Sejarah Klub Evertoon FC dari Berjaya Hingga Terpuruk

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Logo Evertoon FC (Foto: Pixabay)

Arenarakyat.com – Klub sepak bola Everton FC adalah salah satu klub tertua dan paling bersejarah di Inggris. Dalam perjalanan panjangnya sejak berdiri hingga saat ini, Everton telah mengalami berbagai peristiwa penting yang membentuk identitas dan reputasinya sebagai salah satu kekuatan sepak bola Inggris. Mari kita telusuri sejarah klub Everton FC secara lengkap dari awal berdiri hingga kondisi saat ini.

Awal Berdirinya Everton FC

Everton FC didirikan pada tahun 1878 di daerah Everton, Liverpool, oleh sekelompok pemuda yang menggeluti olahraga sepak bola. Klub ini awalnya bernama St. Domingo FC, diambil dari nama gereja di dekat lokasi pertama lapangan mereka. Namun, pada tahun 1879, klub berganti nama menjadi Everton FC, yang kemudian menjadi salah satu nama besar dalam sepak bola Inggris.

Baca Juga >>>  Bagaimana Sejarah Partai Politik di Dunia? Ini Penjelasannya

Perjalanan Awal dan Kesuksesan Pertama

Everton menjadi salah satu pendiri Liga Sepak Bola Inggris (Football League) pada tahun 1888. Mereka meraih gelar juara Liga Inggris (First Division) untuk pertama kalinya pada tahun 1890-1891 di bawah manajer William Barclay. Kesuksesan ini menjadi tonggak sejarah bagi klub dan menetapkan posisi Everton sebagai salah satu kekuatan utama di Inggris.

Era Kejayaan di Era 1960-an dan 1980-an

Everton meraih kesuksesan besar pada era 1960-an dan 1980-an. Di bawah kepemimpinan manajer Harry Catterick, mereka memenangkan gelar juara liga pada tahun 1962-1963 dan 1969-1970. Namun, kejayaan terbesar Everton datang pada era 1980-an di bawah manajer legendaris Howard Kendall. Mereka meraih treble pada musim 1984-1985, memenangkan Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Winners UEFA dalam satu musim.

Baca Juga >>>  Jadwal Liga Inggris Hari Ini 30 Maret 2024! Ada Arsenal VS Manchester City

Periode Kemandekan dan Bangkit Kembali

Setelah periode kejayaan di tahun 1980-an, Everton mengalami periode kemandekan dalam beberapa tahun berikutnya. Namun, klub ini bangkit kembali pada awal tahun 2000-an di bawah manajer David Moyes. Everton secara konsisten berada di papan tengah Liga Premier dan bahkan berhasil finis di posisi empat besar pada beberapa kesempatan, memastikan kualifikasi untuk kompetisi Eropa.

Stadion dan Pendukung

Stadion Goodison Park telah menjadi markas Everton sejak tahun 1892. Meskipun telah mengalami beberapa renovasi, Goodison Park tetap menjadi salah satu stadion paling bersejarah dan ikonik di Inggris. Pendukung Everton, yang dikenal sebagai “The Toffees” atau “The Blues”, adalah salah satu yang paling setia dan bersemangat di Inggris.

Baca Juga >>>  Berapa Total Gelar Manchester City? Ini Daftar Tropi yang Dimenangkan

Kondisi Saat Ini dan Harapan Masa Depan

Saat ini, Everton FC berada dalam kondisi yang terpuruk bahkan akan degradasi dari premier League. Namun dengan kondisi tersebut tak membuat rival Liverpool FC ini lantas putus asa, berbagai cara akan diperjuangkan untuk kembali meraih era keemasan. Sehingga cerita sejarah kerjayaan bisa terulang lagi

Dari awal berdirinya hingga kondisi saat ini, Everton FC telah melalui berbagai fase dan peristiwa yang membentuk sejarah dan identitasnya sebagai salah satu klub paling bersejarah di Inggris. Dengan dukungan pendukung yang luar biasa dan tekad untuk meraih kesuksesan lebih lanjut, Everton terus menjadi salah satu kekuatan yang patut diperhitungkan dalam sepak bola Inggris. Semoga mereka terus menemukan keberhasilan dan meraih gelar-gelar yang diinginkan di masa depan.

Rekomendasi :

Scroll to Top