Rekomendasi Wisata Semarang Beserta Harga Tiket 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Lawang Sewu salah satu rekomendasi wisata Semarang (foto: Unsplash)

Arenarakyat.com – Informasi kali ini kami akan mengulas rekomendasi wsiata Semarang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tenggah. Ternyata menyimpan banyak destinasi menarik untuk dikunjungi, langsung saja simak ulasan lengkap berikut.

1. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong, rekomendasi wisata Semarang ini adalah klenteng tertua di Semarang. Dikenal sebagai lokasi pendaratan dan persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho, seorang Tionghoa Muslim, klenteng ini didirikan untuk mengenang kunjungan Cheng Ho, yang juga dikenal sebagai Zheng He. Klenteng Sam Poo Kong menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di Semarang karena arsitekturnya yang menakjubkan dan berbagai festival serta acara keagamaan yang diadakan secara rutin di area klenteng ini.

Selain itu, klenteng ini seringkali menjadi lokasi foto favorit, terutama bagi wisatawan yang datang dari luar Semarang. Klenteng Sam Poo Kong, alamat: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148, harga Tiket Masuk: Rp 17.000 – Rp 55.000.

2. Lawang Sewu

Ini adalah destinasi wisata yang sangat ikonik di Semarang. Ketika berbicara tentang objek wisata Semarang, pasti yang terlintas adalah Lawang Sewu! Gedung ini dulunya merupakan kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda, dan kemudian digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.

Saat ini, Lawang Sewu telah direvitalisasi dan dikonservasi menjadi museum dan tempat wisata. Lawang Sewu adalah salah satu objek wisata paling terkenal di Semarang, terutama dikenal dengan sebutan “Seribu Pintu” meskipun jumlah pintunya tidak sampai seribu seperti yang disebutkan. Kamu bisa membuktikannya sendiri ketika berkunjung ke sana!

Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda, dekat dengan Simpang Lima yang merupakan pusat kota Semarang. Jika ini pertama kalinya kamu mengunjungi Semarang, berkunjung ke Lawang Sewu hampir menjadi keharusan. Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132, harga Tiket Masuk: Rp 10.000 – Rp 30.000.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Jombang Beserta Harga Tiketnya

3. Kota Lama Semarang

Seperti namanya, Kota Lama Semarang adalah area di Kota Semarang yang terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya. Pada abad ke-19 hingga ke-20, kawasan ini merupakan pusat perdagangan di Kota Semarang. Kota Lama Semarang terkenal dengan keberadaan banyak gedung tua bergaya Eropa yang unik, yang dipertahankan melalui proses konservasi dan revitalisasi. Hal ini menjadikannya salah satu daya tarik utama wisata Semarang saat ini.

Tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama Semarang. Kamu dapat berfoto di depan berbagai gedung bergaya Eropa yang terdapat di sini, atau hanya bersantai di Taman Srigunting yang terletak di tengahnya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Gereja Blenduk, gereja Kristen tertua di Jawa Tengah, yang memiliki kubah atau dome yang ikonik. Sekadar menikmati secangkir kopi sambil duduk-duduk di salah satu kafe di area ini juga merupakan pengalaman yang menyenangkan! Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137, harga Tiket Masuk: Gratis.

4. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita merupakan museum yang menyimpan beragam koleksi benda-benda bersejarah, baik yang berkaitan dengan bidang geologi maupun budaya. Sebagai museum yang paling terkenal di Jawa Tengah, Museum Ranggawarsita terkenal dengan koleksi yang lengkap dan gedung serta fasilitas yang terjaga dengan baik.

Tak heran museum ini menjadi salah satu tujuan wisata Semarang yang cocok untuk edukasi anak-anak. Museum ini mencakup berbagai pelajaran sejarah, mulai dari perkembangan bumi dan manusia, budaya, hingga peristiwa sejarah kemerdekaan, semuanya tersaji dengan baik di dalam museum ini. Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50149, harga Tiket Masuk: Dewasa: Rp 4.000; Anak-anak: Rp 2.000.

5. Taman Wilis

Bagi yang hanya ingin menikmati udara segar, Taman Wilis merupakan opsi yang cocok untuk melepas penat sambil menikmati panorama kota. Tempat ini sering menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai atau berolahraga. Terletak agak jauh dari pusat kota, Taman Wilis menawarkan ketenangan tanpa kebisingan dari lalu lintas.

