab, seringkali lokasi ini diselimuti kabut saat musim hujan. Selain itu, jalanan menuju air terjun juga cenderung licin dan berlumpur saat musim hujan.

2. Air Terjun Kokok

Di Senarang, Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63475, terdapat sebuah air terjun yang berasal dari sungai Kokok, sehingga dinamai dengan nama yang serupa. Dari pusat kota, perjalanan menuju air terjun ini memakan waktu sekitar satu jam. Namun, dari tempat parkir hingga mencapai spot air terjun, masih diperlukan perjalanan sejauh sekitar 700 meter.

Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh (terutama bagi yang terbiasa trekking), medan berbukit dan sedikit licin bisa menjadi tantangan tersendiri. Terutama saat musim penghujan, kondisi jalan akan semakin licin dan berlumpur. Oleh karena itu, perlu untuk lebih berhati-hati dan tetap waspada selama perjalanan.

Baca Juga >>>  Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Wonosobo Terbaru 2024

Sesampainya di spot air terjun, Anda akan dapat menyaksikan keindahan air terjun ini. Dengan ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini memiliki tiga aliran yang menuruni tebing dengan kecepatan yang cukup deras. Di dasar air terjun, terdapat banyak batu besar yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil menikmati suasana dan bermain air.

3. Air Terjun Coban Lawe

Coban Lawe berada di Pegunungan Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63482, tidak terlalu jauh dari Telaga Ngebel, sehingga bisa diakses dengan satu perjalanan. Lokasinya sangat tersembunyi di balik hutan lindung yang lebat di lereng Gunung Wilis, memberikan nuansa alam yang sangat asri dan menawan.

Pemandangan yang ditawarkan sungguh memukau. Debit air yang deras, pemandangan hijau di sekitarnya, serta suhu udara yang nyaman akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati keindahannya.

4. Air Terjun Sunggah

Di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, terdapat Air Terjun Sunggah yang menawarkan panorama yang memesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan debit air yang cukup tinggi, terutama saat musim penghujan.

Untuk mencapai spot air terjun, pengunjung harus melakukan trekking dari tempat parkir. Namun, semua kelelahan akan terbayar ketika Anda menyaksikan langsung keindahan air terjun ini. Meskipun dikelola oleh warga setempat bersama Pokdarwis, fasilitas di sini sudah cukup baik dengan adanya kamar mandi, tempat parkir, dan juga gazebo.

5. Telaga Ngebel Ponorogo

Telaga Ngebel, yang terletak di Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di daerah ini, mirip dengan Telaga Sarangan di Magetan. Keindahan alamnya sangat memikat dengan suasana yang alami.

Selain menikmati panorama telaga yang mempesona, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas wisata seperti naik speed boat, kapal, atau berkuda. Selain itu, berbagai kuliner lezat juga dapat dinikmati di sini. Salah satu makanan yang patut dicoba adalah nangka goreng yang sangat cocok disantap di udara sejuk di sekitar telaga.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Bengkulu dan Harga Tiket 2024

6. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Ponorogo, pastikan untuk menyertakan kunjungan ke Pemandian Air Panas Tirta Husada dalam agenda Anda! Destinasi wisata ini telah menjadi cukup terkenal di kalangan penduduk setempat. Sebagaimana namanya, ‘Tirta Husada’, air panas di pemandian ini dipercaya memiliki kemampuan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti penyakit kulit, karena kandungan belerang di dalamnya.

Suhu air yang hangat, berkisar antara 32 hingga 35 derajat Celsius, akan membuat momen berendam Anda semakin menenangkan! Spot wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi setelah menjelajahi destinasi wisata lain yang membutuhkan usaha ekstra selama perjalanan. Lokasi pemandian ini tidak terlalu jauh dari Telaga Ngebel. Dari Telaga Ngebel, Anda hanya perlu berkendara sekitar 4 kilometer.

7. Gua Lowo Sampung

Jika Anda ingin merasakan pengalaman menjelajahi gua, Gua Lowo Sampung di Ponorogo adalah pilihan destinasi wisata yang menarik. Gua ini merupakan salah satu gua di Ponorogo yang diyakini pernah dihuni oleh manusia purba pada periode Mesolitikum hingga Neolitikum.

Namun, jika Anda berencana mengunjungi tempat wisata ini, pastikan Anda siap secara fisik! Jalur trekking yang menghubungkan jalan raya ke lokasi gua cukup jauh (1 km).

Meskipun dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor, Anda dapat merasakan nuansa petualangan dengan berjalan kaki melalui jalur setapak menuju gua. Selama perjalanan, Anda akan melewati hutan jati yang lebat. Apakah Anda tertarik untuk menjelajahi gua ini?

8. Gunung Wilis

Destinasi wisata selanjutnya di Ponorogo adalah Gunung Wilis, yang terletak di Desa Besuki, Kecamatan Jugo. Gunung ini sebenarnya juga melintasi beberapa kabupaten yang berdekatan dengan Ponorogo, seperti Kabupaten Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Madiun, dan Tulungagung.

Baca Juga >>>  Destinasi Wisata di Jombang 2024

Salah satu keunikan dari Gunung Wilis adalah keberadaan beberapa puncak yang dapat Anda tuju. Salah satunya adalah Puncak Liman, yang merupakan puncak tertinggi dari Gunung Wilis dengan ketinggian mencapai 2.563 meter di atas permukaan laut.

Meskipun jalur pendakian menuju Puncak Liman tidak terlalu sulit, dengan ketinggian tersebut, rata-rata pendakian ke Puncak Liman membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Apakah Anda tertarik untuk mencoba mendaki gunung ini?

9. Gunung Beruk

Di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Hutan Negara, Jambon, Kabupaten Ponorogo, terdapat destinasi wisata yang menawarkan panorama yang memikat hati. Destinasi tersebut adalah Gunung Beruk, yang kini memiliki akses dan fasilitas yang semakin baik. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan dari ketinggian, berfoto di spot-spot menarik, serta menikmati udara yang sejuk.

Salah satu spot yang menjadi favorit para wisatawan di Gunung Beruk adalah rumah pohonnya. Karena keindahannya, tidak sedikit yang menyebut Gunung Beruk sebagai “Kalibiru”-nya Ponorogo. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto di spot-spot lain atau bersantai di gazebo yang tersedia.

10. Puncak Pringgitan

Di Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, terdapat berbagai puncak yang menjadi tujuan favorit untuk menikmati matahari terbenam atau terbit. Salah satunya adalah Puncak Pringgitan yang akan membuat Anda betah untuk berlama-lama. Puncak ini memberikan sensasi seolah berada di Negeri Atas Awan.

Puncak ini telah terkenal akan keindahannya, bahkan banyak pasangan yang memilihnya sebagai lokasi untuk sesi foto pre-wedding. Dari ketinggian, Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan yang diselimuti awan dan hutan hijau yang membuat hati menjadi tenang.

Rekomendasi :

Scroll to Top