Rekomendasi Wisata Sulawesi Tenggara Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Taman Nasional Wakatobi (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Informasi kali ini kami akan mengulas rekomendasi wisata Sulawesi Tenggara terbaru tahun 2024, penasaran apa saja? Simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Pantai Nirwana

Salah satu destinasi wisata bahari populer di Sulawesi Tenggara adalah Pantai Nirwana. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putih yang indah yang bersatu dengan air laut berwarna biru. Dikenal sebagai surga pariwisata bahari, Pantai Nirwana berlokasi di Kota Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai pantai ini, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 10 menit dari pusat Kota Bau-Bau.

Pantai Nirwana memiliki ombak yang relatif tenang, sehingga cocok untuk berenang. Selain menikmati keindahan pantai yang menakjubkan, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti berjalan-jalan di sepanjang pantai, berjemur, atau bahkan menyelam. Lokasi: Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

2. Danau Biru Kolaka

Semua pengunjung yang datang ke Desa Walasiho, Kolaka Utara, mencari satu destinasi wisata bahari yang istimewa, yaitu Danau Biru Kolaka. Merupakan danau alami yang terletak hanya 12 meter dari tepi pantai Laut Kolaka dengan dinding tebing karang sebagai pemisah, destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini menampilkan pemandangan indah dari hamparan pasir putih yang dipadukan dengan warna biru yang memesona dari perairan sekitarnya.

Danau ini memiliki kedalaman tujuh meter, menjadikannya sebagai salah satu tujuan favorit para penyelam yang ingin melihat berbagai spesies ikan. Danau ini juga menjadi sumber mitos bagi penduduk setempat. Menurut legenda, sebelum terbentuknya Danau Biru, area tersebut adalah hutan yang lebat. Konon, Putri Raja Mokole yang sedang menyendiri berkunjung ke daerah tersebut, dan area yang sebelumnya hutan berubah menjadi Danau Biru Kolaka yang terkenal hingga sekarang. Lokasi: Walasiho, Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara 93552.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Solo dan Harga Tiketnya 2024

3. Pantai Nambo

Tak kalah menarik dengan destinasi wisata bahari lainnya di Sulawesi Tenggara, Pantai Nambo merupakan salah satu pantai favorit yang terletak di Kota Kendari. Pantai ini menawarkan pemandangan yang memikat dan menjadi tujuan utama para wisatawan domestik maupun mancanegara, dengan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang 300 meter dan ombak yang cenderung tenang.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas menyenangkan di destinasi wisata bahari ini di Sulawesi Tenggara. Mulai dari bermain pasir, bermain voli pantai, berjalan-jalan di sepanjang pantai, hingga berjemur. Lokasi: Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara.

4. Taman Nasional Wakatobi

Tak lengkap rasanya menjelaskan rekomendasi wisata Sulawesi Tenggara tanpa menyebutkan Taman Nasional Wakatobi. Nama Wakatobi sendiri berasal dari gabungan empat pulau yang berada di sekitar wilayah tersebut, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomua, dan Binangko. Di Wakatobi, kamu bisa menemukan sekitar 90% dari semua biota laut yang ada di dunia.

Sebagai area konservasi biota laut sejak tahun 2002, Taman Nasional Wakatobi menawarkan pemandangan bawah laut yang spektakuler, termasuk 25 gugusan terumbu karang, sekitar 93 jenis ikan, berbagai jenis burung laut, dan empat jenis penyu. Berkat keindahan panorama bawah lautnya dan beragamnya lokasi menyelam, Taman Nasional Wakatobi menjadi terkenal di kalangan penyelam profesional di seluruh dunia. Lokasi: Lagiwae, Ambeua, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga >>>  7 Rekomendasi Wisata Belgia

5. Pantai Kendari

Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin No.27, Punggaloba, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Ingin menikmati keindahan pantai yang memukau di tengah udara segar dan alami? Destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini adalah pilihan tepat untuk liburanmu berikutnya. Terletak di Teluk Kendari, pantai ini menawarkan pesona alam yang memikat dan menjadi favorit para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Selain menikmati keindahan pantai, destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini juga menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sering menjadi incaran para pengunjung. Di sini, selain menikmati panorama alam yang memukau, pengunjung juga dapat menikmati hidangan makanan dan minuman di restoran yang tersebar di sekitar pantai.

6. Kepulauan Labengki

Salah satu destinasi wisata bahari yang menarik di Sulawesi Tenggara adalah Kepulauan Labengki. Terletak di Kabupaten Konawe Utara, wilayah ini terkenal dengan keindahan alamnya dan suasana yang tenang. Keelokannya begitu memukau sehingga daerah ini sering disebut sebagai miniatur dari Raja Ampat.

Kepulauan Labengki terdiri dari lima pulau utama, yaitu Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay, dan Mauang. Setiap pulau memiliki daya tarik wisata yang unik dan patut untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, laguna, gua, teluk, pemandangan tebing, hingga budaya masyarakat di pemukiman suku Bajo di Labengki Kecil. Di sini, pengunjung juga dapat menemukan Laguna Blue Lagoon yang dikelilingi oleh karang-karang tajam dengan air berwarna hijau toska yang memukau. Lokasi: Labengi, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

7. Pulau Bokori

Berlokasi di tengah-tengah samudra, Pulau Bokori menjadi salah satu destinasi wisata terkemuka di Sulawesi Tenggara yang layak untuk dikunjungi. Di samping menawarkan panorama pantai yang memesona dengan air biru-hijau yang jernih, pulau ini juga memperlihatkan pemandangan rumah-rumah nelayan yang dibangun di atas air. Saat berkunjung ke Pulau Bokori, sebaiknya luangkan waktu untuk mengeksplorasi beberapa pantai yang ada di sana karena setiap pantai memiliki daya tarik tersendiri dengan pasir putih yang indah dan unik.

Baca Juga >>>  Jangan Lewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Kediri Paling Menarik

Tak perlu khawatir tentang fasilitas, karena destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti resor, penginapan sederhana, gazebo, warung makan, dan lain sebagainya. Untuk mencapai destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini, kamu perlu menaiki perahu selama sekitar 90 menit dari Kampung Bajo. Jika berangkat dari Kendari, perjalanan akan memakan waktu tambahan sekitar 30 menit untuk mencapai Kampung Bajo sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Bokori.

8. Pulau Hari

Terletak administratif di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Pulau Hari menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung. Dari Kendari, perjalanan menuju Pulau Hari dapat dilakukan dengan mudah melalui speedboat dari Pelabuhan Beringin atau Kecamatan Nambo (Kendari). Baik dari Nambo maupun Pelabuhan Beringin, perjalanan memakan waktu sekitar 90 menit. Alternatif lain adalah berangkat dari Moramo Utara, yang membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Apa yang membuat Pulau Hari istimewa? Pulau ini sebenarnya tidak berpenghuni, sehingga kehadiran wisatawan memberikan semangat tersendiri bagi destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini. Karena tidak berpenghuni, tidak ada penginapan atau pedagang makanan di pulau ini.

Scroll to Top