Wajib Berkunjung! Ini Rekomendasi Wisata Wonogiri Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Waduk Gajahmungkur slah satu rekomendasi wisata Wonogiri (Foto: Wikipedia)

Arenarakyat.com – Dalam informasi kali ini kami akan membagikan rekomendasi wisata Wonogiri, kota di selatan Jawa Tenggah dengan destinasi yang menarik. Penasaran dengan apa saja tempat yang bisa dikunjungi? Langsung simak ulasan lengkap berikut.

1. Pantai Nampu

Tempat: Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, selain Waduk, destinasi wisata berikutnya yang bisa dikunjungi di Wonogiri adalah Pantai Nampu. Pantai ini menampilkan keindahan alam yang memikat dengan pantai berpasir putih dan batu karang yang masih alami.

Suara ombak yang bertabrakan dengan batu karang menjadi daya tarik utama Pantai Nampu. Untuk mencapainya, perjalanan sekitar 70 kilometer dari kota Wonogiri diperlukan. Di destinasi wisata Wonogiri ini, terdapat tiga pantai yang terpisah oleh gundukan daratan.

2. Pantai Sembukan

Tempat: Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, destinasi wisata selanjutnya di Wonogiri masih berhubungan dengan pantai, yaitu Pantai Sembukan. Pantai ini memiliki keindahan alam yang menawan serta menyimpan mitos yang tersembunyi di balik batu karang yang besar.

Untuk mencapai pantai ini, perjalanan sekitar 40 kilometer dari pusat kota Wonogiri diperlukan. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Nampu. Penting untuk dicatat bahwa berenang tidak diperbolehkan di Pantai Sembukan karena ombaknya yang cukup kuat.

Baca Juga >>>  Kemenhub Akan Lakukan Investigasi Atas Dugaan Pilot Batik Air yang Tertidur

3. Pantai Banyutowo

Tempat: Desa Banyuroto, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tidak kalah menawan dengan Pantai Nampu dan Pantai Sembukan, Pantai Banyutowo juga memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu airnya yang tidak mengandung garam. Ini disebabkan oleh sumber air Pantai Banyutowo yang berasal dari muara, tempat di mana air tawar sungai bertemu dengan air laut.

Air tawar ini berasal dari mata air bawah tanah yang mengalir ke tepi pantai. Selain keunikan airnya, pemandangan di destinasi wisata Wonogiri ini sangat memukau; pengunjung dapat menyaksikan langsung aliran air tawar yang jatuh dari batu karang tepat di tepi pantai. Jika dilihat dari kejauhan, airnya terlihat jernih. Hal ini menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Wonogiri.

4. Waduk Gajah Mungkur

Tempat: Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, destinasi ini menjadi kunjungan wajib saat berada di Wonogiri. Saat memasuki area objek wisata Waduk Gajah Mungkur, pengunjung akan disambut oleh patung Bedol Desa yang berada di depan pintu masuk menuju area rekreasi danau. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur dengan menjelajahinya menggunakan kapal yang disewakan oleh pengelola.

Baca Juga >>>  Destinasi Wisata di Tarakan Kalimantan 2024

Selain itu, di destinasi wisata Wonogiri ini, pengunjung juga dapat memancing dan melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti paralayang dan gantole. Pemandangan Waduk Gajah Mungkur juga mempesona ketika dilihat dari spot tertinggi di sana.

5. Waduk Song Putri

Tempat: Song Putri Kulon, Sindukarto, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, wilayah Wonogiri memiliki bendungan lain yang dapat menjadi alternatif destinasi wisata. Selain Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri juga dikenal dengan Waduk Song Putri. Destinasi wisata ini semakin populer di kalangan wisatawan karena memiliki banyak spot foto yang menarik untuk diunggah di Instagram.

Karena terletak di pedesaan, Waduk Song Putri bebas dari polusi. Hal ini terbukti dari udara yang masih segar dan sejuk di sekitarnya. Meskipun tidak terlalu besar, waduk ini menawarkan ketenangan yang dapat dinikmati di alam terbuka.

6. Museum Wayang Kulit

Tempat: Jalan Raya Wuryantoro, Ngebel, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, salah satu destinasi wisata di Wonogiri yang memiliki unsur edukatif adalah museum yang cocok untuk pecinta sejarah. Museum ini terletak di kompleks Padepokan Pak Bei Tani di Ngebel, Wuryantoro, Wonogiri.

Di dalamnya, terdapat beragam koleksi termasuk wayang kulit purwa, wayang golek, wayang Bali, wayang klithik, wayang suket, hingga wayang beber Bali. Karena memiliki koleksi yang lengkap, Museum Wayang Kulit diresmikan sebagai Museum Wayang Indonesia oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga >>>  8 Rekomendasi Anime Harem

7. Museum Karst

Tempat: Mudal, Gebangharjo, Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah, museum Karst terletak di Desa Gebangrejo, Kecamatan Pracimantoro. Destinasi wisata Wonogiri ini berada di wilayah paling ujung barat daya Kabupaten Wonogiri dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum ini merupakan kebanggaan masyarakat Wonogiri yang dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada bulan Juni 2009. Sebagai museum karst terbesar di Asia Tenggara, obyek wisata ini memiliki fokus edukasi. Di dalam Museum Karst, pengunjung dapat belajar tentang berbagai jenis batuan karst.

8. Gua Putri Kencono

Tempat: Dusun Wonosobo, Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah, destinasi wisata Wonogiri ini sangat cocok bagi para penggemar petualangan. Gua ini sangat mendukung untuk wisata bertema petualangan.

Pengunjung dapat menikmati keindahan gua yang dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit. Keelokan ini yang menarik minat masyarakat sehingga Gua Putri Kencono menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Sungguh menantang, bukan?

Rekomendasi :

Scroll to Top