Rekomendasi Wisata Purwakarta Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Waduk Jatiluhur (Foto: Tripadvisor)

Arenarakyat.com – Dalam informasi ini kami akan memberikan rekomendasi wisata Purwakarta terbaru 2024, kota di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan banyak destinasi menarik. Langsung saja simak ulasan yang akan kami berikan berikut.

1. Gunung Bongkok

Mari kita rekomendasi wisata Purwakarta dengan destinasi alamnya, Gunung Bongkok, yang akan memukaumu dengan keindahan luar biasa. Gunung ini memiliki ketinggian 975 mdpl, cocok bagi mereka yang ingin mendaki namun masih minim pengalaman. Gunung Bongkok memiliki dua puncak, yaitu Tebing Datar dan Batu Tumpuk yang merupakan puncak tertingginya.

Dari sana, pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit yang memukau serta berkemah bersama. Ini bisa menjadi momen mendaki yang tak terlupakan bersama orang-orang terdekat. Harga: Mulai dari Rp12.000 per orang*, jam & hari buka: Setiap hari, 24 jam, alamat: Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

2. Wisata Alam Pasir Langlang Panyawangan

Ingin berlibur ke hutan pinus yang sejuk dan menenangkan? Purwakarta juga memiliki destinasi impianmu. Kunjungi saja Wisata Alam Pasir Langlang Panyawangan di Kecamatan Kiarapedes. Di sini, selain dapat menikmati keindahan hutan pinus yang menjulang tinggi, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas.

Salah satunya adalah berkemah, mendaki, hingga berburu foto di spot-spot menariknya. Selain itu, terdapat juga air terjun yang bisa kamu kunjungi. Harga: Mulai dari Rp10.000 per orang*, jam & hari buka: Senin-Jumat, 08.00-17.00 WIB | Sabtu, 24 jam | Minggu, 07.00-17.00 WIB, alamat: Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Baca Juga >>>  Banyak Destinasi! Ini Rekomendasi Wisata Medan 2024

3. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Dengan kapasitasnya yang dapat menampung hingga 3 miliar meter kubik air, waduk ini menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Awalnya dibangun untuk pembangkit listrik, kini Waduk Jatiluhur telah bertransformasi menjadi tempat wisata yang menawarkan berbagai aktivitas outdoor menarik seperti perahu dayung, motorboat, dan ski air.

Jika Anda kurang tertarik dengan aktivitas air, Anda dapat melakukan jalan-jalan santai di sekitar waduk sambil menikmati udara segar. Harga: Mulai dari Rp5.000 per orang* (hari kerja) | Rp20.000 per orang* (akhir pekan), jam & hari buka: Setiap hari, 24 jam, alamat: Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

4. Curug Tilu

Meskipun tidak memiliki ketinggian yang mencolok, Curug Tilu tetap memiliki daya tarik yang memukau. Suara gemericik air yang menenangkan dan udara sejuk dari hutan pinus di sekitar curug akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Selain menikmati keindahan curug, pengunjung juga dapat mencoba beberapa kegiatan outdoor yang sangat seru. Terdapat wahana flying fox, high rope, elvis bridge, V bridge, dan two-rope bridge yang pastinya akan meningkatkan adrenalin.

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, Anda dapat membawa tenda beserta peralatannya dan berkemah di camping ground yang tersedia. Harga: Mulai dari Rp25.000 per orang, jam & hari buka: Senin-Jumat, 08.00-19.00 WIB | Sabtu-Minggu, 07.00-19.00 WIB, alamat: Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Baca Juga >>>  Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Bojonegoro Terbaru 2024

5. Curug Cipurut

Ada lagi satu destinasi curug yang harus Anda masukkan dalam daftar liburan Anda di Purwakarta. Terletak di kaki Gunung Burangrang, Anda akan disuguhi suasana alam yang tenang di Curug Cipurut, disertai dengan hutan yang rimbun dan air terjun yang segar. Curug Cipurut memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan batuan-batuan di sekitarnya yang sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Objek wisata alam ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk area perkemahan, warung makan, musala, dan area parkir yang luas. Harga: Mulai dari Rp20.000 per orang*, jam & hari buka: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB, alamat: Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

6. Gunung Parang

Gunung yang berlokasi di Desa Pasanggrahan ini dapat Anda lihat keindahannya dari jalan tol Jakarta-Bandung. Namun, sedikit yang mengetahui bahwa gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Purwakarta. Gunung Parang cocok bagi Anda yang menyukai tantangan.

Di sini, Anda dapat mencoba mendaki melalui jalur via ferrata, yaitu tangga besi yang terpasang di sepanjang tebing. Harga: Mulai dari Rp15.000 per orang*, jam & hari buka: Setiap hari, 24 jam, alamat: Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

7. Gunung Lembu

Selain Gunung Parang dan Bongkok, ada juga gunung lain yang tak kalah menarik yaitu Gunung Lembu. Salah satu daya tariknya adalah formasi batu besar yang mirip punggung lembu atau “sapi” yang terletak di puncak gunung ini. Bagi pendaki pemula, Gunung Lembu di Purwakarta bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga >>>  Sejarah Musik Jazz

Dengan ketinggian sekitar 792 mdpl, kondisi tanah di gunung ini juga tergolong landai. Harga: Mulai dari Rp10.000 per orang* Jam & hari buka: Setiap hari, 24 jam, alamat: Panyindangan, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

8. Taman Air Mancur Sri Baduga

Jika ingin menghabiskan malam di Purwakarta, cobalah singgah di Taman Air Mancur Sri Baduga. Air mancur yang bergerak-gerak terlihat begitu memukau, terutama saat dipadukan dengan lampu-lampu warna-warni. Akhir pekan Anda akan semakin berwarna, terutama jika dihabiskan bersama teman atau keluarga. Alamat: Situ Buleud, Negeri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat.

9. Situ Wanayasa

Purwakarta memiliki beragam destinasi wisata alam yang tak pernah habis, Sahabat Tiket. Salah satunya adalah Danau indah yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang disebut Situ Wanayasa. Selain menikmati pemandangannya yang menawan, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti memancing atau naik perahu yang tersedia.

Salah satu daya tarik unik dari Situ Wanayasa adalah pulau kecil di tengah danau yang dikenal sebagai Pasir Mantri. Di area tersebut, terdapat puluhan makam leluhur dan ulama besar Purwakarta yang sering dikunjungi oleh banyak orang untuk berwisata keagamaan. Harga: Gratis*, jam & hari buka: Setiap hari, 24 jam, alamat: Wanasari, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

.

Rekomendasi :

Scroll to Top