Baca Juga >>>  9 Rekomendasi Wisata Pakistan

Salah satu daya tarik utama bagi wisatawan adalah menyaksikan pesona matahari terbit dari salah satu sudut Taman Wilis. Ini bisa menjadi alternatif menarik karena tidak ada biaya masuk yang dikenakan untuk mengunjungi destinasi wisata Semarang ini, alias gratis. Alamat: Jl. Wilis No.3, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614, harga Tiket Masuk: Gratis.

6. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah kumpulan bangunan candi Hindu yang terletak di Bandungan, Kabupaten Semarang, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Sesuai dengan namanya, terdapat sembilan (atau disebut songo dalam Bahasa Jawa) candi yang berbeda di area wisata Candi Gedong Songo ini. Sejak zaman dahulu, Candi Gedong Songo telah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kabupaten Semarang.

Selain dapat menikmati peninggalan budaya yang berharga, pengunjung juga dapat menikmati udara yang sejuk di sini, karena lokasi Candi Gedong Songo yang berada di lereng gunung (sekitar 1.200 m di atas permukaan laut). Di samping itu, kawasan ini juga menawarkan pemandangan alam yang cantik dan sumber air panas alami. Alamat: Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, harga Tiket Masuk: Rp 15.000 (Domestik), Rp 75.000 (Internasional).

7. Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata menarik tidak hanya terletak di pusat kota, di luar pusat Kota Semarang masih ada tempat-tempat wisata yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini awalnya merupakan stasiun kereta api yang kini telah diubah fungsinya menjadi museum.

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan tempat yang ideal untuk mengadakan perjalanan wisata edukasi mengenai sejarah kereta api. Pengunjung juga dapat ikut serta dalam tur menggunakan kereta uap yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jangan lupa untuk menikmati koleksi benda-benda antik seputar kereta api yang dipamerkan di museum ini. Alamat: Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614, harga Tiket Masuk: Rp 10.000 – Rp 70.000.

8. Pantai Marina

Jika mengunjungi kota yang memiliki pantai, pastikan untuk meluangkan waktu untuk menikmatinya. Salah satu yang direkomendasikan di Semarang adalah Pantai Marina. Terletak dekat dengan Bandara Ahmad Yani, pantai ini menjadi tempat yang romantis untuk menikmati pemandangan sunset bersama pasangan.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Gunung Kidul dengan Harga Tiket 2024

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wisata air dengan menyewa kapal dengan harga yang cukup terjangkau. Di atas kapal, Anda dapat menikmati panorama indah pantai sambil menikmati hidangan lezat. Alamat: Jalan Yos Sudarso, komplek PRPP, Tawang Sari, Semarang, Jawa Tengah., harga Tiket Masuk: Rp 5.000.

9. Masjid Agung Jawa Tengah

Seperti namanya, Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang mewakili provinsi Jawa Tengah, yang dibangun sejak tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2006. Selain memiliki ukuran yang besar dan mampu menampung hingga 16 ribu jamaah jika serambi masjid digunakan, masjid ini juga memiliki ciri khas berupa payung-payung raksasa yang terletak di area serambi masjid, yang saat terbuka akan mengingatkan kita pada payung-payung di Masjid Nabawi di Madinah.

Namun, penting untuk dicatat bahwa payung-payung ini tidak selalu terbuka, karena hal itu tergantung pada cuaca dan hanya terjadi pada acara-acara besar serta saat pelaksanaan Sholat Jumat. Alamat: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, harga Tiket Masuk: Gratis.

10. Taman Bunga Celosia

Meskipun bernama Taman Bunga Celosia, taman ini menyajikan lebih dari sekadar bunga celosia, melainkan juga berbagai jenis bunga lain seperti hebras, lavender, dan krisan. Terletak di kaki Gunung Ungaran, taman ini terbagi menjadi tiga area. Selain taman bunga, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana hiburan lainnya seperti Celosia Happy & Fun dan Museum Selfie Celosia.

Terdapat banyak spot foto menarik seperti miniatur landmark, White Marine Park, rumah Hobbit, Piramida Kaca, Little Amsterdam, Little Korea, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk menyiapkan kamera terbaik Anda agar tidak melewatkan momen indah di Taman Bunga Celosia ini. Alamat: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614, harga Tiket Masuk: Rp 20.000 – Rp 25.000.

Rekomendasi :

Scroll to Top