Tak Banyak yang Tahu! Ini Rekomendasi Wisata Gresik 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Danau Katsoba Bawean salah satu rekomendasi wisata Gresik (Foto: Wikimedia)

Arenarakyat.com – Dalam infromasi ini kami akan membagikan rekomendasi wisata Gresik 2024, salah satu kota di Jawa Timur yang menyimpan banyak destinasi menarik. Langsung saja simak ulasan lengkap berikut.

1. Giri Kedaton

Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Gresik adalah Giri Kedaton, sebuah situs bersejarah yang merupakan bagian penting dari warisan Kabupaten Gresik. Giri Kedaton adalah bangunan peninggalan bersejarah yang dulunya menjadi pusat pemerintahan dan penyebaran agama Islam di Nusantara.

Awalnya, bangunan ini didirikan oleh Sunan Giri, yang juga dikenal dengan nama Raden Paku. Saat ini, Giri Kedaton menjadi situs bersejarah yang menggambarkan perkembangan agama Islam di Indonesia. Giri Kedaton terletak di Jalan Sunan Giri 13, Pedukuhan, Kebomas, Gresik. Lokasinya yang terletak di atas perbukitan memberikan pemandangan alam yang hijau dan menenangkan bagi pengunjung.

2. Pulau Gili Noko

Pernahkah Anda membayangkan sebuah pulau kecil dengan pasir putih yang belum dihuni, dikelilingi oleh ratusan terumbu karang dan kehidupan laut yang menakjubkan? Di Gresik, Anda bisa menemukan tempat seperti itu! Pulau Gili Noko, yang berdekatan dengan Pulau Gili, adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, di mana pasir putih membentang di sekelilingnya.

Pulau ini sering dianggap sebagai surga tersembunyi bagi para penggemar kehidupan bawah laut karena terdapat banyak terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang unik di sekitarnya. Tidak mengherankan jika ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan bertemu dengan banyak penggemar snorkeling. Keindahan kehidupan bawah laut di Pulau Gili Noko memang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Cirebon Beserta Harga Tiket 2024

3. Bukit Kapur Gosari

Gresik memiliki keindahan alam yang menarik untuk dieksplorasi, dan salah satunya adalah Bukit Kapur Gosari yang terletak di kawasan Gosari, Ujungpangkah, Gresik. Tempat wisata ini tidak jauh dari Bukit Kapur Sekapuk yang juga menawarkan pesona alam yang indah. Saat berkunjung ke tempat wisata Gresik ini, pastikan untuk membawa kamera dan menyiapkan gaya terbaik Anda karena Bukit Kapur Gosari terkenal akan pemandangannya yang sangat cocok untuk diabadikan di Instagram.

4. Bukit Kapur Sekapuk

Salah satu tempat wisata terkenal di Gresik adalah Bukit Kapur Sekapuk. Jika Anda menginginkan pengalaman mirip Grand Canyon lokal, mungkin Bukit Kapur Sekapuk bisa menjadi pilihan yang tepat. Bukit Kapur Sekapuk ini terdiri dari bukit-bukit kapur yang menjulang tinggi ke langit, dengan warna putih dari batu kapur yang menambah keindahan tempat ini. Bagi para penggemar fotografi, tempat ini menyediakan banyak sudut yang photogenic yang bisa dieksplorasi.

5. Danau Kastoba Bawean

Gresik memiliki banyak tempat indah yang tersembunyi, salah satunya adalah Danau Kastoba Bawean, yang terletak di Pulau Bawean, Gresik, dan merupakan bagian dari kekayaan alam Jawa Timur. Jika Anda mencari tempat di mana Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang luas dan ketenangan alam, Danau Kastoba Bawean adalah pilihan yang tepat. Meskipun perjalanan ke Danau Kastoba Bawean membutuhkan usaha ekstra, dengan berjalan kaki selama sekitar satu jam, tetapi keindahan panorama alam di sekitar danau ini akan membuatnya sepadan.

Baca Juga >>>  Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi Tegaskan Anwar Usman Tak Ikut Adili Sengketa Pemilu

6. Bukit Larangan Panceng

Salah satu destinasi wisata populer berikutnya di sekitar Kabupaten Gresik yang patut Anda kunjungi adalah Bukit Larangan Panceng. Bukit ini terletak di Area Sawah, Prupuh, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Banyak orang menyebut Bukit Larangan Panceng sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Gresik. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat keadaan alam di sekitarnya yang jarang dijamah oleh manusia, karena letaknya yang agak terpencil di puncak bukit.

Bagi mereka yang sudah mengunjungi dan terpesona oleh keindahan alam di sekitar Bukit Larangan Panceng, pasti sulit untuk menolak untuk kembali lagi. Alamnya yang begitu asri dan menakjubkan membuat pengunjung betah. Di bukit ini, Anda juga dapat menginap dan menikmati keindahan matahari terbenam serta terbit.

7. Pantai Karang Kering

Salah satu rekomendasi wisata populer pertama di Gresik yang bisa Anda pertimbangkan adalah Pantai Karang Kering. Pantai ini merupakan salah satu destinasi populer di Kabupaten Gresik, terletak di Jalan Kapten Darmo Sugondo, Karang Kering, Karangkering, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jika Anda menyukai pantai yang dipenuhi dengan terumbu dan batu karang besar, Pantai Karang Kering bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan ombak yang bergulung-gulung di tepi pantai setiap saat.

Banyak orang datang ke Pantai Karang Kering tidak hanya untuk menikmati keindahan ombaknya, tetapi juga untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Keindahan laut dan langit yang berwarna lembayung saat senja adalah salah satu alasan mengapa Pantai Karang Kering selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga >>>  Sangat Menarik! Ini Rekomendasi Wisata Bojonegoro Terbaru 2024

8. Pantai Mombhul

Selanjutnya, terdapat Pantai Mombhul yang terkenal dengan spot-spot yang cocok untuk foto Instagram. Pantai Mombhul memiliki luas sampai dengan 45 hektar, menjadikannya sebagai kawasan yang sangat luas. Pihak pengelola telah menciptakan beberapa spot untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang menakjubkan.

Di antara spot-spot tersebut termasuk sarang burung dan gardu pandang yang memungkinkan pengunjung untuk berfoto dari ketinggian. Selain berfoto, pengunjung juga dapat menikmati atraksi penangkaran rusa dan wahana waterboom yang tersedia di sekitar pantai. Alamat: Jalan Raya, Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61182.

9. Telaga Ngipik

Tempat wisata terakhir di Gresik adalah Telaga Ngipik. Telaga ini menawarkan pemandangan yang sangat memesona yang menarik para pengunjung. Air di telaga ini terasa tenang dan jernih, udara di sekitarnya begitu segar, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan melepaskan kepenatan.

Pengunjung dapat duduk santai di tepi telaga atau mengambil foto dengan latar belakang panorama yang indah. Jika ingin menjelajahi seluruh telaga, pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling. Selain perahu, pengunjung juga dapat menyewa sepeda air dari pihak pengelola untuk menjelajahi Telaga Ngipik. Alamat: Jarangkuwung, Desa Ngipik, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Rekomendasi :

Scroll to Top