Sejarah Hak Angket dalam Perpolitikan Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Gedung DPR RI (Foto: Menpan.go.id)

Arenarakyat.com – Hak Angket, sebuah mekanisme kontrol terhadap eksekutif, telah menjadi instrumen penting dalam kerangka demokrasi Indonesia. Artikel ini akan membahas sejarah hak angket dalam perpolitikan Indonesia, dari pembentukannya hingga perannya dalam mengawal keseimbangan kekuasaan.

Latar Belakang Hak Angket

Awal Mula Pengenalan

Hak Angket pertama kali diperkenalkan dalam peraturan perundang-undangan Indonesia melalui UU No. 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman. Mekanisme ini dirancang untuk memberikan hak kepada DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) untuk menyelidiki dan mengawasi kinerja pemerintah.

Implementasi Pertama

Penggunaan pertama Hak Angket terjadi pada tahun 2005 terkait kasus Bank Century. DPR, pada saat itu, menggunakan hak ini untuk menyelidiki kebijakan pemerintah terkait penanganan krisis keuangan. Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah, menunjukkan bahwa Hak Angket dapat diaplikasikan dalam mengawal kebijakan eksekutif.

Baca Juga >>>  PKS Mungkinkan Anies Baswedan Maju Gubernur Jakarta 2024

Perkembangan Hak Angket

Kontroversi dan Tantangan

Meskipun memiliki potensi besar untuk memperkuat kontrol legislatif terhadap pemerintah, Hak Angket sering kali menjadi sumber kontroversi. Beberapa implementasi Hak Angket diwarnai oleh perdebatan politik yang sengit dan dianggap sebagai alat untuk kepentingan politik tertentu.

Perubahan Aturan

Seiring berjalannya waktu, aturan terkait Hak Angket mengalami beberapa perubahan. Pada tahun 2014, UU MD3 (Perubahan Atas UU MD3 Tahun 2009) memperkuat kembali kewenangan DPR dalam menggunakan Hak Angket. Hal ini menggambarkan upaya untuk menyeimbangkan kekuasaan antara lembaga legislatif dan eksekutif.

Peran dan Dampak Hak Angket

Pengawalan Kebijakan Publik

Hak Angket menjadi instrumen yang kuat dalam pengawalan kebijakan publik. DPR dapat menggunakan hak ini untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan kepentingan rakyat atau tidak sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Baca Juga >>>  KPU RI Targetkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Selesai Hari Ini

Meningkatkan Akuntabilitas Pemerintah

Dengan adanya Hak Angket, pemerintah diharapkan lebih akuntabel terhadap rakyat. Proses penyelidikan dan pengawasan yang dilakukan DPR dapat menjadi instrumen pencegah penyalahgunaan kekuasaan oleh eksekutif.

Sejarah Hak Angket dalam perpolitikan Indonesia mencerminkan dinamika dalam upaya mencapai keseimbangan kekuasaan antara lembaga legislatif dan eksekutif. Meskipun kontroversial, Hak Angket memainkan peran vital dalam mengawasi kebijakan pemerintah, meningkatkan transparansi, dan menguatkan demokrasi di Indonesia.

Rekomendasi :

Scroll to Top