Sayang Dilewatkan! Ini Rekomendasi Wisata Tasikmalaya 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pantai Karang Tawulan salah satu rekomendasi wisata Tasikmalaya (Foto: Disbudpar Jawa Barat)

Arenarakyat.com – Kali ini kami akan mengulas informasi mengenai rekomendasi wisata Tasikmalaya terbaru 2024, salah satu Kota di Jawa Barat yang menyimpan banyak destinasi. Langsung saja simak ulasan yang kami berikan berikut.

1. Pantai Karang Tawulan

Jika kamu menjauh sedikit dari pusat kota Tasikmalaya ke arah selatan, kamu akan menemukan sebuah pantai yang tersembunyi sedikit. Namun, bukan pasir putih yang akan kamu temui di sini, melainkan tebing-tebing tinggi yang menjadi pemandangan utama di destinasi wisata Tasikmalaya berikutnya.

Meskipun tidak ada kesempatan untuk bermain di pantai, keindahan alami dari tebing-tebing megah ini menjadi daya tarik utama dari wisata Tasikmalaya ini, terutama bagi para pecinta fotografi. Ada bagian tebing yang bisa didaki di bagian atasnya, menjadikannya salah satu spot favorit untuk berfoto di destinasi wisata Tasikmalaya ini. Lokasinya: Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat

2. Situ Gede

Tasikmalaya memiliki danau alami yang besar dan menawarkan pemandangan yang indah yang dikenal dengan nama Situ Gede. Keelokan alamnya menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata yang populer sejak masa penjajahan Belanda.

Di Situ Gede, wisatawan dapat menyewa perahu sampan untuk menikmati keindahan danau. Karena tiket masuknya yang terjangkau, Situ Gede di Tasikmalaya menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat pada akhir pekan. Lokasi: Kecamatan Mangkubumi, perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

3. Danau Lemona

Di Tasikmalaya terdapat sebuah destinasi wisata yang merupakan danau buatan yang dikenal dengan nama Danau Lemona. Danau ini menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan serta memiliki sebuah restoran yang menyajikan hidangan khas Sunda. Selain menikmati makanan dan keindahan alam, pengunjung dapat mengabadikan momen dengan berbagai spot foto yang menarik, seperti jembatan gantung, jembatan terapung, dan saung-saung yang tersusun rapi di sekitar restoran.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Kebumen Terbaru 2024

Makan malam di restoran Danau Lemona juga menjadi pengalaman yang menarik karena pada malam hari, tempat ini dihiasi dengan lampu-lampu berwarna oranye yang menciptakan suasana yang semakin syahdu dan romantis. Lokasi: Kawitan, Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat.

4. Bukit Kecapi

Melihat pemandangan bukit-bukit hijau sambil menikmati udara segar memang kegiatan yang umum dilakukan. Ya, hal tersebut dapat dilakukan hampir di setiap daerah dataran tinggi di Indonesia. Namun, bagaimana jika kamu menikmati kegiatan berenang di tengah pemandangan hijau tersebut?

Ya, hal itu dapat kamu lakukan di Bukit Kecapi, sebuah destinasi wisata di Tasikmalaya yang terletak di Kurjati Tanjungkarang. Tempat wisata di Tasikmalaya ini menyediakan kolam renang layaknya villa dengan latar belakang pemandangan bukit yang indah. Selain itu, kamu juga dapat bersantai di kasur gantung yang disediakan oleh pengelola tempat wisata. Lokasi: Kurjati, Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

5. Curug Dengdeng

Sebagai destinasi wisata alam, Curug Dengdeng, yang merupakan air terjun, memiliki daya tarik alam yang membuat pengunjungnya betah untuk berlama-lama menikmatinya. Kapan pun, Curug Dengdeng selalu menarik untuk dikunjungi. Saat volume airnya tinggi, genangan sungai di bawah Curug Dengdeng menjadi tempat yang menyenangkan untuk bermain air.

Sementara saat airnya surut, pemandangan indah bebatuan cokelat akan terlihat di sekitar Curug Dengdeng. Tetapi, kamu perlu bersiap-siap karena fasilitas di sekitar kawasan wisata Tasikmalaya ini masih terbatas. Disarankan bagi pengunjung untuk membawa persediaan dan perlengkapan sendiri karena kawasan ini masih tergolong perawan. Lokasi: Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

6. Kawah Gunung Galunggung

Gunung Galunggung adalah salah satu gunung favorit bagi pendaki pemula karena jalur pendakiannya relatif mudah dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Indonesia. Bagian kawah Gunung Galunggung juga menjadi tujuan favorit untuk menikmati keindahan alam.

