Wajib Kunjungi! Rekomendasi Wisata Salatiga Terbaru 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Rekomendasi wisata Salatiga Desa Kementul (Foto: Instagram @desawisatakemetulofficial)

Arenarakyat.com – Ulasan informasi kali ini kami akan membahas rekomendasi wisata Salatiga terbaru, salah satu kota yang terletak di Pronvisi Jawa Tenggah. Ternyata menyimpan banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi, langsung saja simak ulasan kami berikut.

1. Desa Wisata Kemetul

Wisata terbaru di Salatiga menawarkan pengalaman wisata selfie yang unik. Meskipun awalnya merupakan lahan persawahan, area desa ini telah diubah oleh warga setempat menjadi tempat wisata yang menarik. Salah satu spot terkenal di wisata Salatiga ini adalah bambu yang disusun membentuk bintang raksasa di tengah sawah.

Selain itu, terdapat juga fasilitas gazebo yang bisa digunakan untuk piknik sambil menikmati keindahan persawahan. Lokasi wisata ini dapat diakses melalui Jalan Suruh dari Salatiga, dengan jarak tempuh sekitar 12 km atau sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota.

2. Boemisora

Ingin menikmati liburan yang menggabungkan keindahan alam dengan edukasi bersama keluarga? Ayo, rencanakan perjalanan liburan ke Boemisora! Wisata terbaru di Salatiga pada tahun 2023 ini mengusung konsep agroforestri yang menitikberatkan pada pelestarian alam terutama pepohonan. Terletak di Polobogo, Getasan, sekitar 10 km dari pusat Kota Salatiga, Boemisora adalah destinasi yang ideal untuk memperkenalkan alam kepada anak-anak.

Boemisora menawarkan berbagai wahana menarik seperti mini zoo, rumah kaca, kolam ikan, area perkemahan, dan taman bermain. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk trekking di sekitar bukit, belajar berkebun, memberi makan dan berfoto bersama berbagai jenis satwa, serta menikmati kegiatan menangkap ikan.

Baca Juga >>>  Jadwal Imsakiyah Depok Lengkap 2024

3. Pohon Pengantin

Rekomendasi wisata Salatiga berikutnya sangat disarankan bagi para pecinta fotografi serta wisatawan yang suka berfoto selfie. Meskipun terletak di tengah sawah, daya tarik unik dari bentuknya membuat para pengunjung ramai mendatangi destinasi wisata terbaru di Salatiga ini. Bahkan, Pohon Pengantin Salatiga sering digunakan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.

Pohon Pengantin Salatiga, yang termasuk dalam jenis pohon beringin, terkenal dengan bentuk batangnya yang meliuk-layuk menyerupai bonsai. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, destinasi alam Salatiga ini memiliki makna sebagai simbol cinta. Jika pasangan berkunjung ke Pohon Pengantin Salatiga, diyakini hubungan mereka akan langgeng. Lokasi Pohon Pengantin Salatiga berada dekat dengan SMP Islam Al-Azhar Salatiga.

4. Merbabu View & Cafe

Arahkanlah kendaraan ke arah selatan dari Agrowisata Kopeng Gunungsari, maka Anda akan menemukan Merbabu View & Café. Tempat kafe yang dijadikan objek wisata di Salatiga ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Merbabu.

Kafe ini mengusung konsep semi outdoor dengan bangunan yang unik berbentuk segitiga. Saat terbaik untuk mengunjungi Merbabu View & Café adalah sore hari karena Anda dapat menikmati panorama matahari terbenam yang sangat indah.

5. Sumber Mata Air Senjoyo

Wisata air Salatiga lainnya yang patut dikunjungi adalah Sumber Mata Air Senjoyo. Dapat ditempuh dalam jarak 6 km dari pusat kota, Sumber Mata Air Senjoyo merupakan mata air yang dikelilingi dengan pemandangan asri serta air yang menyegarkan karena lokasinya masih berada di lereng Gunung Merbabu.

Baca Juga >>>  Keren Sekali! Ini Rekomendasi Wisata Pantai Gading 2024

Daya tarik wisata Sumber Mata Air Senjoyo adalah adanya sekumpulan ikan sehingga kamu bisa berenang bersama bahkan berfoto karena air di wisata Salatiga ini tergolong jernih.

6. Kali Odo

Salah satu destinasi wisata air yang bisa menjadi bagian dari rencana liburanmu di Salatiga adalah Kali Odo. Terletak sekitar 7 km dari pusat kota, Kali Odo menawarkan kegiatan yang menyenangkan seperti river tubing, di mana kamu bisa mengarungi sungai dengan naik ban pelampung. Meskipun arus sungainya tidak begitu kencang, namun kamu dapat bersantai sambil mengikuti aliran sungai.

Selain itu, kejernihan air di Kali Odo juga memungkinkanmu untuk mendapatkan foto underwater yang unik. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini, yang berlokasi di Dusun Karang, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, juga cukup lengkap. Mulai dari ruang ganti, toilet, gazebo, warung makan, hingga tempat penyewaan ban, semuanya tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

7. Kopeng Treetop Adventure Park

Rekomendasi wisata Salatiga yang seharusnya masuk dalam daftar kunjunganmu adalah Kopeng Treetop Adventure Park. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman. Kopeng Treetop Adventure Park menawarkan pengalaman wisata outbond yang menarik di tengah hutan pinus. Di sini, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas outbond menarik seperti flying fox dan treetop. Selain itu, terdapat juga wahana ATV ride dengan lintasan yang menantang.

Baca Juga >>>  Rekomendasi Wisata Semarang Beserta Harga Tiket 2024

Namun, salah satu wahana yang paling menarik untuk dicoba adalah Zipcoaster, yakni permainan yang menggabungkan flying fox dan roller coaster, melintasi lintasan besi sepanjang 500 meter. Kamu akan merasakan sensasi terayun di tengah hutan pinus selama sekitar 5 menit. Tidak ketinggalan, ada juga Skiban, wahana seluncuran menggunakan ban yang akan jatuh di bantalan bag jump. Lokasi Kopeng Treetop Adventure Park dapat dicapai dengan jarak sekitar 17 km atau sekitar 35 menit perjalanan dari pusat Kota Salatiga.

8. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Di area wisata Kopeng Salatiga, ada destinasi lain yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Agrowisata Kopeng Gunungsari. Tempat ini menawarkan kecantikan taman bunga dengan latar belakang Gunung Telomoyo. Agrowisata Kopeng Gunungsari cocok bagi mereka yang senang mencari spot foto yang unik.

Selain menikmati keindahan bunga yang tersebar berwarna-warni, pengunjung juga dapat mengunjungi beberapa spot menarik. Salah satunya adalah Menara Pandang yang terbuat dari bambu, di mana pengunjung dapat menemukan spot foto terbaik. Dengan Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Andong sebagai latar belakang, hasil foto akan sangat memukau.

Rekomendasi :

Scroll to Top