Sejarah Lengkap Musik Metal Gendre Keras yang Menyebar Luas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Black Sabath salah satu Band Metal bersejarah (Foto: Pixabay)

Arenarakyat.com – Musik metal adalah genre musik yang ditandai dengan suara yang keras, riff gitar yang berat, dan vokal yang serak. Sejak munculnya pada awal tahun 1970-an, musik metal telah menjadi salah satu genre yang paling berpengaruh dan ikonik dalam sejarah musik modern. Mari kita telusuri sejarah musik metal dari akarnya yang keras hingga perkembangannya yang luas di seluruh dunia.

Awal Mula: Zaman Black Sabbath

Sejarah musik metal dimulai pada awal tahun 1970-an dengan munculnya band-band seperti Black Sabbath, Deep Purple, dan Led Zeppelin. Black Sabbath, dengan suara gitar yang gelap dan lirik yang bertema gelap, sering dianggap sebagai pelopor genre ini. Album pertama Black Sabbath, yang dirilis pada tahun 1970, dianggap sebagai tonggak sejarah dalam perkembangan musik metal.

Baca Juga >>>  Harus Tahu! Ini Daftar Band Metal Polandia Paling Terkenal

Era New Wave of British Heavy Metal (NWOBHM)

Pada akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an, terjadi gelombang baru dalam musik metal yang dikenal sebagai New Wave of British Heavy Metal (NWOBHM). Band-band seperti Iron Maiden, Judas Priest, dan Motorhead adalah beberapa contoh terkenal dari gerakan ini. Mereka membawa kecepatan, energi, dan agresi baru ke dalam musik metal, serta menarik penggemar baru di seluruh dunia.

Era Thrash Metal dan Perkembangannya

Di pertengahan hingga akhir tahun 1980-an, musik metal mengalami evolusi lebih lanjut dengan munculnya genre thrash metal. Band-band seperti Metallica, Slayer, dan Megadeth menjadi pemimpin gerakan ini dengan menggabungkan kecepatan dan agresi dari punk rock dengan kompleksitas musik yang lebih tinggi. Thrash metal memberikan dorongan baru bagi musik metal dan memperluas jangkauannya ke berbagai subgenre yang lebih ekstrim.

Baca Juga >>>  Sejarah Chelsea FC: Tim Biru dari London

Perkembangan Subgenre Metal

Sejak era thrash metal, musik metal telah berkembang menjadi berbagai subgenre yang lebih khas dan beragam. Mulai dari death metal, black metal, doom metal, hingga power metal dan metalcore, setiap subgenre memiliki ciri khasnya sendiri dalam suara, gaya, dan tema liriknya. Setiap subgenre menarik penggemar dari berbagai latar belakang dan menciptakan komunitas yang kuat di seluruh dunia.

Pengaruh Global dan Komunitas Penggemar

Musik metal memiliki pengaruh yang kuat di seluruh dunia dan menarik penggemar dari berbagai budaya dan latar belakang. Konser musik metal sering kali menjadi acara yang besar dan menggembirakan, di mana penggemar dapat merasakan kekuatan dan energi dari musik yang mereka cintai. Komunitas penggemar metal juga sering kali memiliki rasa persaudaraan yang kuat, dengan saling mendukung dan menghormati satu sama lain di dalam dan di luar konser.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Tuban 2024

Sejarah musik metal adalah kisah tentang perjuangan, keberanian, dan keberanian untuk mengekspresikan diri secara bebas. Dari akarnya yang keras hingga perkembangannya yang luas di seluruh dunia, musik metal terus menjadi salah satu genre yang paling dicintai dan dipuja dalam sejarah musik. Dengan komunitas penggemar yang kuat dan pengaruh global yang luas, musik metal akan terus menjadi kekuatan yang menggetarkan dunia musik modern.

Rekomendasi :

Scroll to Top