Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Sumedang Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Paralayang Batu dua Gunung Lingga salah satu rekomendasi wisata Sumedang (Foto: disparbud.jabar.go.id)

Arenarakayat.com – Ulasan infromasi kami pada kali ini adalah rekomendasi wisata Sumedang salah satu kota di Jawa Barat yang menyimpan banyak destinasi. Penasaran apa saja? Langsung simak ulasan lengkap dari kami berikut.

1. Arung Jeram Pangcalikan

Jika Anda mencari pengalaman petualangan yang memacu adrenalin, Arung Jeram Pangcalikan adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Sumedang. Di tempat ini, Anda akan menemukan petualangan seru melewati arus deras Sungai Cipeles saat melakukan arung jeram.

Selain memberikan pengalaman yang menegangkan, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah, termasuk tebing-tebing yang cocok diabadikan sebagai momen berharga. Harga tiket masuknya adalah Rp 225.000, dan lokasinya berada di Sungai Cipeles, Desa Citepok, Sumedang, Jawa Barat.

2. Puncak Damar Baros

Puncak Damar Baros adalah destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Sumedang. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk waduk yang dikelilingi oleh perbukitan. Agar dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan tempat ini, pengunjung dapat mengunjunginya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Lokasi wisata ini terletak di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan menarik seperti outbound dan berkemah di Puncak Damar Baros. Jam operasional: 08.00 – 16.00, alamat: Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Film Bioskop Awal 2024

3. Taman Hutan Raya Gunung Kunci

Salah satu destinasi wisata menarik di Sumedang yang wajib dikunjungi adalah Taman Hutan Raya Gunung Kunci. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang memukau. Selain itu, tempat ini pernah berfungsi sebagai pertahanan bunker dan penjara yang digunakan untuk menahan tawanan pribumi, sehingga juga dapat memberikan wawasan sejarah kepada pengunjung.

Taman Hutan Raya Gunung Kunci terletak di Gunung Panjunan, Kecamatan Sumedang Selatan. Untuk masuk ke dalam area wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah saja. Jam operasional: 07.00 – 16.30, alamat: Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

4. Nangorak Camp

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati rekreasi alam sambil belajar lebih banyak tentang lingkungan. Agrowisata Kampung Nangorak menyediakan berbagai aktivitas menarik seperti beternak, bercocok tanam, memancing, dan bahkan berkemah di alam terbuka.

Selain itu, jika pengunjung merasa lelah setelah beraktivitas, mereka juga dapat beristirahat atau menginap di rumah pohon dengan harga yang terjangkau. Jam operasional: 24 Jam, alamat: Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Jambi Lengkap 2024

5. Air Terjun Kembar Curug Cinulang

Destinasi wisata di Sumedang yang patut dikunjungi berikutnya adalah Air Terjun Kembar Curug Cinung. Tempat ini populer di kalangan pengunjung karena keindahan air terjunnya yang sangat terkenal di kota Sumedang. Keunikan tempat wisata ini terletak pada dua air terjun yang berdekatan.

Ketika berkunjung ke sini, pengunjung akan merasa sangat nyaman dan tenteram karena suasana yang tenang dan pemandangan yang menenangkan. Biaya masuk ke tempat ini sangat terjangkau, hanya Rp 10.000 saja. Jam Operasional: 08.00 – 17.00, alamat: Cicalengka Sindangwangi, Sindulang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat.

6. Kebunan Teh Margawindu

Destinasi wisata ini cocok bagi pecinta alam yang ingin menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan. Perkebunan Teh Margawindu terletak di Citengah, sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan dari Kota Sumedang. Udara yang sejuk dan pemandangan indah membuat pengunjung merasa nyaman dan betah di sini.

Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke tempat wisata ini, tetapi ada biaya parkir untuk kendaraan bermotor. Jam Operasional: 08.00 – 17.00, alamat: Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata Qatar

7. Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Jika ingin merasakan sensasi permainan yang menantang, maka kunjungi Paralayang Batu Dua Gunung Lingga untuk menikmati kegiatan paralayang. Di sini, kamu bisa terbang hingga ketinggian 930 mdpl sambil menikmati panorama alam sekitarnya yang mempesona.

Biaya masuk ke tempat wisata ini sebesar Rp 30.000, namun pengalaman yang akan kamu dapatkan sangatlah berharga. Bahkan jika tidak ingin berparalayang, kamu tetap dapat menikmati momen dengan berfoto di berbagai spot indah di sekitar tempat ini. Jam Operasional: 07.00 – 18.00, alamat: Jl. Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

8. Kampung Ciherang

Destinasi wisata yang terletak di Cijambu, Sumedang ini sangatlah direkomendasikan untuk dikunjungi saat berlibur di Sumedang. Dikelilingi oleh hutan pinus yang menawan, Kampung Ciherang selalu menarik perhatian para wisatawan untuk datang dan menikmati keindahannya.

Kampung Ciherang menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung, termasuk flying fox yang dapat menambah keseruan kunjunganmu di tempat wisata ini. Untuk masuk ke kawasan ini, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 40.000. Jam Operasional: 08.00 – 17.00, alamat: Cijambu, Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat

Rekomendasi :

Scroll to Top