Rekomendasi Wisata Solo dan Harga Tiketnya 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Keraton Surakarta (Foto: surakarta.go.id)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai rekomendasi wisata solo terbaru 2024 lengkap dengan harga tiketnya, langsung saja simak ulasan lengkap berikut.

1. Keraton Surakarta

Kota Solo kaya akan warisan sejarah dari Kesultanan Mataram. Jejak-jejak panjang sejarah ini masih dapat disaksikan dengan mengunjungi Keraton Surakarta, yang dibangun oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang telah hancur.

Selain terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Solo, bangunan bersejarah ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sunan hingga saat ini. Di kompleks Keraton Surakarta, Toppers dapat melihat berbagai bangunan termasuk museum, alun-alun, dan lainnya, serta melihat koleksi peninggalan bersejarah dari Kasunanan. Untuk masuk ke sana tidak dikenakan biaya alias gratis.

2. Kampung Batik Kauman

Dikenal sebagai salah satu Kota Batik selain Pekalongan dan Yogyakarta, tentu perjalanan ke Solo tidak lengkap tanpa merayap ke Kampung Batik Kauman. Di sini, Toppers dapat menjelajahi keindahan Batik Solo. Untuk menikmati segala yang tersedia kalian juga tidak akan dikenakan biaya atau tiket masuk gratis.

Berbagai jenis batik, mulai dari batik tulis tradisional hingga batik modern, dapat ditemui di Kampung Batik Kauman. Banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, sengaja mampir ke destinasi wisata Solo ini hanya untuk mendapatkan Batiknya yang terkenal.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Pekalongan dan Harga Tiket 2024

3. Pura Mangkunegaran

Destinasi wisata sejarah di Solo selain Keraton Surakarta adalah Pura Mangkunegaran, sebuah istana megah yang didirikan sebagai kediaman para pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Tempat wisata Solo ini merupakan salah satu pusat kebudayaan dan seni di Kota Solo di mana pengunjung dapat menemukan berbagai koleksi dari peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit. Tidak hanya itu, setiap Rabu, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan Gamelan di tempat wisata Solo ini, secara gratis.

4. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro adalah tempat tujuan belanja yang terletak di Jalan Diponegoro. Dibuka setiap malam akhir pekan, destinasi wisata Solo ini sesuai bagi pengunjung yang ingin berbelanja sambil menikmati kuliner dengan harga yang terjangkau.

Berbagai produk, mulai dari pakaian, aksesori, barang seni, hingga makanan tradisional dan modern, tersedia di sini.

5. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah area taman yang telah ada sejak masa pemerintahan Pakubuwana X dan sering digunakan untuk mengadakan hiburan Malam Selikuran secara rutin.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Film Komedi Indonesia 2024

Salah satu fasilitas di tempat wisata Solo ini adalah Gedung Wayang Orang Sriwedari yang menjadi lokasi untuk pertunjukan wayang orang. Untuk menikmati pertunjukan tersebut harga tiket juga sangat murah sekali cukup dengan membayar Rp.7.000, kamu bisa menikmati pertunjukan dengan tenang.

6. Benteng Vastenburg

Untuk menyelami sejarah Solo, Benteng Vastenburg yang didirikan sejak tahun 1745 merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh kalian Dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, awalnya benteng ini berfungsi sebagai pusat kontrol pemerintahan dari Keraton Surakarta.

Meskipun sebagian bangunan benteng ini telah menjadi reruntuhan, masih ada sisa-sisa struktur yang kokoh menjadi saksi bisu dari masa pendudukan Belanda di Pulau Jawa yang bisa dieksplorasi oleh kalian.

7. Bendungan Colo, Sukoharjo

Bendungan yang terletak di wilayah Sukoharjo ini awalnya dirancang sebagai infrastruktur untuk menampung air. Namun, karena desainnya yang unik, Bendungan Colo telah menjadi salah satu destinasi wisata di Solo yang diminati, terutama bagi pengunjung yang mencari spot foto yang instagramable.

8. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran merupakan salah satu destinasi wisata edukasi di Solo yang termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain menyimpan berbagai koleksi fosil manusia dan hewan purba, museum ini juga menjadi pusat penelitian kehidupan prasejarah yang paling lengkap di Asia.

Baca Juga >>>  Wajib Kunjungi! Rekomendasi Wisata Salatiga Terbaru 2024

9. Museum Radya Pustaka

Museum berikutnya di Kota Solo yang bisa kalian kunjungi sebagai destinasi wisata adalah Museum Raditya Pustaka Surakarta yang telah berdiri sejak tahun 1890.

Museum ini menjadi tempat penyimpanan berbagai koleksi benda-benda kuno yang merupakan peninggalan sejarah dari Keraton Mataram dan peninggalan lainnya yang memiliki hubungan erat dengan Kota Solo dan Surakarta. Koleksi tersebut meliputi berbagai barang seperti Gamelan, Arca, Keramik, Keris, buku-buku kuno, dan berbagai artefak bersejarah lainnya.

10. The Heritage Palace Solo

Tidak perlu melakukan perjalanan jauh, pengalaman wisata dengan nuansa Eropa dapat dirasakan di Indonesia. Terletak di Jalan Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, The Heritage Palace Solo menjadi destinasi favorit bagi banyak wisatawan.

Dengan hampir setiap sudutnya menawarkan spot yang modern dan cocok untuk diabadikan dalam foto, tempat ini sangatlah sesuai bagi penggemar fotografi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana seperti Museum Transportasi, Museum 3D Trick Art, Museum Industri, Omah Kwalik, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi :

Scroll to Top