Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Wonosobo Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Kawasan Wisata Dieng

Arenarakyat.com – Informasi kali ini kami akan mengulas rekomendasi wisata Wonosobo terbaru 2024, salah satu Kota yang berada di Provinsi Jawa Tenggah. Ternyata menyimpan banyak destinasi menarik untuk dikunjungi, apa saja destinasinya? Langsung saja simak ulasan yang kami berikan berikut.

1. Kawasan Wisata Dieng Plateau

Destinasi alam ini merupakan salah satu tujuan wisata yang paling populer di Wonosobo. Dikenal sebagai Kawasan Wisata Dieng Plateau, tempat ini adalah keajaiban alam yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Lokasinya terletak di perbatasan antara Wonosobo dan Banjarnegara. Selain memiliki pegunungan yang menakjubkan, Dieng Plateau menawarkan beragam tempat wisata lainnya, termasuk situs-situs candi Hindu, Kawah Sikidang, Telaga Warna, dan lain-lain.

Jarak ke tempat wisata ini sekitar 26 kilometer dari pusat kota Wonosobo. Pengunjung dapat mencapainya dengan menggunakan mikrobus, sepeda motor, atau mobil. Selain tempat-tempat wisata yang telah disebutkan, pengunjung juga bisa menikmati Keindahan Golden Sunrise di Cikunir, sebuah area di ketinggian 2.306 meter di atas permukaan laut, di mana banyak orang menikmati matahari terbit yang spektakuler di atas Dataran Tinggi Dieng.

2. Gunung Sumbing

Rekomendasi wisata Wonosobo terbaru selanjutnya adalah Gunung Sumbing. Gunung ini terletak di ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya berada di Kabupaten Magelang, lebih tepatnya di Temanggung, Wonosobo. Banyak orang tertarik untuk mendaki Gunung Sumbing, namun hal ini tidak menghalangi Anda yang tidak gemar mendaki untuk tetap menikmati keindahan gunung ini.

Baca Juga >>>  Berapa UMR Bandung? Ini Jawaban dan Ulasan Lengkapnya

Di sekitar kaki Gunung Sumbing, terdapat banyak lahan pertanian dan hutan rimba yang menakjubkan yang dapat Anda kunjungi. Gunung ini juga berdekatan dengan Gunung Sindoro, sehingga tidak mengherankan jika di antara kedua gunung ini terbentuklah pemandangan alam yang memukau.

3. Gunung Prau

Sebagai tujuan wisata alam yang menarik bagi para pengunjung yang berkunjung ke Wonosobo, Gunung Prau terletak di Kabupaten Batang, lebih tepatnya di wilayah Temanggung, Kendal, dan Wonosobo. Meskipun masuk dalam kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, Gunung Prau memiliki keunikan tersendiri dengan berbatasan langsung dengan beberapa wilayah kabupaten, termasuk Wonosobo, Kendal, Batang, dan Temanggung.

Sebagai puncak tertinggi di dataran Dieng, Gunung Prau berada di ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut. Di puncak Gunung Prau, terdapat berbagai jenis tumbuhan unik yang dapat ditemui, seperti bunga edelweiss, kantong semar, dan banyak lagi. Selain itu, beragam makhluk hidup juga dapat ditemui di sekitar Gunung Prau, termasuk macan tutul dan elang Jawa.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata Iran: Jelajah Negeri Penuh Sejarah

4. Bukit Siloreng Indah

Terletak di Desa Somogede, tepatnya di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Bukit Siloreng Indah merupakan salah satu opsi tempat wisata menarik di Wonosobo. Bukit ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan banyak cerita dan legenda menarik yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Menurut cerita dari warga setempat, Bukit Siloreng Indah dianggap sebagai tempat tinggal bagi macan tutul terbesar di Pulau Jawa. Bukit ini seringkali menjadi tempat untuk mengadakan ritual karena diyakini dapat membawa keberuntungan. Selain itu, Bukit Siloreng Indah juga pernah digunakan sebagai lokasi pelatihan untuk Tentara Nasional Indonesia.

5. Air Terjun Winong Kaliwiro

Rekomendasi Wisata Wonosobo terbaru selanjutnya adalah Air Terjun Winong Kaliworo, terletak di Desa Winong Sari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Air Terjun Winong Kaliwiro menjadi pilihan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Wonosobo tanpa harus menjauh ke dalam hutan, air terjun ini merupakan opsi yang tepat.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Magelang dan Harga Tiketnya 2024

Meskipun terletak di wilayah hutan Desa Winong Sari, akses menuju Air Terjun Winong Kaliwiro sudah sangat baik dan mudah dijangkau. Ketika mengunjungi air terjun ini, pengunjung akan dapat menikmati pemandangan indah Pegunungan Wonosobo, karena letaknya berada di kaki pegunungan. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat bebatuan besar yang disiram oleh air jernih, menciptakan suasana yang menyegarkan.

6. Gardu Pandang Tieng

Berada di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Gardu Pandang Tieng adalah salah satu tempat wisata yang direkomendasikan di Wonosobo. Lokasinya tepat di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, dan dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar 20 km dari pusat kota Wonosobo.

Bagi yang telah mendaki Dieng, Gardu Pandang Tieng mungkin sudah tidak asing. Secara dasarnya, Gardu Pandang Tieng berfungsi sebagai tempat istirahat bagi para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Puncak Dieng. Berada pada ketinggian 1.789 mdpl, Gardu Pandang Tieng juga sering digunakan sebagai tempat untuk menikmati sunrise atau matahari terbit, selain sebagai tempat singgah.

Rekomendasi :

Scroll to Top