Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Padang 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Ulasan kami pada kali ini adalah mengenai rekomendasi wisata Padang, salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat ini menyimpan destinasi
Masjid Raya Sumatera Barat (Foto: padang.go.id)

Arenarakyat.com – Ulasan kami pada kali ini adalah mengenai rekomendasi wisata Padang, salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat ini menyimpan banyak sekali destinasi. Langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Pulau Siburu, Mentawai

Di sebelah barat daya Kota Padang, terdapat destinasi yang sangat terkenal di kalangan peselancar karena ombaknya yang besar dan angin yang kuat. Jika Anda menyukai olahraga selancar, Anda wajib mengunjungi Kepulauan Mentawai. Selain itu, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pulau Siburu yang sepi dan memiliki pemandangan yang memukau.

Di sana, Anda dapat berenang, memancing, atau bahkan menjelajahi dan berfoto di atas pasir timbul yang luas. Dengan demikian, liburan Anda di Padang akan menjadi lebih sempurna di Pulau Siburu!

2. Masjid Raya Sumatra Barat

Salah satu destinasi wisata di Padang yang menjadi landmark terkenal yang harus dikunjungi adalah Masjid Raya Sumatra Barat. Dari kejauhan, pengunjung pasti akan melihat keunikan yang paling mencolok dari masjid ini. Ya, bentuknya memang didesain menyerupai Rumah Gadang, lengkap dengan ujung lancipnya.

Ujung ini melambangkan kain yang dipegang oleh keempat sudut oleh pemimpin Suku Quraisy saat mengangkat Hajar Aswad, yang kini dikenal sebagai Mekkah. Selain keindahan arsitekturnya, masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman, ruang serbaguna, dan fasilitas pendidikan.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Bekasi Lengkap 2024

3. Pantai Pasir Jambak

Jika Anda mencari lokasi terbaik untuk menikmati matahari terbenam yang dekat dengan pusat Kota Padang, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Pantai Pasir Jambak. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kekuningan yang memesona, yang diperindah dengan deretan gazebo dan pohon kelapa.

Di sini, Anda dapat menikmati berenang, bermain pasir, atau bahkan menikmati hidangan seafood lezat di gazebo sambil menunggu matahari terbenam. Angin sepoi-sepoi dan langit yang mulai memerah akan menciptakan momen liburan yang manis untuk dikenang di Padang.

4. Museum Adityawarman

Selanjutnya, terdapat Museum Adityawarman. Sebuah museum kebudayaan resmi Indonesia yang berlokasi di Sumatera Barat ini diambil dari nama seorang raja Malayapura pada abad ke-14. Di museum ini, terdapat warisan kebudayaan Minangkabau serta beberapa warisan budaya lainnya dari Indonesia.

Koleksi utama Museum Adityawarman dibagi menjadi 10 kategori utama, mulai dari arkeologi, seni rupa, hingga teknologi! Jadi, sambil menikmati liburan, Anda bisa meningkatkan wawasan dengan mengunjungi Museum Adityawarman ini.

5. Pulau Pamutusan

Bagi penggemar wisata pantai, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Pamutusan saat menjelajahi tempat-tempat wisata di Padang. Pulau ini merupakan salah satu destinasi liburan yang masih sepi namun tetap mempertahankan keindahannya, dengan perairan yang tenang dan jernih.

Baca Juga >>>  Rekomendasi HP OPPO Terbaik Untuk Game 2024

Di sini, Anda dapat menikmati kegiatan berenang dan snorkeling santai, serta memilih untuk menginap di homestay atau berkemah di tepi pantai! Selain itu, selain menikmati keindahan bawah laut dan pasir putihnya, Anda juga dapat mendaki bukit hijau yang ada di pulau ini.

6. Air Terjun Lubuk Hitam

Di Kota Padang, Sumatra Barat, terdapat keindahan alam yang tersembunyi yang patut dikunjungi, seperti Air Terjun Lubuk Hitam yang terletak di tengah hutan tropis yang masih sangat alami.

Keunikan dari air terjun ini adalah memiliki tiga tingkatan ketinggian yang berbeda, mulai dari 3 meter hingga 22 meter. Bahkan, setiap tingkatan memiliki kolam dengan pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat menikmati keindahan hutan secara menyeluruh saat berenang di lubuk atau kolam yang terletak di tingkat tertinggi.

7. Air Terjun Lembah Anai

Jika sebelumnya Anda harus menjelajahi hutan hujan tropis untuk mencapai Air Terjun Lubuk Hitam, ada destinasi wisata lainnya yang bernama Air Terjun Lembah Anai yang bahkan berlokasi di sebelah jalan! Debit airnya cukup deras dengan tebing tinggi di sekitarnya.

Di bawah terdapat kolam kecil yang cocok untuk bermain air. Selain dapat dengan mudah menikmati Air Terjun Lembah Anai, ternyata masih terdapat 6 titik air terjun lainnya yang dapat Anda kunjungi di Lembah Anai.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata India Terbaru 2024

8. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Selanjutnya, mari kita kunjungi tempat di mana semua informasi dan pengetahuan tentang budaya Minangkabau di Padang terdapat. Tempat ini adalah kompleks rumah Gadang yang indah dan masih terjaga dengan baik.

Di sini, Anda tidak hanya dapat melihat dan belajar tentang rumah tradisional khas Minangkabau, tetapi juga mempelajari sejarah Sumatra Barat serta memiliki kesempatan untuk menyewa pakaian adatnya. Destinasi wisata seluas 2 hektar ini juga dilengkapi dengan taman, kolam, dan gazebo yang nyaman untuk beristirahat.

9. Ngarai Sianok

Jika kamu telah memiliki uang kertas emisi 2022, tentunya kamu akan dapat melihat gambaran indah Ngarai Sianok di lembaran uang kertas 2000an. Ngarai Sianok sendiri merupakan lembah yang dikelilingi bukit-bukit dengan tebing curam yang mempesona.

Keindahan Ngarai Sianok juga makin sempurna dengan kehadiran aliran sungai berkelok tepat di tengahnya. Kawasan yang dijuluki Lembah Pendiam karena suasana tenangnya ini juga telah punya banyak fasilitas menarik. Di sana terdapat gardu pandang serta toko souvenir khas Bukittinggi yang dapat Anda kunjungi dan bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Terdengar menarik, bukan? Selamat berfoto di lokasi asli Ngarai Sianok yang terkenal itu.

Rekomendasi :

Scroll to Top