Baca Juga >>>  Jarang yang Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Sleman Yogyakarta 2024

Dataran luas di kawah Gunung Galunggung yang ditutupi oleh tanaman khas dataran tinggi memberikan pemandangan yang memukau dan menjadi spot foto yang menarik untuk dibagikan di media sosial. Untuk mencapai kawah ini, tidak perlu mendaki Gunung Galunggung secara keseluruhan, karena kamu hanya perlu melewati 600 anak tangga. Lokasi: Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat.

7. Tanjong Canyon

Dengan perlahan namun pasti, Tanjong Canyon menjadi daya tarik bagi para wisatawan dengan menawarkan panorama alam eksotis yang memukau. Tebing-tebing batu yang kokoh dan dramatis di Tanjong Canyon, bersama dengan aliran sungai yang mengalir, menciptakan suasana yang mirip dengan lereng perbukitan di luar negeri dan menawarkan pengalaman fotografi yang menarik.

Sebagai tips, sebaiknya kunjungan ke Tanjong Canyon dilakukan pada hari dengan cuaca cerah dan tanpa hujan, karena hujan dapat membuat area ini menjadi sangat licin dan berbahaya. Lokasi: Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

8. Desa Wisata Taraju

Sebagai sebuah desa wisata, desa yang sebelumnya dikenal dengan nama Nanggerang ini memiliki keindahan alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati panorama alam yang indah seperti kebun teh yang luas, sawah hijau, aliran sungai yang mengalir, dan air terjun yang menawan.

Selain menawarkan pengalaman wisata alam, Desa Wisata Taraju juga menyajikan berbagai paket wisata budaya seperti pertunjukan tari tradisional, sajak terbang, kuda lumping, dan pertunjukan musik kecapi suling. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati hidangan kuliner tradisional khas Taraju seperti pepes ikan nila, nasi timbel, dan sate ciranti. Lokasi: Taraju, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Tangerang Lengkap 2024

9. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta memiliki ciri khas yang unik dan tidak dimiliki oleh kebanyakan pantai lainnya, yaitu adanya taman laut yang terdiri dari terumbu karang dan ikan kecil yang masih terjaga dengan baik. Kecantikan taman laut di Pantai Sindangkerta sangat ideal untuk aktivitas snorkeling. Fasilitas di pantai ini juga sudah cukup lengkap, mulai dari tempat parkir kendaraan, warung makan, mushola, kamar mandi umum, hingga penyewaan tenda untuk berkemah. Lokasi: Jl. Raya Sindangkerta, Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat, 46189.

10. Goa Ciguha

Bagi yang memiliki semangat petualangan, Tasikmalaya menawarkan objek wisata yang cocok untuk eksplorasi, yaitu Goa Ciguja. Destinasi wisata ini masih relatif tidak terlalu dikenal dan jarang dikunjungi, sehingga keindahan eksotis di dalam gua dengan formasi stalaktit dan stalakmit masih tetap terjaga.

Namun, perlu diingat bahwa jalur penjelajahan di Goa Ciguja cukup sulit dan berbahaya karena permukaannya yang licin dan minim fasilitas. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan perlengkapan keselamatan yang memadai dan didampingi oleh pemandu berpengalaman jika ingin menjelajahi tempat wisata ini di Tasikmalaya. Lokasi: Mandalahurip, Jatiwaras, Tasikmalaya.

11. Kampung Naga

Saran tempat wisata di Tasikmalaya berikutnya cocok untuk pengalaman dekat dengan suasana pedesaan dan kehidupan masyarakat adat Sunda. Di Kampung Naga, semua penduduk masih menjalani kehidupan mereka sesuai dengan tradisi dan adat istiadat Sunda secara tradisional.

Tidak hanya aspek budaya dan adat, kampung yang dikelilingi oleh sawah hijau ini juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona, termasuk rumah-rumah tradisional yang khas di Kampung Naga. Lokasi: Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rekomendasi :

Scroll to Top