Sangat Murah! Ini Rekomendasi Wisata Bondowoso 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Bukit Apetlepet Bondowoso (Foto: kemenparekraf.go.id)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan mengulas rekomendasi wisata Bondowoso terbaru 2024, salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini, menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Kawah Wurung

Anda harus mengunjungi Kawah Wurung sebagai tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan di Bondowoso. Di sini, Anda dapat menikmati bukit savana dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Hutan hijau yang lebat, bukit-bukit, dan padang rumput yang luas akan membuat Anda merasa puas telah mengunjungi tempat wisata yang luar biasa ini. Lokasinya berada di Margahayu, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

2. Batu Susun Solar

Batu Susun Solar di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, merupakan destinasi wisata yang patut dikunjungi selanjutnya. Fenomena alam ini sangat unik dan menakjubkan, mirip dengan Stonehenge di Inggris. Lanskapnya yang serupa menjadi bukti kemiripannya dengan kumpulan bebatuan yang teratur dan indah.

Di tengah bukit yang hijau dan pemandangan alam yang mempesona, Anda dapat menikmati keindahan batu-batu yang menakjubkan serta bersantai menikmati alam sekitarnya.

3. Kawasan Labang Seng

Di Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, terdapat Labang Seng yang menawarkan pengalaman wisata kawah ilalang di tengah kehijauan bukit. Labang Seng, berasal dari bahasa Madura yang berarti “pintu seng”, awalnya ditutupi oleh bukit hijau yang menyerupai seng atau penghalang.

Destinasi ini dapat dianggap sebagai salah satu tempat wisata tersembunyi yang jarang dikunjungi di Bondowoso. Untuk mencapainya, Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 64 kilometer dari pusat Kota Bondowoso, kemudian melanjutkan dengan pendakian selama sekitar 30 menit.

Baca Juga >>>  10 Rekomendasi Wisata Kamboja

4. Air Terjun Tancak Kembar Pakem

Di Hutan, Andungsari, Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68253, terdapat Air Terjun Tancak Kembar Pakem. Legenda yang beredar mengatakan bahwa siapa pun yang mandi di bawah air terjun ini akan mendapatkan umur panjang. Namun, perlu diingat bahwa lokasi air terjun ini cukup terpencil, sehingga perjalanan menuju ke sana melibatkan medan yang cukup sulit.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki cukup energi, mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, serta membawa cukup bekal untuk perjalanan tersebut.

5. Bukit Mahadewa

Di Gunung, Kupang, Curah Dami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68251, terletak Bukit Mahadewa yang sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Selain menyediakan banyak spot foto menarik, tempat ini juga menawarkan pemandangan indah dari bukit dan kebun di sekitarnya.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus melewati jalan yang curam. Pastikan Anda memiliki cukup tenaga agar dapat melewati trek yang menantang menuju Bukit Mahadewa ini.

6. Kawah Ijen

Di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, terdapat destinasi yang sudah pasti tidak asing lagi, bukan? Kawah Ijen menawarkan daya tarik utama berupa blue fire atau api biru yang sangat fenomenal. Namun, untuk menikmati pengalaman ini, Anda perlu mempersiapkan pakaian yang tebal dan memiliki stamina yang cukup.

Anda akan melakukan pendakian untuk melihat keindahan api biru ini. Selain itu, siapkan juga anggaran ekstra jika Anda berniat untuk memotret keajaiban alam ini. Pengelola kawah memberlakukan tarif tambahan untuk pengunjung yang ingin mengabadikan momen api biru ini.

7. Puncak Piramida

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan di Bondowoso adalah Puncak Piramida di Renggano, Curahpoh, Curah Dami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68251. Meskipun tidak seperti piramida di Mesir, Puncak Piramida menampilkan sisi puncaknya yang memiliki bentuk mirip dengan destinasi wisata terkenal tersebut.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Bengkulu dan Harga Tiket 2024

Meski demikian, Puncak Piramida tidak menawarkan pemandangan gurun, melainkan suasana dan pemandangan alam yang indah dan mengagumkan. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan ingin mengabadikan keindahan alam tersebut dalam foto.

8. Air Terjun Blawan

Rekomendasi wisata Bondowoso berikutnya adalah Air Terjun Blawan di Rengahrejo, Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Air terjun ini terletak dekat dengan Air Panas Blawan dan merupakan bagian bawah dari rembesan Kawah Ijen. Berbeda dengan air terjun biasa yang memiliki air jernih, Air Terjun Blawan memiliki air yang berwarna kekuningan akibat kandungan belerangnya.

Selain terkenal dengan kisah rakyat Damar Wulan, dimana tempat ini konon dijadikan tempat bersemedi oleh Damar Wulan sebelum melawan musuhnya, Air Terjun Blawan juga menawarkan daya tarik lainnya. Air dari air terjun ini mengalir ke tanah dan berakhir di kawasan Situbondo. Selain itu, lokasi ini juga berada di area perkebunan kopi, yang memungkinkan pengunjung menikmati aroma kopi saat musim panen tiba.

9. Kebun Sawi Jampit

Di Jampit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288, terdapat sebuah destinasi yang mirip dengan keindahan Pulau Jeju di musim semi, yaitu Kebun Sawi Jampit. Di sini, pengunjung dapat menikmati kecantikan bunga-bunga yang sedang mekar dengan latar belakang Gunung Raung, Gunung Ijen, dan Gunung Ranti.

Yang menarik, Kebun Sawi Jampit bukanlah tempat wisata resmi, melainkan kebun milik seorang petani yang boleh dikunjungi untuk menikmati keindahan alam Bondowoso. Pengunjung dapat mencapai lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Namun, sebagian besar jalan menuju ke Kebun Sawi Jampit masih berupa tanah, belum diaspal.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Sulawesi Tenggara Terbaru 2024

Karena merupakan kebun petani, Kebun Sawi Jampit hanya dapat dinikmati pada musim tertentu, yaitu setelah masa tanam dan sebelum masa panen. Saat masa panen tiba, kebun ini akan kembali menjadi lahan pertanian biasa. Pemiliknya akan menutup area kebun dan akan dibuka kembali saat masa tanam dimulai.

10. Bukit Apetlepet

Di Curah Macan, Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288, terdapat destinasi wisata yang tak kalah menawan, yaitu Bukit Apetlepet. Terletak di lereng Gunung Ijen, Bukit Apetlepet memiliki kesamaan dengan Bukit Teletubbies di kawasan Bromo. Namun, karena kedekatannya dengan Kawah Ijen, Bukit Apetlepet memiliki daya tarik yang lebih istimewa. Nama “Apetlepet” mengandung arti berlapis-lapis, sesuai dengan struktur bukit ini jika dilihat dari dekat.

Berbeda dengan Kawah Ijen yang sangat terkenal, Bukit Apetlepet termasuk dalam kategori destinasi wisata tersembunyi. Hanya sedikit orang yang pernah menikmati kecantikan Bukit Apetlepet. Karena relatif sepi, pengunjung dapat dengan bebas menjelajahi setiap sudut bukit sambil menikmati ketenangan alam.

Di depan bukit, terdapat kawah ilalang yang menambah pesona Bukit Apetlepet. Yang menarik, keindahan bukit ini tidak hanya terlihat pada musim hujan. Meskipun pada musim kemarau, Bukit Apetlepet mungkin tidak sehijau biasanya, tetapi pemandangannya tetap eksotis, mirip dengan perbukitan pada musim gugur. Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung hanya perlu memberikan sumbangan seikhlasnya kepada petani kentang yang berada di bawah bukit.

Rekomendasi :

Scroll to Top