Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Sukabumi 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Gaopark Ciletuh Sukabumi (Foto: Tripadvisor)

Arenarakyat.com – Informasi kali ini kami akan mengulas rekomendasi wisata Sukabumi, salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat ini, menyimpan banyak destinasi. Langsung saja simak ulasan lengkap kami berikut untuk menjelajah Sukabumi.

1. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu memiliki kesamaan dengan Tanah Lot di Bali karena memiliki sebuah pulau kecil di tengahnya. Pantai ini terletak di dalam kompleks resort Amanda Ratu, sehingga untuk mengunjunginya, kita perlu memasuki area resort terlebih dahulu.

Akses kendaraan umum menuju pantai ini cukup jarang dari Kota Sukabumi. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Lokasinya berada di Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Purwasedar, Ciracap, Sukabumi.

2. Pantai Cimaja

Wisata di Sukabumi memiliki daya tarik pantai Selatan Pulau Jawa yang memukau. Salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang menawarkan pemandangan ini adalah Pantai Cimaja. Lokasinya berada di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai ini adalah tujuan yang sempurna bagi para penggemar olahraga surfing. Namun, bagi yang tidak bisa berselancar, bersantai sambil menikmati panorama indah Pantai Cimaja juga merupakan pengalaman yang menyenangkan.

3. Pantai Ombak Tujuh

Destinasi pantai berikutnya di Sukabumi adalah Pantai Ombak Tujuh, yang memiliki pasir putih bersih yang sangat menarik. Seperti pantai-pantai di selatan umumnya, destinasi wisata ini terkenal sebagai tempat yang populer untuk berselancar.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata Selandia Baru

Meskipun akses ke pantai ini cukup sulit, keindahan panorama yang luar biasa tentu membuatmu ingin mengunjungi tempat wisata ini. Pantai Ombak Tujuh terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

4. Curug Cimarinjung

Curug ini terletak di sebuah kampung bernama Cimarinjung di Desa Ciwaru yang termasuk dalam wilayah Taman Bumi Ciletuh-Pelabuhan Ratu. Lokasinya cukup tersembunyi dan tidak banyak yang mengetahuinya. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat berjalan kaki dari tempat pemberhentian terdekat atau menggunakan sepeda motor.

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan sungai dan hutan yang mempesona di sekitarnya. Air terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter ini dikelilingi oleh keindahan alam yang masih alami. Lokasinya berada di Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

5. Danau Bacan

Walaupun bernama Danau Bacan, tempat wisata di Sukabumi ini sebenarnya adalah bekas lubang galian tambang. Lokasinya berada di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Namun, meskipun begitu, keindahan tebing batuan yang mengelilinginya serta air danau yang hijau karena warna batu dan vegetasi yang hidup di dalam air membuat tempat wisata favorit di Sukabumi ini tetap menarik untuk dikunjungi.

6. Bukit Karang Para

Sukabumi memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Anda dapat dengan mudah menikmati keindahan ini dari ketinggian di Bukit Karang Para. Bukit Karang Para berlokasi di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga >>>  Harus Dikujungi! Ini Rekomendasi Wisata Cianjur 2024

Dengan struktur bambu yang dirancang khusus untuk berfoto dan menikmati pemandangan, destinasi wisata di Sukabumi ini menjadi salah satu spot yang sangat cocok untuk diabadikan dalam foto Instagram.

7. Geopark Ciletuh

Bagi Anda yang memiliki semangat petualangan dan senang menjelajahi keindahan alam, Geopark Ciletuh adalah destinasi wisata alam di Sukabumi yang harus Anda kunjungi.

Selain pemandangan pepohonan dan persawahan yang indah, terdapat banyak air terjun eksotis yang dapat ditemukan di kawasan alam ini yang dapat Anda jelajahi. Beberapa air terjun atau curug yang dapat ditemui di kawasan wisata di Sukabumi ini termasuk Curug Cimarinjung, Curug Cikaso, Curug Awang, dan lainnya.

8. Wisata Megalitik Cengkuk Sukabumi

Selain pesona alamnya, wisata Sukabumi juga menyimpan misteri peradaban kuno dari era megalitikum. Penelitian terhadap kawasan bersejarah ini dimulai pada tahun 2008 dan telah menghasilkan penemuan-penemuan sisa-sisa artefak prasejarah.

Di destinasi wisata Sukabumi ini, pengunjung dapat menemukan berbagai peninggalan dan monumen batu prasejarah yang terletak di tengah keindahan alam liar yang eksotis. Lokasinya berada di Desa Cengkuk, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

9. Kampung Cipta Gelar

Menginginkan pengalaman hidup bersama masyarakat adat Sunda? Pengalaman berharga ini dapat Anda rasakan dengan mengunjungi Kampung Cipta Gelar.

Selain kondisi alam dan perkampungan yang masih mempertahankan tradisi, destinasi wisata adat Sukabumi ini juga tetap menjalankan beberapa kegiatan budaya tradisional yang menarik untuk diikuti. Kampung Cipta Gelar terletak di Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Palembang Lengkap 2024

10. Kawah Ratu

Terdapat beragam jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai destinasi wisata Sukabumi ini. Dengan medan yang cukup menantang, disarankan bagi pengunjung untuk menyewa pemandu guna memastikan sampai di lokasi tanpa kesulitan.

Namun, semua tantangan tersebut akan sepadan dengan keeksotisan kawah keputihan yang memukau. Bahkan, di beberapa area, pengunjung bahkan dapat menemukan lapisan belerang. Lokasinya berada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan.

11. Situ Gunung

Situ Gunung merupakan destinasi wisata di Sukabumi yang sangat cocok bagi pengunjung yang mencari kedamaian. Dengan pemandangan alam yang sangat indah dan suasana yang tenang, Anda dapat menikmati keindahan alam sambil menenangkan pikiran. Lokasinya berada di Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi.

12. Gua Buniayu

Petualangan Anda di Sukabumi belum lengkap tanpa menjelajahi keindahan Gua Buniayu. Kompleks gua yang terdiri dari tiga gua ini juga dikenal memiliki sistem gua terbaik di Asia Tenggara dengan sistem keamanan yang memenuhi standar Internasional.

Destinasi wisata di Sukabumi ini akan memperlihatkan Anda panorama stalaktit dan stalakmit yang alami dan eksotis. Gua Buniayu berlokasi di Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Rekomendasi :

Scroll to Top